Selamat Datang di Blog Moko Yuliatmoko

Senin, Oktober 03, 2016

Corporate Identity Menjadikan Branding Lebih Kuat

Corporate Identity merupakan identitas yang membedakan antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya, dan bisa juga berfungsi sebagai penanaman citra atau image yang bisa menjadikan sebagai daya tarik. Identitas perusahaan berdasarkan filosofi organisasi terwujud dalam budaya perusahaan yang berbeda. Identitas mencerminkan kepribadian sebuah perusahaan dan dari sinilah branding perusahaan tercipta.

Corporate Identity dalam suatu perusahaaan, berperan dalam menjawab pertanyaan seperti “siapa kita?” dalam arti dimata klien atau konsumen. Disini perusahaan menunjukkan rasa kebersamaan atau hubungannya kepada klien atau konsumen.

Menentukan arah, design, nyawa dari sebuah korporasi tidaklah mudah. Penentuan arah dimulai dari tujuan didirikannya perusahaan atau bisnis, bidang industri yang dipilih, serta market yang dituju, perusahaan juga harus memiliki arah kreasi Corporate Identity yang berhubungan dengan branding perusahaannya. Menjalankan bisnis berkembang dan produktif dalam bukan tentang menjadi beruntung. Tapi tentang bagaimana membuat pilihan yang akan mempengaruhi orang dan meningkatkan pendapatan. Sebuah identitas bisnis melakukan hal ini dengan meningkatkan daya tarik pasar untuk produk atau jasa bisnis.

Logo, merupakan identitas yang paling utama selain dari slogan, lagu dll. Hanya dengan melihat logo salah satu bisnis, kita bisa langsung mengenal organisasi bisnis tersebut dan mengetahui reputasinya.
Pembuatan logo tampak seperti sederhana, namun tahukah anda seberapa keras team desainer logo yang mempersiapkan sebuah logo untuk pelanggannya? Sebuah tim desainer corporate identity ketika tahap awal melakukan riset, tahap berikutnya melakukan penggalian ide utama serta visualisasi ide tersebut. Langkah berikutnya mendesain sedemikian rupa sehingga didapat visual yang baik serta (mungkin) beberapa alternatif ide. Begitu panjangnya langkah tersebut hingga didapat identitas yang tepat untuk brand perusahaan tersebut. Oleh karena itu wajar bila biaya design corporate identity cukup mahal (sebenarnya tidak, karena sebanding dengan output yang dihasilkan).
 
Definisi Corporate identity dalam Bahasa Inggris

Combination of color schemes, designs, words, etc., that a firm employs to make a visual statement about itself and to communicate its business philosophy. It is an enduring symbol of how a firm views itself, how it wishes to be viewed by others, and how others recognize and remember it. Unlike corporate image (which is ‘in there’ changeable mental impression), corporate identity is ‘out there’ sensory-experience conveyed by things such as buildings, décor, logo, name, slogan, stationery, uniforms, and is largely unaffected by its financial performance and ups and downs in its fortunes. Corporate-identity is either strong or weak (not positive, negative, or neutral like a corporate image) and is more or less permanent unless changed deliberately. The identity (conveyed by its name and multicolored bitten-off-apple logo) of Apple computer, for example, as an innovative and pathbreaking firm has survived almost intact over about 30 years. But its image as a successful business has dimmed and brightened several times during the same period. See also visual identity.

Read more: businessdictionary
 
3 Bagian Corporate Identity
Corporate Identity terdiri dari tiga bagian yang digunakan dalam bermacam cakupan:
  1.     Corporate Visual (logo, dan uniform)
  2.     Corporate Communication (iklan, public relations, dan informasi)
  3.     Corporate Behavior (nilai-nilai internal, dan norma-norma)
Corporate Identity menjadikan Branding lebih kuat karena kita lihat branding menunjukan karakter suatu identitas dimana logo, iklan dan behavior mempunyai peranan dalam menggambrkan atau melukiskan sebuah perubahan. Sehingga Corporate identity menjadi penting dalam menyampaikan nyawa dari perusahaan itu sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar