- Jumlah Interupsi Menentukan banyak perangkat independen yang melakukan I/O.
- Ukuran bus data eksteral berakibat pada kecepatan operasional I/O.
- Ukuran bus alamat menentukan banyak memori yang ditunjuk board ekspansi.
- Kecepatan clock maksimum yang dapat diakomadasi bus berakibat pada kinerja.
Sabtu, Februari 28, 2015
Pengertian ALU (Arithmetic Logical Unit) dan Sitem BUS
MENGECEK, MERAWAT DAN MEMPERBAIKI PERLENGKAPAN
DESKRIPSI UNIT : Unit ini mendeskripsikan keahlian dan pengetahuan yang dibuthkan untuk menampilkan perawatan umum dan perbaikan ringan pada perlengkapan yang digunakan pada industri film, televisi, radio dan multimedia. Unit ini tidak mendeskripsikan kegunaan spesifik dari pengetahuan dan keahlian mekanik, elektrik dan elektronik. Perbaikan yang rumit dari perlengkapan haruslah mengacu pada teknisi servis khusus.
ELEMEN
KOMPETENSI KRITERIA UNJUK KERJA
Merawat Perlengkapan Dan Mengadakan Pengecekan Keselamatan Secara Teratur 1.1. Secara berkala mengambil pekerjaan untuk memulihkan perlengkapan pada kondisi pekerjaan yang optimal
1.2. Membersihkan dan merawat perlengkapan dan asesoris sesuai dengan persyaratan perusahaan dan instruksi perawatan
1.3. Mengecek dan mengganti cadangan dan persediaan sesuai dengan persyaratan perusahaan dan instruksi pabrik
1.4. Secara aman mengadakan pemeriksaan perlengkapan keselamatan sesuai dengan instruksi pabrik
1.5. Merekam atau melaporkan status dari seluruh komponen yang dicek, dirawat dan/ atau diganti
1.6. Mengacukan aktifitas perawatan rumit pada teknisi khusus dengan berkonsultasi pada orang-orang yang relevan
1.7. Melengkapi dokumentasi perawatan sesuai dengan prosedur perawatan dan menyediakan salinan untuk orang-orang yang relevan
Memperbaiki Dan Mengembalikan Lagi Perlengkapan Yang Rusak
2.1. Mematikan secara aman perlengkapan dan mengisolasi, bila perlu, mengikuti instruksi pabrik dan prosedur perusahaan
2.2. Mengidentifikasikan kesalahan pada perlengkapan untuk menentukan persyaratan perbaikan dengan berkonsultasi dengan teknisi ahli bila diperlukan
2.3. Mengacukan perbaikan rumit pada teknisi ahli dengan berkonsultasi dengan orang-orang yang relevan dan mengambil persetujuan yang diperlukan untuk mengirimkan perlengkapapan pada tukang reparasi
2.4. Membuat persetujuan untuk menggunakan perlengkpan alternatif pada saat sedang dilakukan perbaikan
2.5. Mendiskusikan kesalahan dan perbaikan yang dibutuhkan denga teknisi-teknisi ahli dan, bila tepat, memiliki teknisi ahli yang memandu perbaikan dari tempat yang jauh
2.6. Menulis dan melampirkan label pada perlengkapan yang rudak sesuai dengan prosedur organisasi
2.7. Mengetes aspek operasional dari perlengkapan yang sedang diperbaiki dan memastikan bahwa hal tersebut aman untuk digunakan setelah diperbaiki
2.8. Melengkapi dokumentasi sesuai dengan prosedur perusahaan dan menyediakan salinan untuk orang-orang yang relevan
BATASAN VARIABEL
Lingkungan di mana perlengkapan dapat dirawat atau diperbaiki, meliputi:
Di workshop/ bengkel
Di studio
Di dalam ruangan
Di luar ruangan
Di luar pemancar radio
Pagi hari
Malam hari
Di lokasi
Dokumen meliputi:
Hasil komputer
Tulisan manual
Dokumen yang dibaca dan diinterpretasikan meliputi:
Instruksi perlengkapan
Spesifikasi/ petunjuk pabrik
Catatan perawatan
