Selamat Datang di Blog Moko Yuliatmoko

Jumat, Juni 12, 2015

Selasa, Juni 09, 2015

Remidi Nilai Pengetahuan

Silakan download soal remidi berikut

Soal Remidi Teknik Animasi 2 Dimensi

Soal Remidi Komposisi Foto Digital

Dikumpulkan paling lambat hari Rabu tanggal 10 Juni 2015 Selengkapnya...

Selasa, Juni 02, 2015

Kisi-kisi Teknik Foto Digital

1.    alat bantu fotografi !
2.     filter beserta fungsinya !
3.     
4.      alat bantu pemotretan 
5.      alat bantu pencahayaan 
6.      jenis-jenis kamera
7.      jenis-jenis fotografi
8.      tentang "Fotografi"? 
9.      Gambar Digital! 
10. kamera Analog dan kamera Digital!
11. 
12. gambar Bitmap dan Vektor, 
13.  Resolusi, ISO

Selengkapnya...

Kisi-kisi Teknik Animasi 3D

1.      Pelajari animasi 3 Dimensi ?
2.      Pelajari metode pengubahan objek 2D menjadi 3D
3.      Pelajari modifikasi objek yang di buat di 3ds Max
4.      Pelajari frame dalam animasi 3ds max
5.      Pelajari grid di 3ds Max
6.      
7.      Pelajari  proses editing objek 3D!
8.     Pelajari langkah untuk mengatur satuan ukuran di 3ds max!
9.      pengaturan time di 3ds Max 
10.  Pelajari  software untuk membuat animasi 3D?
Selengkapnya...

Kisi-kisi Teknik Animasi 2D

1.      Pelajari tentang Animasi
2.      Animasi telah digunakan dalam berbagai bidang, jelaskan tentang hal tersebut?
3.       Animasi Stop Motion 
4.      CutOut Animation
5.      Puppet Animation
6.      Piselated Movies/Animation
7.      Computer Animation
8.      Tweening/Inbetweening dalam animasi 2D
9.      Morphing dalam animasi komputer 2D
10.  Onion Skinning dalam animasi komputer 2D
Selengkapnya...

Cut Out Animation

Cut-out animasi adalah salah satu teknik animasi tertua dan paling sederhana dan memiliki banyak bentuk dan variasi. Pada dasarnya, animasi cut-out melibatkan memproduksi animasi menggunakan karakter 2-D, alat peraga dan adegan dipotong dari bahan, seperti kertas, kartu atau kain. Animator membagi karakter menjadi segmen yang lebih kecil, mengumpulkan bentuk cut-out individu dan memindahkan mereka dalam langkah-langkah kecil, mengambil gambar - dengan kamera film yang mampu mengambil gambar tunggal - pada setiap langkah, untuk menciptakan ilusi gerakan. Selengkapnya...

Jenis-jenis Animasi Stop Motion dan Kelebihan dan kekurangannya

Pengertian Animasi Stop Motion

Animasi Stop motion adalah suatu teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak sendiri. Setiap pergerakan dari objek tersebut difoto (frame individual), sehingga menciptakan ilusi gerakan ketika serangkaian frame dimainkan berurutan secara berkesinambungan. 

Jenis-Jenis Animasi Stop Motion


  • Cut Out Animation
    Cut Out Animation menggunakan objek animasi yang dirancang, digambar pada lembar kertas lalu dipotong sesuai bentuk yang telah dibuat dan diletakan pada bidang datar sebagai lataar belakang.

  • Clay Animation
    Jenis ini menggunakan Clay (tanah liat, tepung, atau malam) sebagai objek yang digerakkan

  • Puppet Animation
    Objek animasi pada jenis ini adalah boneka atau figur lainnya yang merupakan penyederhanaan dari bentuk alam.

  • Pixilation Animation
    Pixilation adalah suatu  teknik pemotretan dimana manusia berperilaku seperti boneka. sama seperti animasi stop motion lainnya, tetapi objeknya adalah manusia yang berperilaku seperti boneka.

  • Objek Animation
    Jenis animasi Stop Motion yang menggunakan benda-benda (objek) sebagai point utama.

  • Graphic Animation
    Menggunakan gambar sebagai objek animasi

Kelebihan Animasi Stop Motion
  1. Siapapun dapat membuatnya
  2. Tidak diperlukan peralatan yang "WAAHHH atau WOW"
  3. Masih jarang digunakan

Kekurangan Animasi Stop Motion
  1. Proses pengerjaan lama
  2. Konsep harus matang
  3. perlu ketelitian yang tinggi
  4. gerak objek terbatas
Selengkapnya...

ANIMASI FLASH

Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau objek yang dimaksud dalam definisi di atas bisa berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan. Pada proses pembuatannyam sang pembuat animasi atau yang lebih dikenal dengan animator harus menggunakan logika berfikir untuk menentukan alur gerak suatu objek dari keadaan awal hingga keadaan akhir objek tersebut. Perencanaan yang matang dalam perumusan alur gerak berdasarkan logika yang tepat akan menghasilkan animasi yang menarik untuk disaksikan.

Apabila kita perhatikan penjelasan sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat dua hal penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan animasi, yaitu Objek/ gambar dan alur gerak.

