Selamat Datang di Blog Moko Yuliatmoko

Kamis, September 29, 2016

KIKD Animasi 2 Dimensi

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)

BIDANG STUDI KEAHLIAN      :  TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PROGRAM STUDI KEAHLIAN :  TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA
PAKET KEAHLIAN                    :  MULTIMEDIA
MATA PELAJARAN                   :  ANIMASI 2 DIMENSI
KELAS                                       :  XI

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

1.1.   Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2.   Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3.   Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
2.  Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

2.1.   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2.   Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.  Memahami,menerapkan, menganali-sis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin-tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan huma-niora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan penge-tahuan prosedural pada bidang kerja yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

  3.1.   Memahami animasi stop motion
  3.2.   Memahami animasi tradisional
  3.3.   Memahami animasi komputer
  3.4.   Memahami prinsip-prinsip dasar animasi.
  3.5.   Memahami komponen- komponen storyboard.
  3.6.   Memahami konsep gambar clean up dan sisip.
  3.7.   Memahami konsep gambar kunci animasi.
  3.8.   Memahami teknik  animasi frame by frame.
  3.9.   Memahami teknik animasi tweening
3.10.   Memahami teknik pembuatan obyek pada aplikasi animasi 2 dimensi
3.11.   Memahami penggunaan scene pada aplikasi animasi 2 dimensi
3.12.   Memahami cara memberikan efek audio pada animasi 2 dimensi
3.13.   Memahami berbagai format  produk animasi 2 dimensi.

4.  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengem-bangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakantugasspesifikdibawahpengawasanlangsung.

  4.1.   Menyajikan analisis hasil pengamatan terhadap animasi stop motion pada produk animasi
  4.2.   Menyajikan analisis hasil pengamatan terhadap animasi tradisional pada produk animasi
  4.3.   Menyajikan analisis hasil pengamatan terhadap animasi komputer pada produk animasi
  4.4.   Menyajikan analisis hasil pengamatan terhadap penerapan prinsip-prinsip animasi pada produk animasi
  4.5.   Membuat storyboard sesuai perencanaan.
  4.6.   Merencanakan dan melakukan pengolahan  gambar clean up dan sisip.
  4.7.   Merencanakan dan melakukan pengolahan  gambar kunci animasi.
  4.8.   Membuat animasi 2 dimensi menggunakan teknik frame by frame
  4.9.   Membuat animasi 2 dimensi menggunakan teknik tweening
4.10.   Membuat obyek pada aplikasi animasi 2 dimensi
4.11.   Membuat produk animasi multiscene
4.12.   Membuat produk animasi yang dilengkapi dengan efek audio
4.13.   Menentukan format  dan melakukan konversi format file  dari produk animasi yang dihasilkan.

0 komentar:

Posting Komentar