Selamat Datang di Blog Moko Yuliatmoko

Selasa, November 10, 2015

Jenis dan Karakteristik Format Video

Video merupakan rangkaian dari banyak frame (bingkai) gambar yang dijalankan dengan cepat . Masing-masing bingkai merupakan tahap-tahap (sekuen) dari suatu gerakan. Mata kita tidak akan dapat menangkap perbedaan (titik jeda perpindahan) antara – frame jika rangkaian tersebut diputar dengan kecepatan diatas 20 farme/detik. Otak kita akan menangkapnya sebagai ilusi gerak” (Sianipar, 2008 : 1).


AVI (Audio Video Interleaved)

 “AVI merupakan format file video buatan Microsoft. Format ini merupakan salah satu format video tertua yang diperkenalkan Microsoft sejak dirilisnya Windows 3.1” (Yulwardian, 2004 : 6). Kelebihan format fileAVI adalah gambarnya lebih tajam dibandingkan ASF dan format file AVI berlaku untuk standar windows.


MPEG (Moving Picture Experts Group)

“MPEG (sering disebut sebagai MPG) saat ini menjadi standar kompresi file digital video-audio. Format ini memiliki beberapa jenis, berdasarkan pada kualitas gambar dan “lapisan” yang digunakanya yaitu MPEG-1, MPEG-2, atau MPEG layer 2, dan MPEG-4,  ATAU MPEG layer 4” (Ibid, hal. 6).


WMV (Windows Media Video)

 “WMV adalah format standar Windows. Meskipun WMV merupakan standar windows yang mendominasi operasi sistem pasar saat ini, format ini tidak banyak digunakan sebagai standar video editing” (Ibid, hal.8)
WMV sebenarnya adalah versi proprietary dari MPEG-4. Video Stream sering dikombinasikan denganAudio Stream dalam format WMA, dengan video WMV yang dikemas kedalam kontainer AVI.

DiVX
“Dikembangkan oleh DiVXNetworks, format video kompresi berbasis MPEG-4 ini memiliki ukuran yang sangat kecil, bahkan dapat mencapai kurang dari seperdelapan ukuran MPEG-2 dengan kualitas yang tetap terjaga. Format ini sering disebut video MP3” (Ibid, hal.8)

MP4
File video MP4 bukan merupakan format file baru. Meskipun demikian, format file ini belom banyak didukung oleh kebanyakan software video player. Oleh sebab itu, diperlukan software khusus untuk bisa membuka dan memainkan file video dengan format MP4 ini” (Enterprise, 2012 : 136).

Quicktime
“Format video multimedia keluaran Apple Computer untuk sistem operasi MacOS. Format video ini dapat berisi video, audio, animasi, dan virtual reality. Codec yang sering berada di dalam file QuickTime adalah Sorenson dan Cinepak” (Brata, 2007 : 20).
File Quicktime merupakan multimedia yang terbentuk atas satu atau lebih track seperti audio, video, teks atau efek digital. Masing-masing track mengandung media track, baik itu media stream yang telah diencode atau pointer-pointer pada file eksternal.
RealMedia
“Seperti WMV, format video ini dirancang untuk keperluan streaming dan dapat menampung file berupavideoaudio, animasi, MIDI, serta presentasi. Transmisinya menggunakan protocol (RTSP). Dirilis oleh RealNetworks. Codec yang biasanya ada didalam file video RealMedia adalah RealVideo”(Ibid, hal.20)
ASF
“Singkatan dari Advance Streaming Format, dikeluarkan oleh Microsoft untuk keperluan streaming. Diterapkan dengan codec apa saja ”(Ibid, hal.20). Ada tiga bagian yang terkandung dalam file ASF :
§  Objek Header terkandum dalam file ASF.
§  Objek data termasuk media streaming.
§  Objek indeks opsional yang memberikan kontribusi untuk mengaktifkan akses acak ke data dalamfile.

3GP (3GPP Format File)
“Format video ini dihasilkan dari rekaman perangkat komunikasi mobile (handphone). Format 3GP menggunakan kecepatan putar 15 frame per detik (format video lain umumnya memakai kecepatan putar 25 fps untuk standar PAL dan 29,97 fps). Dalam praktek, format video 3GPP dapat dimainkan oleh QuickTime Player 7 dan Windows Media Player” (Ibid, hal.20).

Flash Video
“Format Flash Video (FLV) merupakan format yang biasa digunakan untuk menyisipkan video ke dalam halaman web”(Syarif dan Diginnovac, 2009 : 185).
Konten video flash juga mungkin tertanam di dalam SWF file. Ada dua format file video yang berbeda didefinisikan oleh Adobe Systems dan didukung dalam Adobe Flash Player: FLV dan F4V. Audio dan videoFLV data dalam encode dalam cara yang sama ketika berada dalam file SWF. Yang terakhir format fileF4V didasarkan pada basis ISO format file media dan didukung dimulai dengan Flash Player 9 Update 3.

0 komentar:

Posting Komentar