Atau juga Animasi merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan. Secara umum ilusi gerakan merupakan perubahan yang dideteksi secara visual oleh mata penonton sehingga tidak harus perubahan yang terjadi merupakan perubahan posisi sebagai makna dari istilah ‘gerakan’. Perubahan seperti perubahan warna pun dapat dikatakan sebuah animasi.

Dalam bidang grafika pemodelan visual dapat dikategorikan sebagai dua kelompok yaitu pemodelan geometrik dan pemodelan penampilan (appearance). Pemodelan geometrik merupakan representasi dari bentuk objek yang ingin ditampilkan sedangkan pemodelan penampilan membuat representasi sifat visual atau penampakan objek tersebut. Contoh sifat visual diantaranya warna dan tekstur. Berdasarkan definisi animasi di atas bahwa sebuah animasi disusun oleh himpunan gambar yang ditampilkan secara berurut maka animasi dapat dikatakan sebuah fungsi terhadap waktu. Gambar dapat didefinisikan sebagai koleksi deskripsi geometris dan visual ataupun dapat berupa citra. Pada gambar yang merupakan koleksi deskripsi, maka animasi didefinisikan sebagai fungsi yang memetakan waktu kepada perubahan parameter-parameter dari deskripsi. Pada gambar yang merupakan citra, animasi didefinisikan sebagai fungsi yang memetakan waktu kepada tiap elemen citra.
Animasi Flash

Ada 2 cara untuk membuat animasi di dalam Flah, animasi frame by frame dan animasi tweening. Pada animasi frame-by-frame, Anda akan membuat gambar pada setiap frame. Pada animasi tweening, Anda hanya membuat frame awal dan frame akhir, sedang Flash akan membuat frame diantaranya (in between). Animasi tween merupakan cara yang baik untuk membuat gerakan dan perubahan dalam movie dengan file yang relatif kecil.

Animasi Frame by Frame

Animasi Frame by Frame adalah membuat sebuah ilusi pergerakan dari sebuah gambar/objek yang diam (still image) frame demi frame-nya.

Pada materi ini Anda akan mempelajari bagaimana cara membuat objek bergerak melintas pada Stage, merubah ukuran, memutar, mengganti warna dan mengubah bentuk. Ada beberapa istilah dalam pembuatan animasi, diantaranya adalah :

1. Frame dapat diumpamakan seperti film, yaitu film merupakan kumpulan gambar yang dimainkan secara berurutan dengan kecepatan tertentu, sehingga gambar tersebut terlihat bergerak .

2. Keyframe adalah frame dimana Anda menentukan perubahan pada tombol atau animasi. Pada animasi tween, Anda membuat keyframe hanya pada titik yang penting di dalam Timeline. Keyframe ditandai oleh titik di dalam frame. Keyframe yang tidak berisi gambar di dalam layer ditandai oleh titik kosong.

3. BlankKeyframe artinya kita mempersiapkan frame kosong untuk diisi objek baru, dan apabila kita menggambar objek, blank keyframe tersebut sudah berisi objek. Blank keyframe dilambangkan dengan titik bulat putih pada frame.
Macam-macan Animasi adalah:

1. Motion Path

Anda dapat menggunakan motion path untuk membuat symbol bergerak mengikuti bentuk lintasan yang sulit. Dengan menggunakan layer Motion Guide untuk membuat garis untuk lintasan gerak objek. Layer Guide ditandai oleh ikon guide disebelah nama layer.

2. Animasi Margue

Animasi margue banyak dilihat pada situs web, yaitu suatu teks yang muncul dari bagian kanan layar, lalu begerak menuju ke kiri layar dan menghilang, begitu seterusnya.

3. Animasi Transparan

Animasi transparan adalah animasi yang terlihat secara transparan perlahan-lahan lalu menghilang. Animasi ini sering digunakan dalam melakukan pergantian animasi dari satu animasi ke animasi lainnya, sehingga perpindahan animasi akan terlihat halus.

4. Animasi Fade

Animasi fade adalah animasi pemudaran. fade dibagi menjadi 2, yaitu fade in (pemudaran ke dalam) dan fade out (pemudaran keluar).

5. Animasi Rotasi

Animasi rotasi adalah animasi objek atau teks yang berputar, seperti jam, kincir angin, putaran roda, dan lain-lain. Kita bisa memutarnya searah jarum jam (CW : Clock Wise) atau berlawanan dengan arah jarum jam (CCW : Counter Clock Wise).

6. Animasi Blink

Blink adalah animasi berkedip atau berkelip, seperti bintang di langit atau lampu disco, animasi blink biasanya sangat efektif untuk menarik perhatian, sehingga banyak digunakan untuk membuat banner.

7. Animasi Shape

Animasi ini adalah perubahan bentuk dari suatu objek menjadi objek lain atau dari suatu objek menjadi teks dan sebaliknya. Animasi ini juga sering disebut efek Morph.

8. Animasi Masking

Masking adalah animasi yang menyembunyikan atau menutupi suatu objek dengan objek lain, sehinga objek yang menutupi terlihat transparan dan menyatu dengan objek yang ditutupi.
Selengkapnya...