Selamat Datang di Blog Moko Yuliatmoko

Kamis, November 16, 2017

Apa Itu Fastboot pada Smartphone Android?

Biasanya untuk menyelamatkan smartphone Android yang error atau melakukan upgrade maupun downgrade sistem operasi pada smartphone Android, salah satunya menggunakan fastboot.
Namun pastinya, Gadgeter bertanya-tanya apa itu fastboot? Untuk itu, Saya akan sedikit menjelaskan mengenai fastboot. Bisa dibilang fastboot adalah sebuah protokol yang dapat digunakan untuk melakukan flash ulang partisi pada smartphone maupun tablet Android.
 
Tool fastboot sendiri biasanya hadir dengan Android SDK (Software Development Kit) yang merupakan alternatif dari mode recovery untuk melakukan instalasi dan pembaruan. Dengan kata lain, tool ini bisa digunakan untuk memodifikasi file system pada sistem operasi Android ketika smartphone sedang dalam bootloader mode.
 
Tidak semua smartphone atau tablet memiliki mode fastboot yang biasa diakses oleh pengguna. Untuk smartphone Nexus telah diaktifkan secara defaut. Sementara mode fastboot untuk beberapa smartphone atau tablet biasanya telah diaktifkan oleh penggemar atau developer Android independen.
Sementara pada fastboot, Gadgeter bisa memodifikasi file system image Android dari komputer dengan menggunakan koneksi USB. mode fastboot berguna untuk melakukan update firmware dengan cepat tanpa harus menggunakan mode recovery.
 
Biasanya fastboot ini dapat digunakan untuk flashing custom recovery, seperti salah satunya menggunakan ClockworkMod atau Fastboot di smartphone Xiaomi. Selain itu, tidak semua smartphone atau tablet Android memiliki mode fastboot sehingga Gadgeter harus memastikan keberadaannya terlebih dahulu pada smartphone yang dimilikinya.

0 komentar:

Posting Komentar