Selamat Datang di Blog Moko Yuliatmoko

Senin, Februari 08, 2016

Memunculkan Partisi Hardisk yang Hilang/Tidak Terbaca di Windows Explorer


Hardisk yang tidak terbaca atau hilang atau ter-hidden yang penulis maksud di sini, adalah hardisk yang sehat atau hardisk yang masih bagus. Walaupun misalnya ada bad sektor sedikit, tetapi masih terbaca sangat baik oleh windows. Tetapi, karena "satu dan lain hal", hardisk tersebut tidak muncul ke "permukaan" windows.

Untuk memunculkan partisi atau drive hardisk yang tidak terbaca di explorer, terhitung mudah. 
Ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Klik kanan My Computer, pilih manage.
Klik kanan my Computer, Pilih Manage

2. Kemudian pilih disk management.
Pilih Disk Management

3. Kemudian pada partisi yang tidak terbaca di explorer, klik kanan dan pilih change drive letter and paths.
- Perhatikan drive yang tidak ada hurufnya.
- Pilih Menu Change Drive Letter and Path
- Klik kanan, lalu ADD atau CHANGE
Partisi tidak ada huruf

Klik kanan partisi tidak ada huruf

Pilih Add atau Change

 4. Lalu kita tentukan huruf untuk drive-nya (bebas memilih). 
     Setelah menentukan paths nya, baru klik OK.
Penentuan huruf dari DRIVE atau Partisi

5. Partisi berhasil dimunculkan.
Partisi berhasil dimunculkan
Dan lihatlah.... partisi hardisk yang tadinya tidak muncul di explorer, menjadi muncul.
Selamat memunculkan drive yang tidak terlihat di explorer.
Partisi terlihat di windows explorer


Sumber Tulisan: http://pojokcyberkasomalang.blogspot.com/2013/04/memunculkan-partisi-hardisk-yang-tidak.html#ixzz3zdTGrsEY
Selengkapnya...

Cara Mengatasi Windows Cannot Be Installed On Drive 0 Partition 2

cara mengatasi windows cannot be installed on drive1

cara mengatasi windows cannot be installed on drive2

Hallo temen-temen! Selamat datang di blog indraservicelaptop. Postingan kali ini saya buat dikarenakan ada beberapa kasus yang sering dialami ketika melakukan instal ulang windows pada laptop maupun komputer. Dari awal kelihatannya berjalan dengan lancar, namun ketika masuk ke bagian pemilihan partisi untuk penempatan windows, muncul peringatan "windows cannot be installed on drive 0 partition 2. Atau kalau bisa juga muncul peringatan seperti ini "windows cannot be installed to this disk". The selected disk is of the GPT partition style".

Hal ini akan ditandai dengan tombol next yang tidak menyala. Sehingga kita tidak bisa melakukan proses instalasi windows selanjutnya. 

Apa gerangan yang menyebabkan muncul beberapa peringatan windows can't be installed tersebut? Tidak lain adalah format partisi yang diperlukan untuk penempatan file windows tidak sesuai dengan standard. Nah... Solusi untuk memperbaiki hal tersebut yakni dengan menghapus sisa partisi yang tidak cocok. 

Berikut adalah langkah yang dilakukan untuk mengatasi problem windows cannot be installed yaitu :

Catatan : Sebelum melakukan langkah ini, harap backup dulu semua data di hardisk, karena semua partisi dan data akan terformat total layaknya hardisk baru.

1. Silahkan masukkan dvd/ flasdisk installer
2. Setting booting ke FD atau dvd
3. Setelah masuk tampilan instal windows tekan tombol Shift + F10

cara mengatasi windows cannot be installed on drive1

4. Akan muncul tampilan command prompt

cara mengatasi windows cannot be installed on drive1

5. Ketik "diskpart" (tanpa tanda petik ya!)
5. Masukkan "select disk 0" atau "select disk 1"
6. Tulis "clean"
7. Terakhit tutup tampiln command prompt tersebut
8. Lakukan instalasi seperti biasa

Sekarang ketika memilih partisi untuk windows, tombol NEXT udah nyala kan!

Mudah sekali bukan cara untuk mengatasi windows cannot be installed on disk 0 partition 2. Moga bermanfaat postingan ini.  Selengkapnya...

Kamis, Februari 04, 2016

Pengertin Storyboard

Storyboard adalah sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai dengan naskah, dengan storyboard kita dapat menyampaikan ide cerita kita kepada orang lain dengan lebih mudah, karena kita dapat menggiring khayalan seseorang mengikuti gambar-gambar yang tersaji, sehingga menghasilkan persepsi yang sama pada ide cerita kita.
Salah satu  tahapan penting dalam produksi  film adalah membuat storyboard, setelah sutradara dan pengarah fotografi  membahas sebuah adegan mereka kemudian bertemu dengan artis storyboard untuk  menterjemahkan gagasan mereka dalam gambar. Disitu terbentuklah rancangan-rancangan shooting, dan ketika dirasa ada sesuatau yang kurang pas atau ada kendala-kendala dalam pengambilan gambar nantinya segera dapat dilakukan revisi.
 

