Selamat Datang di Blog Moko Yuliatmoko

Senin, Mei 21, 2012

Mencegah Aplikasi Palsu pada Android

Android sempat menjadi sorotan akibat mulai banyaknya malware yang menghinggapi sistem operasi buatan Google tersebut. Sempat juga populer aplikasi palsu yang banyak beredar di Google Play. 
Contohnya adalah Angry Birds. Nah, untuk meminimalisir masuknya malware akibat aplikasi palsu yang beredar di Google Play itu, Anda bisa mengikuti 3 tips di bawah ini. Apa saja? 
1. Periksa Developernya Saya beri contoh misalnya aplikasi yang sedang populer saat ini yaitu Angry Birds. Developer resmi dari Angry Birds ini bernama Rovio Mobile LTD. Itu pasti yang asli karena memang perusahaan resmi pembuat Angry Birds ini berasal dari Rovio. Jika bukan dari Rovio, sahabat jangan mengunduhnya. Karena bisa jadi Angry Birds tersebut palsu. 
2. Cek Rating Semakin banyak rating, semakin bagus. Biasanya aplikasi palsu ini juga memiliki rating yang bagus, tapi hanya beberapa orang saja yang me-rating-nya. Coba lihat Angry Birds buatan Rovio. Banyak sekali orang yang me-rating. Jika sedikit, lebih baik tidak usah. 
3. Baca User Review Ada baiknya sebelum kita mengunduh aplikasi dari Google Play, bacalah sejenak user review. Disana akan terlihat komentar dari pengguna dari aplikasi tersebut. Baik itu bagus, ataupun jelek. Memang memerlukan banyak waktu. Namun kita disini bicara keamanan. Tak ada salahnya mengorbankan waktu lebih untuk membaca review dari orang lain, karena user review dapat menjadi gambaran atau deskripsi dari sebuah aplikasi. Itulah beberapa tips, sekaligus penjelasan singkat dari saya. Semoga sahabat dapat berhati-hati dan lebih waspada jika ingin mengunduh sebuah aplikasi. Dimanapun aplikasi itu berada.

0 komentar:

Posting Komentar