Instruksi perawatan
Spesifikasi desain
Jadwal produksi
Dokumen yang dilengkapi meliputi:
4.1. Laporan kesalahan
4.2. Laporan kecelakaan
4.3. Laporan perawatan
4.4. Permintaan/ order perbaikan dan perawatan
4.5. Order persediaan
4.6. Laporan pengetesan
Orang yang terkait, meliputi:
5.1. Pengawas
5.2. Kepala bagian
5.3. Kepala teknisi pencahayaan
5.4. Pengarah fotografi
5.5. Pengarah
5.6. Produsen
5.7. Pengarah teknis
5.8. Staf teknis yang lain
5.9. Staf ahli yang lain
5.10. Perancang
5.11. Manajer fraksi
5.12. Tukang reparasi ahli
5.13. Komunitas tetua
5.14. Komunitas perwakilan
Perlengkapan meliputi:
Semua perlengkapan yang digunakan dalam industri film, televisi, radio dan multimedia
Barang habis terpakai meliputi:
7.1. Benda-benda
7.2. Pita
7.3. Minyak
7.4. Batere
Perawatan meliputi:
8.1. Pembersihan eksterior dan interior dari perlengkapan
8.2. Mengecek semua kabel dalam kondisi yang baik dengan isolasi yangutuh, bahwa kabel dalam kondisi bekerja dan bahwa steker atasnya benar-benar pas
8.3. Mengecek penguncian dan pengapit mekanis berada dalam kondisi yang baik
PANDUAN PENILAIAN :
1. Keterampilan dan Pengetahuan Pendukung
1.1. Beban tambahan harus meliputi fakta esensial pengetahuan dan keahlian pada bidang di bawah ini:
1.1.1. Kebutuhan perawatan biasa dan jadwal ruang lingkup perlengkapan yang digunakan
1.1.2. Tehnik membersihkan dan merawat perlengkapan dan agen pembersih
1.1.3. Membaca dan menginterpretasikan dokumentasi dan petunjuk pelayanan
1.1.4. Keahlian mendeteksi kesalahan
1.1.5. Melengkapi laporan perawatan dan laporan relevan lainnya
1.1.6. Perlengkapan khas dan kesalahan penggabungan kabel
1.1.7. Ketangkasan manual
1.1.8. Legislasi keselamatan tempat kerja dan legislasi keselamatan lainnya yang relevan
2. Konteks Penilaian
2.1. Beban tambahan dapat diambil dalam pekerjaan, di luar pekerjaan atau merupakan penggabungan dari keduanya. Bagaimana pun juga beban tambahan dari unit ini akan lebih efektif bila diambil dalam persyaratan lingkungan tempat kerja yang spesifik.
2.2. Beban tambahan di luar pekerjaan harus diambil dalam kedekatannya dengan keadaan lingkungan tempat kerja yang disimulasikan.
2.3. Metode beban tambahan harus meliputi observasi atas penampilan selama serangkaian demonstrasi praktis. Seperti telah dideskripsikan pada aspek kritis beban tambahan, beban tambahan dengan observasi langsung harus diambil dalam ruang lingkup keadaan sekitar melewati periode waktu guna mengumpulkan dan menghasilkan penampilan yang konsisten.
2.4. Ruang lingkup metode untuk menambah aplikasi dari esensial pengetahuan dasar harus mendukung hal ini dan meliputi:
2.4.1. Contoh pekerjaan atau aktifitas tempat kerja yang disimulasikan
2.4.2. Pertanyaan lisan/ wawancara
2.4.3. Proyek-proyek/ laporan
2.4.4. Laporan pihak ketiga dan hasil utama yang didapat
2.4.5. Laporan fakta
3. Aspek Penting Penilaian
3.1. Unit ini berkompeten diaplikasikan pada ruang lingkup sektor industri. Fokus dari beban tambahan akan tergantung pada sektor industri. Beban tambahan harus memenuhi kebutuhan dari sektor tertentu yang mana penampilannya akan ditambahkan. Beban tambahan harus diperujntukkan pada variabel keadaan sekitar yang terdafatar dalam ruang lingkup pernyataan variabel yang diaplikasikan pada konteks yang dipilih.