Dengan mengacu pada rencana shooting  dalam storyboard para pemain dan krue dapat mengerjakan tugas mereka masing-masing dengan cepat dan tepat.  Storyboard secara gamblang memberikan tata letak visual dari adegan seperti yang terlihat melalui lensa kamera.
Storyboard juga berguna bagi editor untuk membantu menyusun scene yang berbeda- beda menjadi sesuai  dengan skenario  dengan lebih mudah dan cepat.

Cara membuat Storyboard 

1.Catat poin-poin penting, ide, dan konsep-konsepdi bawah frame storyboard berturut-turut (lihat terlampir).
2.Storyboard Anda harus pada dasarnya merupakan jenis peta, menguraikan semua langkah-langkah utama yang di perlukan untuk menyelesaikan tujuan pembelajaran (s) untuk pelajaran itu.
3.Membuat sketsa kasar visual untuk setiap frame. Jangan khawatir tentang  semir pada titik ini, Anda hanya ingin gagasan visual jelas di gambarkan.
4.Baca presentasi Anda sambil melihat storyboard dan melengkapi checklist storyboard :
   *Apakah visual saya dengan jelas menampilkan suatu ide utama dari presentasi saya?
   *Apakah bantuan saya sebagai visual sederhana yang saya bisa membuatnya?
   *Dapatkah pemirsa saya memahami visual saya sepenuhnya dalam waktu kurang daru 30 detik?
5.Anda dapat membuat storyboard Anda di kertas atau berbagai perangkat lunak seperti Microsoft Word, Microsoft PowerPoint, dan Inspirasi.

Contoh Storyboards

a.Kertas
b.Word atau PowerPoint (menggunakan bagan organisasi atau flowchart)
c.Inspirasi

Tujuan Storyboard 

Sebagai panduan bagi orang-orang yang terlibat di dalamnya, mulai dari sutradara, penulis cerita, lighting dan kameramen memungkinkan seorang pembuat film untuk memprevisualisasikan ide-idenya Sebagai Alat untuk mengkomunikasi ide keseluruhan film menjelaskan tentang alur narasi dari sebuah cerita Berperan dalam pewaktuan (timing) pada squence, percobaan-percobaan dengan sudut pandang kamera, perpindahan dengan kesenambungan (countinuity) antara element-element dalam sebuah frame.

Kelemahan Storyboard dan Solusinya

Ketidak dapatannya untuk menunjukan gerakan - gerakan kamera, beserta efek optikal, seperti penglarutan atau pemudaran (Blur, Disolving) solusinya.
Dengan tulisan dan gambar skematis untuk mendiskripsikan apa yang tidak dapat di gambarkan
Perlu di perhatikan batas pinggir dari sebuah storyboard (bingkai) untuk menunjukan  sudut pandang, yang dipilih dari keseluruhan ruang.
Siapa yang menggunakan Storyboard Advertising, untuk menjual produk kepada klien VideoGame, menggunakan banyak pra-rencana termasuk brainstroming dari konsep game dan interaksi pemakai serial TV, dipakai hanya pada Sequence yang kompleks Multimedia, CD-Rom untuk edukasi, pelatihan atau program-program tutorial Web Design, untuk mengembangkan team dalam pembuatan web design, mendifinisikan elemen-elemen seperti gambar,animasi,video dan ilustrasi Industri dan video-video pemerintahan, untk menampilkan ide-ide pada saat pembuatan sebuah proyek video-video pemerintahan.

Proses Storyboard

Thumbnail, tahap paling awal yang di pakai ilustrator yaitu menggambarkan dalam bentuk panel sketsa yang masih sangat sederhana  berisi nomor urut sebagai index dan pergerakan kamera atau  pergerakan karakter yang di beri simbol anak panah, Rough Pass, tahapan revisi Thumbnail dan panel yang di gunakan lebih besar dibanding sebelumnya. Pada tahap ini, storyboard lebih mudah di baca oleh non ilustrator seperti pemain, produser, kameramen, kru pencahayaan dan investor.
CleanUp/Final, tahap terakhir yang siap di pakai. Biasanya sudah lengkap dengan narasi, dialog, keterangan sound FX (suara angin/petir).
Aspect Rasio adalah sebuah ukuran yang berhubungan dengan lebar dan tinggi sebuah layar (misalnya 1.85 : 1 atau 2.35 : 1) Standard Aspect Rasio TV, Layar Komputer 1.33 : 1 Eropa 1.66 : 1 TV Layar Lebar  1.78 : 1 Amerika 1.85 : 1 Panavision, Cinemascope 2.35 : 1
Rumus Aspect Rasio x Tinggi = Lebar.

