Selamat Datang di Blog Moko Yuliatmoko

Senin, Maret 30, 2015

5 Ajaran Guru di Sekolah Ini Ternyata Salah

Pernah mendengar kutipan ‘1500 years ago, everybody KNEW that the Earth was the center of the universe. 500 years ago, everybody KNEW that the Earth was flat’ dari film Man In Black (1997)? Film ini mengajarkan agar kita tidak mudah percaya apa kata orang karena ternyata apa yang dianggap semua orang sebagai fakta kebenaran pada hari ini mungkin saja terbukti salah beberapa tahun kemudian.
Sebelumnya perlu mbakbro sampaikan bahwa sama sekali tidak ada niatan dari mbakbro untuk mengatakan bahwa para guru yang menyampaikan fakta-fakta di bawah adalah pembohong. Hanya saja sistem pendidikan kita di masa lalu yang ‘memaksa’ siswa menelan bulat-bulat segala informasi yang disampaikan guru mereka membuat para guru hasil produk sistem pendidikan tersebut juga melakukan hal yang sama. Penasaran apa saja fakta bohong yang masih diajarkan guru di sekolah? Berikut ulasannya versimbakbro.com :

1. Manusia punya 5 indera

lima indera dasar manusia
lima indera dasar manusia
Setiap kali seorang guru mengatakan bahwa manusia mempunyai 5 indera : pendengaran (audioception), penglihatan (ophthalmoception), penciuman (olfacoception), peraba (tactioception) dan pengecap (gustaoception), maka guru itu merujuk pada klasifikasi indera manusia versi Aristoteles yang sudah tidak relevan lagi diajarkan di abad ke-21 ini.
Sesungguhnya selain 5 indera yang umum diajarkan oleh para guru di atas, terdapat sedikitnya beberapa indera lagi yang dimiliki oleh manusia, antara lain indera kinestetik (proprioception), temperatur (thermoception), rasa sakit (nociception), keseimbangan (equilibrioception), getaran (mechanoreception) dan lain-lain. (sumber)

2. Ada 3 macam wujud zat

diagram 4 wujud zat
diagram 4 wujud zat
Selama ini para guru selalu mengajarkan bahwa dalam dunia ini terdapat 3 macam wujud zat yaitu zat padat, cair, dan gas. Pelajaran fisika ini tidak sepenuhnya benar, karena seharusnya ada 4 macam jika ditambah plasma. Itu pun hanya wujud dasar yang bisa kita amati dalam kehidupan sehari-hari. Masih ada beberapa wujud zat lain misalnya Bose-Einstein condensates, neutron-degenerate matter dan lain-lain.
Ada 2 kemungkinan kenapa para guru tidak menyebutkan plasma sebagai wujud zat keempat. Pertama adalah para guru sendiri juga tidak tahu tentang hal itu karena mereka dulu juga diajarkan bahwa wujud zat itu ada tiga. Kemungkinan yang kedua adalah para guru sebenarnya tahu tetapi mereka tidak menyampaikannya karena pengetahuan tentang plasma agak sulit untuk dicerna oleh siswa sekolah menengah ke bawah. Meskipun begitu, para guru yang mengetahui fakta sebenarnya seharusnya menyampaikan hal ini, hanya saja mungkin bisa ditambahkan dengan kalimat, “Pada tahap ini kita hanya akan membahas tiga wujud zat paling umum.” (sumber)

3. Ada 9 planet di tata surya
9 planet di tata surya
9 planet di tata surya
Masih ingat mata pelajaran IPA tentang tata surya waktu SD dulu? Mbakbro masih ingat betul urutan 9 planet di tata surya yang mengitari matahari. Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan terakhir Pluto. Urutan 9 planet yang mbakbro hafalkan dulu ini ternyata salah karena dalam tata surya hanya terdapat 8 planet. Pluto tidak termasuk planet karena tidak memenuhi syarat sebagai sebuah planet mandiri.
Menurut definisi IAU (International Astronomical Union) pada tahun 2006, sebuah benda angkasa bisa disebut planet jika memenuhi syarat-syarat sebagai berikut : 1) mengorbit matahari; 2) mempunyai massa yang cukup untuk mendapatkan bentuk bulat; dan 3) lingkungan sekitar orbitnya bersih dari benda-benda angkasa lain. Dan Pluto tidak memenuhi syarat yang ketiga. (sumber)

