Selamat Datang di Blog Moko Yuliatmoko

Jumat, Februari 06, 2015

Cara Mudah Cegah Diabetes

INILAHCOM, Jakarta - Mencegah diabetes menjadi hal penting, apalagi jika anda memiliki peningkatan resiko diabetes, misalnya jika anda memiliki berat badan berlebih atau memiliki riwayat penyakit dari keluarga.


Mencegah diabetes dapat dilakukan dari hal-hal yang mendasar, seperti mengonsumsi makanan yang sehat, membuat badan selalu bergerak aktif, dan rutin berolahraga untuk membakar kalori.

Mengubah beberapa gaya hidup menjadi lebih sehat juga dapat menghindari kompilasi kesehatan yang serius, seperti saraf, ginjal, dan kerusakan hati.

Dilansir mayoclinic.org berikut ini adalah beberapa tips mencegah penyakit diabetes dari American Diabetes Association:

Memperbanyak aktifitas fisik. 

Ada banyak manfaat dari beraktifitas fisik secara teratur. Latihan fisik bukan hanya dapat menurunkan berat badan, juga dapat membantu menurunkan gula darah dan meningkatkan sensivitas Anda terhadap insulin yang membantu menjaga kadar gula tetap normal.

Sebuah Penelitian menunjukkan bahwa latihan aerobik dan ketahanan fisik dapat membantu mengendalikan diabetes. Tetapi manfaatnya akan lebih besar berasal jika kedua program fitnes tersebut dilakukan.

Mengkonsumsi makanan kaya serat

Makanan yang kaya serat seperti buah, sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian dapat membantu untuk mengurangi resiko diabetes, mengurangi resiko penyakit jantung, dan membantu Anda merasa cepat kenyang

Beralih mengkonsumsi biji-bijian

Selain kaya akan serat, ternyata biji-bijian juga dapat mengurangi risiko diabetes. Saat ini sudah banyak makanan cepat saji yang terbuat dari biji-bijian, seperti roti, produk pasta, dan juga sereal.

Melakukan diet

Jika anda termasuk orang yang memiliki kelebihan berat badan, pencegahan diabetes dapat dilakukan dengan diet atau penurunan berat badan. Peserta dalam satu studi melakukan penelitian sekitar 7 persen orang yang mengalami penurunan berat badan dari berat awal, karena olahraga secara teratur dapat mengurangi resiko diabetes sampai 60 persen.

Setelah diet, mulailah hidup lebih sehat.

Diet dapat membantu anda menurunkan berat badan pada awalnya, tetapi efektivitasnya untuk mencegah diabetes tidak diketahui atau efek jangka panjangnya. Sebaiknya teruslah memilih gaya hidup sehat. Hindari tubuh anda dari segala sesuatu yang dapat membuat virus masuk. Kesehatan harus menjadi prioritas utama anda dalam beraktivitas dam memilih makanan, karena jika bukan anda yang memulai hidup sehat siapa lagi? - See more at: http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2170795/cara-mudah-cegah-diabetes#sthash.Mag95vk1.dpuf

0 komentar:

Posting Komentar