Cara Membuat Storyboard untuk Film 

Storyboard sangat penting untuk menggambarkan untuk membuang Anda dan kru apa tembakan di 
sebuah film akan terlihat seperti. With a little practice, your storyboards will not only speed up the filming process, but also enable you to fully realize your artistic vision. Dengan sedikit latihan, storyboard Anda tidak hanya akan mempercepat proses pembuatan film, tetapi juga memungkinkan Anda untuk sepenuhnya mewujudkan visi artistik Anda.
Menganalisis script Anda. Tergantung pada bagaimana tangan-on Anda, Anda mungkin storyboard saat-saat penting dari film ini, beberapa tembakan per adegan, atau setiap gerakan kamera tunggal. Duduklah dengan script dan menemukan adegan yang paling penting bagi Anda dan cerita. Fokus pada mereka terlebih dahulu, dan menggunakannya sebagai titik Anda melompat-off. Menarik catatan di margin atau menyimpan catatan secara terpisah pada pad, mencatat nomor adegan dan halaman.
Gambar tembakan. Sebelum Anda mengambil langkah lebih lanjut, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki visi yang jelas tentang apa yang masing-masing ditembak akan terlihat seperti.. Pikirkan bagaimana Anda akan menjelaskan tembakan kepada orang lain, bagaimana hal itu akan terlihat melalui kamera, bagaimana akan melihat ke penonton dan bagaimana hal itu akan melihat Anda, menonton dari luar. Ini adalah bagian dari proses previsualization, atau “previz,” yang menentukan bagaimana film akan terlihat.
Tentukan media Anda. Direktur Ridley Scott menarik gambar pensil kecil yang krunya panggilan Ridleygrams pada saat pengambilan gambar. Direksi lain menggunakan apa yang disebut animatic, coverting storyboard untuk gambar digital, membuat versi awal film dengan tokoh-tokoh tongkat dan bentuk samar yang dapat diawasi. Ini dapat digunakan kemudian untuk memastikan bahwa setiap bidikan secara sempurna. Apakah Anda memilih untuk membuat slide dalam PowerPoint atau membuat gambar kecil tongkat-angka pada kartu file, aturan yang sama dan Anda dapat melakukan sebanyak atau sesedikit yang Anda inginkan.
Buat storyboard Anda. Yang paling penting adalah untuk memastikan bahwa storyboard Anda tidak memerlukan penjelasan sama sekali. Ini akan membutuhkan beberapa latihan, tetapi dengan menggunakan prinsip-prinsip dasar komik, gelembung pidato dan garis gerakan, Anda harus dapat menceritakan kisah film Anda hanya dengan storyboard Anda. Orang
Berbagi storyboards Anda. Film merupakan media kolaboratif, dan storyboard adalah salah satu cara yang bagus untuk memastikan bahwa setiap orang yang terlibat memahami visi Anda. Luangkan waktu sebelum Anda menembak untuk memastikan bahwa setiap orang pada halaman yang sama dan memahami apa yang Anda inginkan. Anda sebelum menembak.
Sebuah template storyboard sangat penting jika Anda meletakkan bersama sepotong multi-media seperti video atau DVD. storyboard Anda adalah apa yang akan menentukan apa desainer grafis Anda akan datang dengan, apa-overs suara Anda akan mengatakan, apa yang ilustrator Anda akan menarik, apa fotografer Anda akan menembak, apa soundtrack Anda akan, dan apa yang programmer anda akan menghasilkan. Sebuah template storyboard adalah apa yang perlu Anda harus memastikan bahwa storyboard Anda keluar kanan.
Jadi storyboard Anda dimulai dengan template storyboard Anda. Bagaimana Anda membuat hal ini? Mulailah dengan mengurus medium yang Anda gunakan untuk itu. Di Word, masuk ke modus landscape, membuat template Anda, dan biarkan setiap halaman menjadi satu layar. Jika Anda menggunakan PowerPoint, membuat template dan membiarkan setiap slide menjadi satu layar. Jika Anda menggunakan Adobe Captivate, Anda dapat mengambil pendekatan pembangunan yang pesat dan hanya mulai menulis seluruh storyboard secara langsung dengan alat authoring Anda. Dan kemudian ada banyak program perangkat lunak komersial storyboard yang mengajarkan Anda bagaimana untuk membuat template dalam diri mereka.
Beberapa orang lebih suka menggunakan program menulis teks dan menulis teks-storyboard saja, meninggalkan gambar akhir yang sebenarnya dan soundtrack sampai dengan produser, yang hanya mengikuti deskripsi tekstual dalam blok. Tapi secara umum ini bukan cara terbaik untuk membuat storyboard. Visual yang ada untuk memicu imajinasi dan melihat mereka bertindak seperti konsep kasar visual. Hal yang sama berlaku untuk soundtrack dalam hal audio. Anda tidak keras atas kreativitas siapa pun dengan memproduksi storyboard penuh.
Jadi, sekali Anda telah dipanggil template storyboard Anda, bagaimana Anda mengisinya dan membuat storyboard Anda? Anda perlu membuat bagian-bagian berikut:
 * Judul Bagian: Di sini anda menaruh topik, modul, unit, atau nama pelajaran.
* Screen Nomor Bagian: Anda ingin pengenal unik untuk masing-masing layar Anda. Jadi anda bisa menggunakan, katakanlah, “t1m2s4? Untuk topik 1, modul 2, layar 4.
* Visual Bagian: Gambarlah menyisipkan visual atau foto, grafis, dll. Anda juga dapat mencakup teks yang akan ditampilkan di layar, atau Anda dapat membuat bagian lain untuk teks.
* Audio Bagian: Di sinilah tempat anda menulis naskah, nama dari file musik atau rekaman, dan efek suara (SFX) yang akan bermain di layar masing-masing.
* (Kemungkinan) Bagian Interaksi: Jika Anda storyboard untuk sesuatu yang interaktif, seperti video di situs Web Anda, di sini adalah di mana Anda menggambarkan interaksi yang terjadi pada setiap layar. Ada baiknya untuk menulis ini di bahasa pemrograman seperti untuk programmer Anda. Jadi, misalnya, Anda mungkin menulis “Jika tombol 3 akan diklik, masuk ke layar u1m24″.
* (Kemungkinan) Bagian bercabang: Untuk produksi interaktif, di sini semua sistem percabangan yang mungkin didefinisikan. Percabangan tidak sama dengan interaksi. Bercabang adalah sistem navigasi keseluruhan, sehingga setiap interaksi yang mungkin dalam video harus dipertanggungjawabkan di sini.
Ingat, seni tinggi storyboard semakin sebanyak menjadi satu layar mungkin. Anda ingin storyboard Anda untuk menjadi lebih detail, tapi dengan yang mengatakan Anda ingin sesederhana mungkin.
Selengkapnya...