3.2. Karena unit ini memfokuskan pada perawatan dan perbaikan dari ruang lingkup yang luas atas perlengkapan, maka beban tambahan harus dipartikan memperhatikan ruang lingkup yang cukup atas tipe perawatan dan perbaikan.
3.3. Beban tambahan harus diambil dalam ruang lingkup keadaan sekitar dan kondisi yang dapat diaplikasikan pada perawatan dan perbaikan perlengkapan guna menentukan kompetensi.
3.4. Fakta di bawah ini kritis untuk menilai kompetensi unit ini:
3.4.1. Menginterpretasikan instruksi pabrik
3.4.2. Pengetahuan dan aplikasi pada legislasi lokal kesehatan, keselamatan dan keamanan tempat kerja
4. Kaitan dengan Unit-Unit Lain
4.1. Unit ini mempunyai hubungan dengan unit di bawah ini dan pemberian pelatihan dan/ atau beban tambahan dengan unit operasional atau teknis lainnya akan sangat tepat.
4.2. Ada implikasi sumber daya yang signifikan pada beban tambahan dari unit ini, seperti diindikasikan oleh ruang lingkup variabel pernyataan. Beban tambahan membutuhkan akses pada ruang lingkup perlengkapan yang terdaftar dalam variabel pernyataan, yang digunakan dalam industri film, televisi, radio dan multi media. Tempat kerja berdasarkan beban tambahan haruslah memenuhi ruang lingkup perlengkapan yang digunakan dalam lingkungan tempat kerja. Aktifitas tempat kerja yang disimulasikan harus diambil menggunakan ruang lingkup perlengkapan yang tepat yang sedang digunakan oleh industri film dan televisi.
No. KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI TINGKAT
1. Mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa informasi 2
2. Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi 2
3. Merencanakan dan mengorganisir aktifitas-aktifitas 2
4. Bekerja dengan orang lain dan kelompok 2
5. Menggunakan ide-ide dan teknik matematika 1
6. Memecahkan masalah 2
7. Menggunakan teknologi 3
Selengkapnya...
MENGIKUTI PROSEDUR KESEHATAN, KESELAMATAN, DAN KEAMANAN
DESKRIPSI UNIT : Unit ini mendeskripsikan ketrampilan dan pengetahuan yang harus dimiliki oleh semua orang di tempat kerja agar dapat bekerja dengan aman. Ini meliputi rangkaian konteks industri meliputi variasi kondisi dan bahaya yang berbeda.
ELEMEN
KOMPETENSI KRITERIA UNJUK KERJA
1. Mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan tempat kerja 1.1. Mematuhi prosedur kesehatan, keselamatan, dan keamanan dalam hubungannya dengan kebijakan organisasional legislasi relevan, kebutuhan asuransi dan rencana keselamatan dimana sesuai.
1.2. Identifikasi dan melaporkan pelanggaran kesehatan, kesselamatan, dan keamanan Identify and report breaches of health, safety and security procedures promptly
1.3. Bekerja degnan aman dan memastikan bahwa semua aktivitas kerja dilaksanakan dengan cara yang aman, dan tidak menimbulkan bahaya bagi rekan sekerja atau masyarakat
2. Menghadapi situasi darurat 2.3. Mengenali situasi darurat dan situasi yang potensial darurat, dan menentukan dan mengambil langkah yang harus dilakukan di dalam cakupan tanggung jawab pribadi
2.4. Mengikuti prosedur darurat dalam hubungannya dengan prosedur organisasi
2.5. Mencari bantuan dari kolega dan / atau yang berwenang bila sesuai
2.6. Melaporkan detail situasi darurat secara akurat sebagaimana diperlukan dalam hubungannya dengan kebijakan organisasi
3. Memelihara standar keselamatan pribadi 3.1. Menggunakan pakaian pengaman secara tepat, sepatu, dan peralatan perlindungan pribadi
3.2. Melakukan pengukuran untuk mencegah luka atau kerusakan yang berhubungan dengan aktivitas tempat kerja dan mengontrol bahaya tempat kerja
