Selamat Datang di Blog Moko Yuliatmoko

Senin, Desember 18, 2017

MEMAHAMI FORMAT KAITAN PADA HALAMAN WEB

 

 

.

Contoh penulisan kode link adalah sebagai berikut :

......

Link menggunakan gambar :


......



Pada bagian href digunakan untuk referensi file tujuan, sehingga pada contoh di atas dapat ditulis href=”tugas.html”>.

Jika pada file tugas.html terdapat banyak bab dan penempatan link digunakan untuk berpindah antar bab, maka pada tiap link diberi nama variabel setelah tag name dan pada href disebutkan bagian bab yang dituju, sehingga penulisannya menjadi :

Href=”tugas.html1#bagian2”.

1.       Mengenal Jenis Link

Keleebihan utama dari dokumen HTML adalah kemampuannya untuk memberikan link dari satu teks atau gambar menuju ke dokumen atau bagian lain dalam suatu dokumen html. Browser Web akan meyorot (“highleght”) teks atau gambar yang didefinisikan sebagai link dengan warna dan garis bawah untuk menunjukkan bahwa itu adalah hyperlink atau link.

a.       Link Relatif

Link relatif merupakan link yang fungsinya untuk berpindah antar halaman web komputer yang sama. Jika dua halaman web berada pada satu direktori yang sama, maka dapat  dituliskan nama file halaman yang dituju. Contohnya :

b.      Link Absolut

Link absolut adalah link yang fungsinya untuk berpindah antara halaman website yang satu dengan website yang lain di  internet. Contohnya :

B.      FORMAT LINK ANATAR ISI PADA SUATU HALAMAN WEB

1.       Pengertian

Format link antar isi pada suatu halaman web biasa disebut juga dengan link dalam satu halaman, berbeda dengan hyperlink pada umumnya yang biasa digunakan untuk menghubungkan suatu tulisan dengan tulisan lain yang berada pada halaman yang berbeda atau blog yang berbeda, link itu lebih banyak digunakan untuk halaman yang sama. Misalnya membuat tautan link yang mengarah ke atas, ke tengah, dan ke bawah.

Link ini dibuat untuk dokumen yang panjang sekali, sehingga apabila ditampilkan dalam browser web akan mengharuskan kita melakukan scroll layar berulang-ulang.

Navigasi untuk penelusuran dokumen dapat dimudahkan dengan membuat link atar bagian, dengan menandai setiap bagian tersebut dengan memberinya nama. Sehingga dalam dokumen akhir ada bagian yang bernama, dan di bagian lainnya dapat diletakkan link untuk menuju ke bagian-bagian tersebut.

2.       Prinsip Dasar Penggunaan

Prinsip dasarnya adalah kita menandai terlebih dahulu suatu bagian dengan memberi tanda tag anchor misalnya , kemudian pada bagian yang lain kita buat link untuk memangginya dengan kode <a href=”#atas”>.

Sintaksnya adalah sebagai berikut : 


ATAS                 <-- objek="" span="" tujuan="">

ke Atas                <-- ke="" link="" menuju="" span="" tujuan="">

Perhatikan tanda pagar (#) di atas, untuk objek tujuan tidak memakai tanda pagar, akan tetapi untuk link yang menuju ke tujuan harus memakai tanda pagar.

Link yang menuju ke suatu bagian tertentu sangat berguna terutama untuk halaman web dengan postingan yang sangat panjang, sehingga link dengan target dalam satu halaman ini untuk mempermudah navigasi pengunjung website.

3.       Cara Membuat Link dalam Satu halaman

a.       Menentukan nama terget

Pilih bagian artikel yang ingin dijadikan  sebagai target link, bisa berupa sebuah paragraf, subjudul, kalimat, atau kata yang kita inginkan. Kemudian dibuat name atau id  pada kata yang dipilih tersebut dengan satu nama variabel, dalam pemberian nama variabel tersebut tanpa menggunakan spasi, karena spasi pada browser akan berubah menjadi “%20%



Contoh 1 :

<div id=”bab3”> BAB III



Contoh 2 :




b.      Membuat link ke target

Buatlah kalimat atau kata yang ingin dijadikan sebagai link yang akan ditunjukan ke target link, misalnya sebagai berikut :





4.       Link ke File

Ada beberapa cara penulisan sintaks link untuk menuju ke suatu halaman tertentu (file). Berikut ini adalah cara penulisan link yang menuju ke halaman yang berbeda.

*     jika file yang dituju berada pada folder/directory yang sama dengan file link, maka cukup dituliskan nama filenya, misalnya :

>Daftar Produk


*     jika file yang dituju berada pada subfolder di dalamnya, maka dituliskan nama foldernya. misalnya:

macam.html”>Galery Produk
  *     Jika file yang dituju berada pada folder di atas folder yang ditemapati oleh file link, maka penulisannya seperti berikut:

>About me

  *     Jika file yang dituju berada dua tingkat di atas folder link, maka dituliskan dua kali titik seperti berikut ini:

>About me


Berdasarkan lokasi tujuannya, link dapat dibedakan menjadi 4 macam, yaitu:

a.       Link yang menuju ke bagian tertentu pada halaman yang sama <a href=”#bab2”name=”bab1”>Lihat Bab 2

b.       Link yang menuju ke halaman yang lain dalam web yang sama <a href=”galery.html”>Galeri Foto

c.       Link yang menuju ke halaman yang lain dalam web yang berbeda tentang.html”
>Tutorial Web
d.       Link yang menuju ke bagian tertentu pada halaman web yang berbeda ling
”>Linknya
          FORMAT LINK ANTAR HALAMAN WEB UNTUK MEMBENTUK SITEMAP

Link merupakan cara untuk membuka atau memanggil halaman web atau file tertentu. Link merupakan tag yang sangat penting dalam penggunaan HTML, karena dengan adanya link yang akan membedakan antara dokumen HTML dengan dokumen teks biasa.