Pengertian dan Manfaat Kerjasama Tim

Equity World Futures – Selayaknya makhluk sosial, manusia tidak dapat melakukan segala aktivitas untuk memenuhi kebutuhannya tanpa bantuan orang lain sehingga tidak dapat dipisahkan dari komunitasnya. Secara alamiah setiap orang selalu membutuhkan peran dan kehadiran orang lain. Sama halnya dalam dunia bisnis, pengusaha tidak akan sukses dengan hasil kerjanya sendiri, pasti ada pihak lain baik itu rekan bisnis maupun anggota dalam perusahaan yang membentuk kerjasama tim yang baik. Oleh karena itu kerjasama merupakan kunci awal dalam mencapai kesuksesan.
Kerjasama menunjukkan adanya kesepakatan dan kesadaran tanggung jawab antara dua orang atau lebih dengan tujuan menghasilkan keuntungan lebih. Salah satu pakar juga menyebutkan bahwa kerjasama yang dikenal dengan istilah “kemitraan” merupakan suatu strategi bisnis yang dilakukan dua pihak atau lebih dalam jangka waktu yang telah ditetapkan untuk meraih keuntungan bersama dengan memegang prinsip saling membutuhkan.
Pengertian kerjasama tim di atas, mengandung makna penting yaitu:
  • Dua orang atau lebih, mengandung pengertian bahwa kerjasama akan terbentuk jika ada  minimal dua orang atau dua pihak yang melakukan kesepakatan bisnis. Oleh karena itu berhasil tidaknya kerjasama tersebut ditentukan oleh peranan kedua pihak tersebut.
  • Aktivitas, bahwa kerjasama akan terjadi karena ada aktivitas atau usaha yang dikehendaki bersama, sebagai alat dalam mencapai tujuan yang membutuhkan strategi bisnis.
  • Tujuan atau target, merupakan aspek yang menjadi otoritas atau sasaran dari kerjasama tersebut. Keuntungan yang diterima atau dirasakan kedua pihak baik secara finansial ataupun nonfinansial.
  • Jangka waktu, kerjasama tim yang dibentuk kedua pihak dibatasi oleh waktu dengan maksud ada kesepakatan kedua belah pihak kapan kerjasama tesebut berakhir setelah tujuan bisnis yang dikehendaki tercapai.
Dari uraian pengertian diatas, dapat dipahami bahwa kerjasama terbentuk karena adanya kesadaran dan saling menguntungkan kedua belah pihak.Kerjasama dalam tim selain mempermudah meraih keuntungan bersama, juga memiliki manfaat lain yaitu:
  • Kerjasama dalam tim mendorong timbulnya persaingan dalam mencapai tujuan serta adanya peningkatan produktivitas. Produktivitas yang tinggi didapatkan bila terjadi pengurangan input, tetap diperoleh output yang semakin besar.
  • Kerjasama dalam tim memicu berbagai upaya individu agar dapat bekerja secara efektif, produktif, dan efisiensi yang diartikan pencapaian kerja yang hemat, tidak boros sehingga menimbulkan keadaan menguntungkan baik dari segi waktu, biaya, maupun tenaga.
  • Kerjasama dapat mendorong terciptanya sinergi sehingga menekan biaya operasional dan menyebabkan persaingan meningkat.
  • Tanggung jawab sesuai dengan kemampuan yang dimiliki masing-masing.
  • Kerjasama menciptakan hubungan harmonis antara kedua belah pihak yang terlibat, serta dapat meningkatkan rasa kesetiakawanan.
  • Kerjasama tim menghasilkan praktek yang sehat serta meningkatkan motivasi anggota.
  • Mendorong partisipasi dalam menjaga dan melestarikan kondisi dan situasi di lingkungannya tempat kerjanya
Berdasarkan manfaat efisiensi dan produktivitas anggota, dapat pula dicapai manfaat kualitas, kontinuitas, dan kuantitas. Kerjasama penggabungan kekuatan dan potensi dapat menutupi kelemahan masing-masing pihak yang terlibat. Kerjasama menunjukkan adanya dua kesepakatan yang saling menguntungkan melalui kontribusi sesuai potensi yang dimiliki sehingga untung dan rugi yang didapatkan atau dialami kedua belah pihak bersifat proporsional dalam arti sesuai dengan kontribusi yang disumbangkan sehingga resiko masing-masing menjadi berkurang.
Melalui penjelasan diatas kerjasama tim menggambarkan adanya rasa senasib dan sepenanggungan antara pihak yang terlibat. Dua orang atau lebih yang melakukan aktivitas bersama dijalankan secara terarah dan terpadu untuk mencapai target dan tujuan sesuai dengan kesepakatan yang telah ditetapkan merupakan arti penting dari kerjasama
Selengkapnya...

