Selamat Datang di Blog Moko Yuliatmoko

Jumat, Februari 27, 2015

Menerapkan Prinsip-prinsip Seni Grafis dalam Desain Komunikasi Visual untuk Multimedia

Pengertian Desainer  Grafis
Desainer Grafis adalah orang yang merancang prototipe produk untuk dicetak secara massal.
Untuk menghasilkan desain yang profesional seorang desainer membutuhkan software pendukung diantaranya Adobe Photo-shop, CorelDraw, Adobe Illus-trator, Flash dan masih banyak lagi.

Garis
Garis adalah sekumpulan titik yang berdampingan secara memanjang dan memiliki dua buah ujung.
Garis tidak seperti yang dilihat mata atau penglihatan.

Pada dasarnya garis adalah ilusi optik, yang tercipta karena perbedaan warna, jarak dan cahaya.
Garis dalam desain grafis dibagi menjadi empat, yaitu :

  1. Vertikal
  2. Horisontal
  3. Diagonal
  4. Kurva
Macam Garis
Garis mempunyai beberapa macam gaya atau style, antara lain :

  1. Garis lurus, yaitu garis tanpa jeda, penuh,
  2. Garis dot, yaitu garis yang terbentuk dari rangkaian dot yang tersusun memanjang
  3. Garis Garis dash, yaitu garis yang terbentuk dari rangkaian dash yang tersusun memanjang
  4. Garis dashdot, yaitu garis yang terbentuk dari rangkaian dash dan dot yang disisin bergantian.
  5. Garis kaligrafi, yaitu garis yang terbentuk dari kuas kaligrafi.
  6. Garis artistik, yaitu garis yang dibuat secara khusus, tidak terikat pada konvensi yang berlaku, sehingga menge-sankan citra artistik
Fungsi Garis
  1. memisahkan posisi antara elemen grafis yang memiliki fungsi yang berlainan.
  2. memisahkan rubrik atau penunjuk bagian tertentu yang menjadi penjelsa berita.
Bentuk
Bentuk merupakan suatu bidang yang ada karena dibatasi oleh sebuah kontur atau garis dan atau dibatasi oleh warna yang berbeda atau oleh perbedaan dalam pencahayaan, gelap terang, arsiran atau disebabkan adanya tekstur tertentu.

Macam-macam bentuk
Berdasarkan susunan yang mem-bentuk ruang dibedakan menjadi tiga macam, yaitu

  1. Karakter
  2. Simbol
  3. Bentuk
Ruang
alam dasar grafis, ruang kosong pun diperlukan.
Ruang kosong digunakan untuk menjelaskan atau menegaskan keberadaan persepsi kedalaman atau jarak sehingga seolah-olah terlihat oleh indera penglihatan mata, objek terasa jauh dan dekat, tinggi dan rendah, kosong dan padat.

  • Fungsi Ruang
Ruang digunakan untuk lebih memudakan sebagai elemen ruang bernafas bagi mata pembaca atau audiensi dalam mencerna desain
  • Tekstur
Tekstur adalah elemen desain yang terlihat dan terasa seolah-olah ada rasa permukaan, yang dibuat sedemikian rupa sehingga membentuk rupa fisik, seperti kusam, kasar, mengkilap, kontras, kayu dan bulu. Tekstur digunakan supaya desain lebih natural atau tampak alami.
  • Warna
Warna adalah elemen terpenting dalam desain grafis. Warna menjadi indikator pembeda antara satu objek dengan yang lain. Di samping itu warna memiliki dampak sugesti tersendiri di berbagai kebudayaan.
Dari sudut pandang ilmu fisika, warna dihasilkan dari representasi sinar putih yang dihasilkan oleh matahari atau bola lampu pada spektrum prisma
  1. Warna Primer adalah warna yang menjadi dasar dari semua warna yang ada. Dengan mencampur dua di antara tiga warna primer akan diperoleh warna yang lain, atau yang disebut dengan warna sekunder.
  2. Warna Sekunder adalah warna gabungan dari dua warna primer. Warna merah bila dicampur dengan warna kuning akan menghasilkan warna oranye. kuning dengan biru menghasilkan warna hijau dan biru dengan merah menghasilkan warna ungu.
  3. Warna Tersier adalah warna yang diperoleh dari perpaduan antara warna primer dan sekunder.
  •  Warna satu adalah perpaduan antara merah dan oranye,
  • warna dua gabungan kuning dengan orange,
  • warna tiga dari kuning dengan hijau,
  • warna empat dari biru dan hijau,
  • warna lima dari biru dan ungu,
  • warna enam dan ungu dan merah.
4.  Warna di Komputer. Di dunia komputer ada banyak sistem warna, antara lain RGB (Red-Green-Blue), CMYK (Cyan-Magenta-Yellow-Black), LAB Color (lightness A (Green-red axis) B(blueyellow axis)), HLS (Hue-Lightness-Saturation). Banyaknya sistem warna karena ada perbedaan dalam aplikasi saat cetak.
Berdasarkan fung-sinya, aplikasi warna di layar komputer dibedakan menjadi dua, yaitu :
  • Warna additive
Warna additive digunakan untuk desain tampilan di layar monitor, tidak untuk kebutuhan cetak. Di antara sistem warna additive adalah RGB, LAB Color dan HLS. Desain yang menggunakan model warna additive, misalnya game, wallpaper, web dan video.
  • Warna subtractive.
Warna ini merupakan perpaduan beberapa warna primer. Warna subtractive digunakan untuk kebutuhan cetak. Sistem warna yang digunakan adalah CMYK. Sistem warna ini berasal dari tiga warna primer dan perpaduan ketiganya menghasilkan warna hitam.
Menggambar perspektif
Gambar perspektif adalah sebuah gambar bentuk yang statis, terikat pada waktu, dan dilihat dari titik pandang tertentu.
Begitu kita menetapkan titik pandang, maka bidang pandangan normal mengembang menjadi sebuah kerucut yang memancar dari mata.