4. Tidak ada gravitasi di luar angkasa

astronot
astronot
Dulu guru kita selalu mengajarkan bahwa di luar angkasa tidak ada gravitasi. Karena itulah tubuh astronot nampak melayang-layang di luar angkasa. Hal ini sekali lagi tidak sepenuhnya benar sebab gravitasi ada di mana-mana termasuk di luar angkasa. Gaya gravitasi dari matahari bertanggung jawab menjaga planet-planet di tata surya tetap pada orbitnya. Hanya saja memang kekuatan gravitasi berkurang seiring dengan jarak, karena itu semakin jauh seseorang dengan planet bumi maka kekuatan gravitasi akan terasa semakin berkurang. (sumber

5. Thomas Edison penemu bohlam

Heinrich Goebel
Heinrich Goebel
Thomas Edison sama sekali bukanlah penemu bohlam melainkan orang yang pertama kali mematenkan bohlam. Penemu bohlam sendiri adalah seseorang bernama Heinrich Goebel. Bahkan ketika temuan itu dipatenkan Edison, sebanyak 22 orang telah melakukan eksperimen tentang bohlam termasuk seorang jenius lain bernama Nikola Tesla.
Tindakan Edison yang mematenkan bohlam ini disebut-sebut sebagai salah satu cikal bakal perseteruan panjang antara Nikola Tesla dan Thomas Edison, selain masalah arus listrik AC/DC yang terkenal dengan sebutan ‘War of Currents’. (sumber)

Penutup

Sebenarnya masih banyak lagi fakta ilmu pengetahuan dan sejarah yang seharusnya diralat dalam buku teks pelajaran siswa di Indonesia termasuk fakta sejarah ‘salah kaprah’ yang hingga sekarang masih diajarkan guru di bangku sekolah mengenai pemberontakan G/30S/PKI, NII, Supersemar, Serangan Umum 1 Maret, Timor Timur dan lain-lain. Tetapi perlu mbakbro sampaikan bahwa mbakbro kurang mengikuti perkembangan kurikulum pendidikan nasional yang selalu berubah-ubah, jadi apabila ada di antara daftar di atas yang sudah diralat harap diinformasikan pada komentar di bawah.
Selain itu kalau menurut Anda, mana fakta salah kaprah yang paling membekas dalam ingatan Anda? Silahkan tulis dalam kolom komentar di bawah. Terimakasih.
Selengkapnya...

Sabtu, Maret 14, 2015

Tugas Komposisi Foto Digital

Tugas Kelas XI Multimedia

Buatlah brosur SMK Negeri 1 Cilacap dengan menggunakan pengolah gambar vektor dengan ketentuan:
1. format F4
2. isi yang harus ada (Logo, Paket Keahlian, Alamat, Visi Misi, Mata Pelajaran, Denah, Contac Person, Foto kegiatan, Extrakurikuler, Kejuaraan, dll)
3. buat dua sisi
Pengumpulan Tugas
1. format cdr dikumpulkan pada waktu masuk (maksimal 27 Maret 2015) di komputer depan Lab Multimedia.
2. Posting di blog anda dua sisi tersebut  dan copy link blognya kirim ke mokocilacap@gmail.com paling lambat (24 Maret 2015)

Selengkapnya...

Minggu, Maret 01, 2015

Tugas Animasi 3D

Selasa 3 Maret 2015 
Kelas XI Multimedia 2 Jam Ke 1 - 5
Selasa 3 Maret 2015 
Kelas XI Multimedia 1 Jam Ke 6 – 10

Bagimana cara membuat Gelas Kaca dan sendok di 3Ds Max 2015, buat tutorialnya dengan MsWord di PrintScreen dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Buatlah menggunakan 3Ds Max
  2. Setiap langkah di printscreen
  3. Kumpulkan paling lambat tanggal 13 Maret 2015
  4. Kirim melalui email masing-masing ke mokocilacap@gmail.com


Selengkapnya...

Tugas Animasi 2D

Senin 2 Maret 2015 
Kelas XI Multimedia 1 Jam Ke 6 - 10
Rabu 4 Maret 2015 
Kelas XI Multimedia 2 Jam Ke 5 – 9

Buatlah gambar pemandangan dengan latar belakang candi Prambanan dan ada burung gereja terbang, serta kambing sedang merumput di bawah pepohonan dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Gambar di kertas HVS ukuran A4/F4 (disediakan)
  2. Gambar menggunakan pensil (jangan diberi warna)

Selengkapnya...