Setiap halaman, file, direktori, dan lokasi di internet selalu memiliki alamat URL-nya (Uniform Resourece Locator) sendiri-sendiri yang menuju pada server web di internet.
Hampir semua link menggunakan teks sebagai penghubungnya. Teks yang berada di antara tag dan akan menampilkan dengan garis bawah dengan warna standar biru.

Sebenarnya warna ini dapat diubah sesuai dengan keinginan pembuat web dengan menambahkan atribut LINK, ALINK, dan VLINK dalam tag . Atribut LINK digunakan untuk memberi warna pada link saat mouse diklik dan VLINK digunakan untuk memberikan warna pada link yang sudah dikunjungi. Sintaksnya adalah sebagai berikut:


Selain mengatur warna pada link, kita juga dapat menghilangkan garis bawah pada suatu link dengan membuat sintak seperti berikut ini :

http://www.yahoo.com stye=”text-decoration:none”>Ke Yahoo



Link Antar Halaman Web Untuk Membentuk Sitemap

Link dapat dibuat gambar manapun teks seperti yang telah dijelaskan pada pelajaran  sebelumnya. Untuk membuat link yang menggunakan gambar peta, dapat dilihat pada contoh berikut ini:

....

.....


Rect digunakan untuk membuat area map berbentuk segi empat dengan titik awal 100,100dan titik akhir 200,200.

Circle digunakan untuk membuat area map berbentuk lingkaran dengan titik tengah 50,50 dan diameter 30.

Poly digunakan untuk membuat area map berbentuk polygon dengan titik pertama 300,300, titik kedua 400,400, titk ketiga 500,500, titik keempat, 600,600 dan dapat ditambahkan titik berikutnya.

D.      FORMAT TARGET LINK, EMAIL, DAN TELEPON

1.       Format Target Link

Jika suatu link diklik maka browser akan menampilkan halaman yang dituju oleh link tersebut. Ada dua macam penampilan oleh browser dalam memunculkan halaman tujuan tersebut.

Pertama, ditampilkan pada jendela yang sama sehingga halaman temapt link itu ditutup dan digantikan oleh halaman yang dituju dan ini merupakan cara pemunculan default.

Kedua, ditampilkan pada jendela yang baru, sehingga akan muncul jendela yang baru untuk menampilkan halaman yang dituju.

Dalam pembuatan link ini, harus ditambahkan atribut TARGET=”_blank” dalam tag , sehingga penulisannya adalah sebagai berikut:







Berikut ini adalah beberapa target yang dapat diisikan pada link:

·         _blank                  : halaman yang dipanggil akan muncul pada jendela baru.

·         _top                      : halaman yang dipanggil akan mengisi penuh jendela yang sama,    mesikipun tadinya ada frame.

·         _self                      : halaman yang dipanggil akan mengisi temapt yang sama, bila link tersebut dalam sebuah frame maka halaman yang dipanggil akan mengisi frame tersebut.

·         _parent                : halaman yang dipanggil akan mengisi FRAMESET satu tingkat lebih tinggi dari FRAME temapt link yang bersangkutan.

2.       Link Email

Link dapat digunakan untuk mengirim ke alamat email, jika link ini diklik akan membuka jendela pengiriman email dari program email yang terinstall pada komputer (misalnya Microsoft Outlook).

Pada kota tujuan email (ToJ akan tercantum alamat email tujuan.

Contoh:

Link yang langsung menuju ke alamat e-mail.

           

Kiri  email

3.       Link telepon

Link dapat digunakan untuk melakukan panggilan telepon, jika link ini diklik akan melakukan panggilan telepon pada nomor tujuan. Penulisan kodenya adalah sebagai berikut:
            ....

            Klik disini untuk menghubungi saya

            ....

4.       Link SMS

Link dapat digunakan untuk melakukan pengiriman pesan SMS pada nomor tujuan, jika link ini diklik akan melakukan pengiriman SMS pada nomor tujuan. Penulisan kodenya adlah sebagai berikut :
                 .....

             SMS ke saya:
             .....
5.        Link Download

Link yang digunakan untuk pengambilan file dari server atau yang lebih dikenal dengan istilah download adalah link yang ditunjukan kepada fiel-file yang bukan file web, yaitu file yang tidak bisa ditampilkan oleh browser misalnya: file aplikasi dengan ekstensi EXE, file kompresi (ZIP), file audio (MP3), file dokumen seperti DOC, XLS, dan lainnya.

Bila link semacam ini diklik, maka akan mucul kotak dialog yang menanyakan apakah anda meyimpan (save) file itu dalam harddisk atau membukanya dengan program aplikasi yang sesuai.

Penulisan kodenya adalah sebagai berikut :

....
....



0 komentar:

Posting Komentar