3.3. Melakukan semua penanganan manual dalam hubungannya degan persyaratan legal, kebijakan perusahaan, panduan keselamatan dan kesehatan nasional
3.4. Membantu dalam pemeliharaan lingkungan kerja dalam kondisi yang aman
4. Menyediakan umpan balik tentang kesehatan, keselamatan, dan keamanan 4.1. Identifikasi kesehatan yang berhubungan dengan pekerjaan dan isu keselamatan yang membutuhkan perhatian
4.2. Meningkatkan isu kesehatan dan keselamatan dengan orang yang didesain dalam kaitannya dengan persyaratan organisasi, dan legislasi
BATASAN VARIABEL
Prosedur kesehatan, keselamatan,dan keamanan dapat meliputi:
Darurat, kebakaran, dan kecelakaan
Identifikasi dan kontrol bahaya
Penggunaan pakaian pelindung pribadi dan peralatan
Duduk yang aman, megnangkat, dan penanganan
Keamanan dokumen, kas, peralatan, orang
Sistem kontrol kunci
Penggunaan peralatan listrik yang aman
Penggunaan bahan kimia dan bahan racun secara aman
Konstruksi pengaturan dan pendukung yang aman
Situasi darurat dapat meliputi:
Ancaman bom
Kecelakaan
Perampokan
Kebakaran
Penodongan
Banjir
Gempa bumi
Runtuhnya peralatan
Bahaya pekerjaan dapat meliputi:
Luka akibat penggunaan berlebihan dalam hal pekerjaan
Luka punggung
Kerusakan pendengaran
Stress
Kekuatiran penampilan
Listrik
Tingkat suara
Air dan zat kimia
Jatuh
Senjata / amunisi
Hewan
Implementasi efek khusus / pemain pengganti atau sekuen aksi
Cuaca yang tidak diinginkan, kondisi pencahayaan
Menyekam dan pekerjaan bawah air
4. Tindakan untuk mencegah luka atau kerusakan :
4.1. mengikuti semua prosedur keselamatan secara akurat
4.2. mengadopsi postur yang benar
4.3. mengambil istirahat secukupnya
4.4. mengontrol tingkat suara dan besarnya eksposur pada tingkat kebisingan yang tinggi.
4.5. Menggunakan perlengkapan pribadi yang melindungi, cth: penutup telinga
4.6. Menghindari tekanan mata
4.7. Penggunaan yang tepat akan bahan kimia dan peralatan / bahan berbahaya
4.8. Teknik manajemen stress
5. Tugas komunikasi lisan dapat berupa:
5.1. Berpartisipasi dalam pertemuan tim / secara rutin tentangkesehatan dan keselamatan dalam hal pekerjaan dan komite konsultatif keselamatan
5.2. Berpartisipasi dalam pelatihan internal / external
5.3. Program latihan tempat kerja
5.4. Memperbarui kegunaan perlengkapan perlindungan pribadi
5.5. Melaporkan insiden keselamatan dan kesehatan yang berhubungan dengan pekerjaan agar diawasi
5.6. Melaporkan bahaya dan risiko untuk diawasi
5.7. Melaporkan kelakuan yang mencurigakan kepada pengawas
5.8. Berpartisipasi dalam simulasi situasi dengan anggota tim dan pihak berwenang yang sesuai
5.9. Melaporkan detail keadaan darurat atau insiden (di mana, apa, siapa, dll)
5.10. Menggunakan radip dua arah / alat panggil / telepon / sistem komunikasi internal tempat kerja
6. Bahan untuk dibaca dan diinterpretasikan dapat berupa:
6.1. Manual operasi
6.2. Rencana kemamanan untuk produksi
6.3. Informasi keselamatan dan kesehatan yang berhubungan dengan pekerjaan pada lingkungan kerja
6.4. Selebaran lingkungan kerja
6.5. Agenda dan catatan tempat kerja dari pertemuan komite komsultatif keselamatan dan kesehatan yang berhubungan dengan pekerjaan di lingkungan kerja
6.6. Prosedur tempat kerja
6.7. MSDS
7. Tugas tertulis dapat berupa:
Memenuhi dokumen kecelakaan dan kejadian tempat kerja dan buku catatan asuransi
Tugas perhitungan meliputi :
Menggunakan peralatan pengukuran
Menentukan jumlah untuk mencampur larutan
PANDUAN PENILAIAN :
Keterampilan dan Pengetahuan Pendukung