Mengenal Teknik Lighting Low-key & High Key

Dalam fotografi terkenal ada istilah high key and low key. Secara sederhana maksud high key adalah fotografi yang nuansa cahayanya terang, sedangkan low key adalah fotografi yang nuansa cahayanya gelap.

Biasanya teknik high-key dan low key ini banyak disebut-sebut untuk pemotretan portrait manusia, terutama dalam setting studio/indoor, dimana fotografer mengendalikan penuh sifat cahaya, arah, penyebaran, dan intensitas cahaya.


TEKNIK FOTO LOW KEY

Low key cocok untuk memberikan nuansa misterius, kesedihan ke dalam foto. Biasanya digunakan untuk foto kedukaan, portrait misterius, dan yang tema foto yang menyeramkan (horror).

Cara memotret low key adalah mempersiapkan latar belakang yang bernuansa gelap, seperti hitam atau warna tua. Pilihlah pakaian yang juga gelap seperti warna hitam. Pengaturan exposure tidak harus di nol, tapi justru agak digelapkan supaya suasana gelapnya lebih kentara.

Light modifier (pembentuk cahaya) yang dipasang di depan lampu kilat yang efektif biasanya yang membatasi penyebaran cahaya seperti: standard reflector dengan honeycomb, strip softbox (30x125cm), barn door, dan snoot.

Untuk pemotretan portrait low key, biasanya tantangannya adalah mengarahkan cahaya ke bagian yang bagus dan membatasi cahaya untuk tidak menerangi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kita perlu mengamati subjek secara seksama, dan kemudian memutuskan light modifier apa yang digunakan, dan juga ke arah mana. Sebaliknya, kita juga harus menentukan bagian yang kurang begitu menarik untuk tidak disinari sehingga tertutup oleh bayangan.

Pose dan ekspresi subjek juga menentukan keberhasilan foto low key. Perlu komunikasi dan kerjasama antara fotografer dan subjek foto yang baik untuk menghasilkan foto low key yang menarik.


TEKNIK FOTO HIGH KEY

Foto high key cocok untuk memberikan suasana cerah, gembira, dan cantik. Foto high key banyak digunakan untuk foto keluarga, foto kecantikan (beauty), foto anak dan bayi. Di dalam foto pemandangan, foto high key sering kita jumpai saat memotret salju atau saat berkabut.

Cara memotret high key adalah memilh latar belakang yang berwarna cerah seperti putih, atau warna terang seperti kuning. Untuk portrait, warna pakaian dan aksesoris juga harus disesuaikan.

Jika mengunakan cahaya yang konstan (bersinar secara kontinyu), maka pengaturan exposure harus disesuaikan ke arah + (lebih terang dari pengukuran/metering kamera).

Light modifier yang dipasang di depan lampu kilat yang efektif biasanya yang berukuran cukup besar sehingga dapat membanjiri subjek dan background dengan cahaya. Antara lain: softbox berukuran besar(80x120cm), oktabox (150cm), background reflector, dan beauty dish (70cm).

Dengan mengunakan light modifier berukuran besar, penyebaran cahaya luas dan cahaya yang jatuh ke subjek bersifat halus. Cahaya yang halus sangat baik untuk pemotretan beauty/kecantikan. Karena cahaya yang menyebar akan mengisi pori-pori, keriput di wajah sehingga terlihat mulus.

Biasanya tantangan yang ditemui di foto high key adalah kita harus benar-benar pintar dan kreatif dalam mengarahkan pose dan gaya. Dengan komunikasi yang baik, kita bisa mendapatkan ekspresi atau momen-momen menarik yang tak terduga.

http://inet.detik.com/read/2013/04/24/094513/2228839/1277/mengenal-teknik-lighting-low-key--high-key
Selengkapnya...