Kerucut pandangan ini terdiri dari beberapa garis pandang yang memusat menjadi sumbu utama.
Kerucut pandangan ini dijadikan sebagai pedoman penentu titik pandangan sebagai batas gambar perspektif.
Perspektif terbagi menjadi tiga jenis, yaitu :
1.    perspektif satu titik mata,
2.    dua titik mata,
3.    tiga titik mata

  • Menggambar Perspektif Satu Titik Mata
Perspektif satu titik mata adalah Garis-garis horisontal atau vertikal yang sejajar dengan pusat pandangan akan tampak bertemu pada titik pusat pandangan.
Gambarannya kita memandang permukaan kubus transparan dalam posisi tegak lurus satu muka.
  • Menggambar Perspektif Dua Titik Mata
Jika kita memperhatikan kubus dari sisi menyudut/miring tetapi tetap mempertahankan garis pusat pandangan kita secara horisontal, adapun garis-garis vertikal tetap dalam kondisi vertikal.
Kedua kumpulan garis-garis horisontal sekarang men-jadi miring terhadap bidang gambar yang memusat pada dua titik memusat, satu disebelah kiri, dan satu lainnya disebelah kanan.

Kedua titik yang memusat inilah yang disebut perspektif dua titik mata
  • Menggambar Perspektif Tiga Titik Mata
Perspektif tiga titik mata adalah pandangan perspektif yang disebabkan oleh penarikan beberapa garis yang memusat ke tiga titik lenyap. Penggunaan tiga buah titik pusat pandangan (sudut) sebuah segitiga merupakan titik lenyap kubus dalam perspektif tiga titik mata.
Graphic Designer
Desain grafis adalah suatu bentuk Komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art.

Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain).
Batasan Media
Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia.

Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.
Prinsip dan unsur desain
Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual.

Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi (“proportion”) dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.
Peralatan desain grafis
Peralatan yang digunakan oleh desainer grafis adalah ide, akal, mata, tangan, alat gambar tangan, dan komputer. Sebuah konsep atau ide biasanya tidak dianggap sebagai sebuah desain sebelum direalisasikan atau dinyatakan dalam bentuk visual.

Pada pertengahan 1980, kedatangan desktop publishing serta pengenalan sejumlah aplikasi perangkat lunak grafis memperkenalkan satu generasi desainer pada manipulasi image dengan komputer dan penciptaan image 3D yang sebelumnya adalah merupakan kerja yang susah payah.
  • Daftar Software Desain Grafis
Ada beberapa software yang digunakan dalam desain grafis:
  1. Webdesign
  2. Macromedia Dreamweaver
  3. Microscoft Frontpage
  4. Notepad
  5. Adobe Photoshop
  • Daftar Software Desain Grafis
Ada beberapa software yang digunakan dalam desain grafis:
  1. Audio visual
  2. Adobe After Effect
  3. Adobe Premier
  4. Final Cut
  5. Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
  6. Ulead Video Studio
  7. Magic Movie Edit Pro
  8. Power Director
  • Daftar Software Desain Grafis
Ada beberapa software yang digunakan dalam desain grafis:
  1. Rendering 3 Dimensi
  2. 3D StudioMak
  3. Maya
  4. AutoCad
  5. Google SktchUp
  6. Blender
Komunikasi Grafis Dan Komunikasi Visual
  • Komunikasi Visual
Komunikasi  visual dapat diartikan sebagai proses penyampaian lambang-lambang yang mengandung pengertian tertentu oleh seseorangkepada orang lain melalui media cetak (printed material), media luar ruang (outdoor), media elektronik (electronic), tempat pajang(display), dan Barang-barang kenangan (special offer).
  • Komunikasi Grafis
Komunikasi Grafis adalah pekerjaan dalam bidang komunikasi visual yang berhubungan dengan grafika (cetakan) dan/atau pada bidang dua dimensi dan statis (tidak bergerak dan bukan time-based images). Dasar terminologi perlu untuk menjelaskan beda antara Komunikasi Grafis dengan Komunikasi Visual.

0 komentar:

Posting Komentar