1.1. Penilaian harus memasukkan pembuktian dari pengetahuan dan ketrampilan yang mendasar pada area berikut:
Pengetahuan tentang legislasi keamanan dan kesehatan yang berhubungan dengan pekerjaan yang relevan pada kondisi / daerah dan kode praktek
Pengetahuan persyaratan keamanan utama untuk tempat hiburan sebagaimana dipaparkan pada legislasi keselamatan dan kesehatan yang berhubungan dengan pekerjaan di negara bagian / wilayah
Penyebab utama kecelakaan tempat kerja yang relevan dengan lingkungan kerja
Pengetahuan akan bahaya yang timbul dalam tempat kerja
Aplikasi prosedur evakuasi darurat
Pengetahuan akan bahaya api, prosedur minimalisasi bahaya akan api dalam tempat kerja, dan kemampuan untuk menggunakan peralatan pemadam
Prosedur kesehatan organisasi keselamatan dan keamanan
Menyediakan umpan balik bagi prosedur
Simbol yang digunakan untuk tanda keamanan dan kesehatan yang berhubungan dengan pekerjaan
Mendesain personel yang bertanggung jawab untuk kersehatan dan keamanan yang berhubungan dengan pekerjaan
Pengetahuan akan laporan keselamatan dan sembarang laporan implementasi keselamatan, untuk menilai pekerjaan didalam sektor industri film dan televisi
Konteks Penilaian
Untuk menjamin komponen kontingensi manajemen kompetensi dinilai dengan memadai, pembuktian diperlukan dikumpulkan dari beragam situasi tempat kerja. Ketika menilai pekerja tingkat masukan, teknik yang memiliki toleransi terhadap pengalaman tempat kerja yang lebih sedikit harus dipilih. Teknik untuk penilaian dapat meliputi observasi, simulasi, studi kasus, wawancara, tes tertulis, proyek tempat kerja.
Unit ini harus dinilai menurut kombinasi tempat kerja dan penilaian di luar kerja. Konteks penilaian harus memastikan bahwa pembuktian yang berhubungan dengan komponen kontignensi manajemen harus dikumpulkan. Pembuktian harus meliputi observasi di dalam tempat kerja sebagaimana di luar kerja seperti wawancara, dan simulasi. Kondisi utuk simulasi harus secara akurat mensimulasikan beragam situasi di lingkungan kerja mengijinkan diskusi dan memiliki dokumen relevan yang tersedia.
Secara khusus, informasi yang berkaitan dengan prosedur darurat dan pengaturan partisipatif dapat dikumpulkan melalui simulasi.
Aspek Penting Penilaian
Kompetensi untuk ini diaplikasikan kepada sejumlah sektor industri. fokus penilaian akan tergantung pada sektor industri. Penilaian harus disesuaikan agar dapat memenuhi kebutuhan sektor tertentu dimana penampilannya sedang dinilai. Penilaian hanya harus ditujukan pada situasi variabel tersebut, terdaftar di dalam beragam pernyataan variabel, yang diaplikasikan pada konteks terpilih.
Pembuktian berikut kritis bagi penilaian komeptensi unit ini:
Pengetahuan tentang legislasi dan prosedur kesehatan dan keamanan yang berhubungan dengan pekerjaan
Kemampuan untuk bekerja dengan aman
Kemampuan untuk mendemonstrasikan prosedur darurat
Kaitan dengan Unit – Unit Lain
Unit ini mendasari penampilan yang efektif di dalam beragam unit lain dan direkomendasikan supaya unit ini dinilai bersamaan dan tidak berdiri sendiri
No. KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI TINGKAT
1. Mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa informasi 2
2. Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi 2
3. Merencanakan dan mengorganisir aktifitas-aktifitas 2
4. Bekerja dengan orang lain dan kelompok 2
5. Menggunakan ide-ide dan teknik matematika 1
6. Memecahkan masalah 2
7. Menggunakan teknologi 2
Selengkapnya...