Cara Konversi Skema Partisi Harddisk (MBR ke GPT atau Sebaliknya) Tanpa Kehilangan Data

Sobat IT, suatu ketika penulis ingin melakukan upgrade sistem operasi di laptop yang penulis gunakan. Pada awalnya laptop tersebut menggunakan Windows 7 64 Bit, kemudian penulis ingin mengupgrade Windows yang digunakan menjadi Windows 8.1 64 Bit. Singkat cerita, proses instalasi pun berjalan. Namun, sampai pada langkah memilih partisi, muncul pesan error seperti ini, “Windows cannot be installed on this disk. The selected disk has an MBR partition table. On EFI systems, Windows can only installed on GPT disks.” Intinya, Windows 8.1 tidak bisa diinstall pada harddisk MBR, tetapi harus diinstall di harddisk GPT.
Tentu saja sobat bisa menebak apa yang penulis rasakan saat itu. Yaps, panik setengah mati! Otomatis di laptop penulis saat itu tidak ada sistem operasi yang terpasang. Akhirnya penulis langsung berpindah ke PC dan berselancar di Google untuk mencari solusi dari permasalahan ini. Nah, dalam tulisan kali ini penulis ingin berbagi mengenai pemecahan masalah tersebut.

Hal pertama yang harus sobat pahami adalah, “Apa itu MBR dan GPT?”
 Dalam dunia komputer, ada dua macam arsitektur partisi harddisk yang dikenal, yaitu MBR (Master Boot Record) dan GPT (GUID Partition Table). Perbedaan kedua arsitektur partisi tersebut terletak pada pemetaan sector harddisk secara cylinder-head-sector (CHS) ke dalam Logical block addressing (LBA).
MBR mendukung maksimal 4 partisi (3 partisi primer dan 1 partisi extended) dengan ukuran partisi sebesar 2 TB.
Pada perkembangannya, jumlah dan ukuran partisi yang sedemikian rupa dianggap tidak dapat memenuhi kebutuhan para pengguna komputer. Kemudian dikembangkanlah GPT yang mampu mendukung ukuran partisi lebih dari 2 TB. Jumlah partisi yang ditawarkan GPT pun lebih banyak, yaitu 128 partisi. GPT membutuhkan 1 partisi untuk Cakram dinamis dan 1 partisi untuk EFI-boot. Dengan demikian, skema partisi GPT lebih handal dalam masalah jumlah dan ukuran partisi.
Sekarang mari kita kembali ke permasalahan utama. Komputer dengan sistem operasi Windows XP atau Windows 7 harus menggunakan skema partisi MBR, sedangkan untuk Windows 8 ke atas (terutama untuk 64 bit) harus menggunakan skema partisi GPT. Kesimpulannya, jika komputer kita menggunakan Windows 7, kemudian ingin upgrade ke Windows 8.1 64 Bit, kita harus mengkonversi skema partisi harddisk yang kita gunakan dari MBR ke GPT. Begitu juga sebaliknya, apabila kita menggunakan Windows 8.1 64 bit dan ingin beralih ke Windows 7, kita harus mengkonversi skema partisi harddisk dari GPT ke MBR.
Ada beberapa cara untuk mengkonversi skema partisi harddisk. Cara pertama adalah dengan perintah Command Prompt ketika proses instalasi Windows (sebelum klik tombol Install Now). Penulis tidak menyarankan menggunakan cara ini karena mengandung risiko yang cukup fatal, yaitu data-data yang ada di harddisk akan hilang semua.

Cara kedua adalah dengan bantuan software pihak ketiga, dan cara ini jauh lebih aman karena data-data yang ada di dalam harddisk tidak akan hilang. Untuk mengkonversi skema partisi harddisk, penulis biasanya menggunakan MiniTool Partition Wizard Bootable CD.
Untuk mengkonversi skema partisi dari MBR ke GPT atau sebaliknya, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
PENTING!
Bagi para tunanetra, untuk melakukan langkah-langkah berikut ini harus dibantu oleh orang awas karena MiniTool Partition Wizard Bootable CD tidak bisa menggunakan screen reader.
 Download MiniTool Partition Wizard Bootable CD dari halaman ini. File berbentuk ISO.
  1. Burn file ISO tersebut ke dalam CD, DVD, atau flashdisk.
  2. Lakukan booting dari CD/DVD/flashdisk yang sudah terisi dengan MiniTool Partition Wizard Bootable CD.
  3. Setelah melakukan booting, maka sobat akan menemukan beberapa pilihan. Pilih menu Boot from Partition Wizard Boot Disc. Jika gagal, pilih menu Boot from Partition Wizard Boot Disc (Safe Mode).
  4. Pada tampilan berikutnya, sobat akan diminta memilih resolusi layar. Pilih 1024×768 (XGA).
  5. Setelah itu akan muncul layar utama MiniTool Partition Wizard Bootable CD. Pilih harddisk yang skema partisinya ingin dikonversi (harap berhati-hati, di sini sobat harus memilih harddisk, bukan partisi).
  6. Pada panel sebelah kanan, klik Convert MBR disk to GPT disk (apabila sobat ingin mengkonversi GPT ke MBR, klik Convert GPT disk to MBR disk. Pilihan akan menyesuaikan dengan skema partisi harddisk di komputer tersebut).
  7. Kemudian klik Apply. Tunggu prosesnya hingga selesai.
  8. Setelah proses selesai, tutup MiniTool Partition Wizard Bootable CD.
 Setelah melakukan langkah-langkah di atas, sobat sudah berhasil mengkonversi skema harddisk yang ada di komputer sobat. Kini sobat bisa menginstall sistem operasi yang sobat inginkan.
Selengkapnya...

GARIS IMAJINER

Garis imajiner adalah garis khayal yang menjadi acuan bagi cameraman  dalam mengambil gambar. Jika cameraman menyeberangi garis imajiner maka gambar akan memberikan informasi yang salah. Untuk menentukan garis imajiner cameraman harus menentukan dahulu shot utama yang akan diambil. Pada gambar di bawah menunjukkan posisi kamera kesatu sebagai shot utama. Garis khayal di antara dua subyek yang berhadapan menjadi garis imajiner sehingga jika cameraman mengambil gambar pada posisi kamera dua dan tiga, maka shot yang diambil dari posisi camera satu, dua dan tiga merupakan rangkaian shot yang dapat disambung menjadi sekuen. Sedangkan shot yang diambil dari posisi empat dan lima tidak dapat disambung karena melanggar atau menyeberangi garis imajiner.

Ketika cameraman mengambil gambar dari obyek yang sedang bergerak maka pada dasarnya obyek itu memiliki arah gerakan atau ke arah mana obyek itu bergerak dan gerakan tersebut bisa menjadi acuan sebagai garis arah gerakan (garis imajiner untuk obyek bergerak). Misalnya cameraman mengambil gambar  mobil yang sedang berjalan, maka yang menjadi acuan garis arah gerakan adalah ke mana arah mobil tersebut bergerak. Pada shot yang diambil dari posisi A, mobil bergerak dari kanan ke kiri, namun pada posisi B mobil akan nampak berubah arah yaitu bergerak dari kiri ke kanan. Shot yang dihasilkan dari posisi B memberikan kontradiksi dan kejanggalan karena cameraman menyeberangi garis arah gerakan. Jika kedua shot disambung maka akan memberi kesan kedua mobil tersebut akan bertabrakan.
Pengambilan gambar yang menyeberangi garis imajiner dapat membingungkan penonton, namuncameraman dapat menghindarinya dengan menyisipkan sebuah gambar  netral  yang dapat diambil dari garis imajiner.  Shot A tidak dapat disambung dengan shot B karena perbedaan arah lompatan kuda. Agar kedua gambar tersebut dapat disambung maka perlu gambar perantara (bridging) yaitu gambar C yang menunjukan terjadinya perubahan arah.
Sumbu percakapan (convertion axis, axis of action)
Apabila dua buah kamera mengambil gambar dua orang yang sedang berbincang-bincang, posisi kamera harus diletakkan pada satu bagian sumbu percakapan yang menghubungkan kedua orang tersebut. Sehingga garis kamera pertama dengan orang pertama dan garis kamera kedua dengan orang kedua akan membentuk garis potong, selanjutnya kedua garis potong tersebut akan membentuk segitiga dengan sumbu percakapan.

Aturan 180 derajat

Aturan 180 derajat merupakan rumusan yang bisa digunakan oleh cameraman ketika akan membuat kesinambungan antar shot dalam suatu adegan. Yang dinamakan “line” adalah garis imajiner atau garis khayal atau imaginary line. Garis imajiner merupakan garis pembatas kanan dan kiri 180 derajat. Metode ini berlaku untuk penggunaan pada produksi single kamera atau multi kamera. Jika garis ini dilanggar atau crossing the line maka :
  1. Bisa mengakibatkan terpecahnya perhatian penonton.
  2. Bisa merusak continuitas yang telah terbentuk.
Selengkapnya...

Pengertian Multimedia

'Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game.

Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.

Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sense realistis.

Bau mulai menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukan teknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan perangkat input pendeteksi bau, seorang operator dapat mengirimkan hasil digitizing bau tersebut melalui internet. Komputer penerima harus menyediakan perangkat output berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini mencampurkan berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip dengan data yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan printer, alat ini menjadikan feromon-feromor bau sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan melainkan aroma.

Multimedia biasanya direkam, diputar, ditampilkan atau diakses oleh perangkat pengolahan informasi konten, seperti komputerisasi dan perangkat elektronik, tetapi juga dapat menjadi bagian dari live performance. Multimedia merupakan konvergensi teks, gambar, video, dan suara ke dalam bentuk tunggal. Kekuatan multimedia dan internet terletak pada cara di mana informasi terkait.
Multimedia membuat situs yang menarik dan inovatif dalam, fungsi desain dalam hal tujuannya, mudah dinavigasi, sering diperbarui dan cepat untuk men-download. Home page dari setiap produksi multimedia harus selalu tengara, dapat diakses dari manapun di bagian multimedia.
Multimedia sedang digunakan secara luas dalam berbagai bidang karena kecepatan dan fleksibilitas. Salah satu contohnya adalah di bidang kedokteran mana, dokter dilatih dengan melihat operasi virtual dan dapat mensimulasikan bagaimana tubuh manusia dipengaruhi oleh virus dan bakteri membantu mereka untuk mengembangkan teknik yang berbeda untuk mencegahnya.
Multimedia juga membantu sektor industri dengan menyajikan informasi kepada pemegang saham, atasan dan rekan kerja. Multimedia juga membantu dalam memberikan pelatihan untuk iklan, karyawan dan menjual produk di seluruh dunia melalui terbatas teknologi berbasis web.
Insinyur perangkat lunak juga menggunakan multimedia di komputer untuk mendapatkan hiburan, pelatihan militer atau industri. Multimedia untuk antarmuka perangkat lunak sering kali dilakukan sebagai kolaborasi antara profesional kreatif dan insinyur perangkat lunak.
Di bidang pendidikan, multimedia memainkan peran penting, seperti untuk menghasilkan program pelatihan komputer berbasis. Multimedia didefinisikan sebagai teknologi yang terpisah seperti fitur telepon, aplikasi data produktivitas dan video yang saham sumber daya dan berinteraksi satu sama lain dan juga menciptakan konvergensi media yang cepat berubah kurikulum di universitas di seluruh dunia.
Hiburan dan seni rupa juga dibantu oleh multimedia , terutama membantu dalam hiburan untuk mengembangkan efek khusus dalam film dan animasi. Permainan multimedia adalah hobi populer dan program perangkat lunak yang tersedia baik sebagai CD-ROM atau online. Video game untuk anak-anak dan orang dewasa juga menggunakan fitur multimedia yang memberikan efek 3D dan membuat gambar menjadi hidup. Dalam seni ada artis multimedia yang menggunakan multimedia yang efisien untuk mendapatkan efek yang berbeda dan teknik. Pendekatan lain menciptakan tampilan tradisional seni rupa yang dapat dengan mudah dilihat di galeri seni. Merekam materi digital mungkin hanya sebagai tahan lama dengan salinan sempurna setiap waktu.
Banyak dari media lama dan baru elektronik yang digunakan oleh seniman komersial multimedia. Bisnis ke bisnis dan komunikasi antar kantor sering dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan jasa kreatif untuk presentasi multimedia canggih melampaui slide sederhana menunjukkan untuk menjual ide atau pelatihan. Pengembang multimedia komersial dapat disewa untuk desain untuk jasa pemerintah dan nirlaba layanan aplikasi sebagai uang.
Industri kreatif menggunakan multimedia untuk berbagai tujuan mulai dari seni, untuk hiburan, seni komersial, untuk jurnalisme, media dan layanan perangkat lunak yang disediakan untuk setiap industri. Seorang individu dapat mengatur karirnya sebagai perancang multimedia dan dapat membuktikan keterampilan teknis untuk analisis untuk kreatif. 

>> Definisi Multimedia :

Multimedia terdiri dari dua kata "multi" artinya banyak, dan "media" sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawakan sesuatu. Media dalam Amerika yaitu alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi.


Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, animasi dan video.

Berikut beberapa definisi Multimedia menurut beberapa ahli :

    Kombinasi dari komputer dan video. (Rosch, 1996)
    Kombinasi dari tiga elemen : suara, gambar dan text. (Mc.Comick, 1996)
    Kombinasi dari paling sedikit dua media input dan output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar. (Turban dan kawan-kawan, 2002)
    Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks-grafik, animasi, audio dan video. (Robin dan Linda, 2001)
    Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstekter, 2001 adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakaian berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.

>> Kategori Multimedia

Multimedia dapat di definisikan menjadi 2 kategori, yaitu multimedia content production dan multimedia communication dengan definisi sebagai berikut :

    Multimedia Content Production adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa media (teks, audio, graphics, animation, video dan interactivity) yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia (music, video, film, game, intertaintment, dll.) Atau penggunaan sejumlah teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (teks, audio, graphics, animation, video, dan interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
        media teks
        media audio
        media video
        media animasi
        media graph / image
        media interactivity
        media spesial effect

     Multimedia Communication adalah penggunaan media (massa), seperti televisi, radio, media cetak dan internet untuk mempublikasikan / menyiarkan / mengkomunikasikan material advertising, publicity, entertaintment, news, education, dll. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :

    TV
    Radio
    Film
    Media Cetak
    Musik
    Game
    Entertainment
    Tutorial
    ICT (Internet)

>> Karakteristik Multimedia 

Multimedia juga mempunyai  karakteristik, yaitu ada 2 bentuk :

    Bentuk Linier : Sebuah struktur multimedia dimana pengguna bernafigasi sesuai urutan dari satu frame atau bite informasi ke yang lainnya.
    Bentuk No Linier : Struktur multimedia dimana pengguna bernafigasi secara bebas, tidak oleh rute yang ditentukan.
Selengkapnya...