DESKRIPSI UNIT : Unit ini mendeskripsikan ketrampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk melindungi kreatifitas kerja dan kemampuan dari pengguna yang tidak diberi wewenang
ELEMEN
KOMPETENSI KRITERIA UNJUK KERJA
Pastikan bahwa proteksi hak cipta pada kreatifitas kerja atau kemampuan itu adalah sesuai secara local atau internasional Lakukan semua prosedur yang diperlukan untuk memastikan bahwa materi yang dibuat itu dilindungi hukum secara lokal dan internasional terhadap tindakan pelanggaran hukum baik pekerjaan reprodusi keseluruhan produk maupun sebagian yang tidak memiliki hak cipta.
1.1.1. Media cetak atau rekam
1.1.2. Dalam liputan langsung
1.1.3. Pada media televisi, kabel transmisi atau media on-line
1.1.4. Dalam berbagai media untuk iklan atau layar untuk tujuan-tujuan lain
Melakukan semua prosedur yang diperlukan untuk memastikan bahwa pekerjaan itu dilindungi hukum secara local dan internasional terhadap peniruan kerja baik lewat media cetak, tayangan langsung atau pada media lainnya.
Melakukan riset dan/atau berupaya mendapatkan kekuatan hukum yang terpercaya dimana perlu untuk meyakinkan bahwa hak artis/ hak kepemilikan copyright adalah dilindungi.
Memberikan copyright untuk kreatifitas kerja atau para pelaku kerja Melakukakan strategi perencanaan negosiasi kesepakatan atas kerja/kemampuan dengan memahami perbedaan antara pemberian copyright dan lisensi.
Memberi copyright bagi komposer dan/pelaku kerja dimana mereka para artis itu menyadari semua implikasinya.
Memastikan dan menyetujui semua pihak baik artis maupun penerbit boleh mengontrol penggunaan dan ekploitasi kerja atas dasar pemberian copyright.
Memastikan bahwa syarat-syarat pemberian copyright ditulis cermat dalam suatu kontrak formal yang berbadan hukum yang diperlukan, dan dimengerti dan ditanda tangani oleh semua pihak yang terkait.
Hak lisensi atas karya kreatif dan kemampuan Memastikan dan menyetujui wilayah kerja dimana hak lisensi boleh dijalankan oleh semua pihak yang terkait.
Memastikan dan menyetujui jangka waktu lisensi dengan semua pihak yang terkait.
Memastikan dan menyetujui persyaratan eksplotasi kerja/lisensi dengan semua pihak terkait.
Meyakinkan bahwa kontrol kerja kreatif, termasuk pada tingkat apa dan bagaimana kerja itu dicipta ulang, dikonfirmasi dan disetujui oleh semua pihak yang terkait.
Meyakinkan bahwa pembayaran dinegosiasikan apakah berupa pembayaran seketika, royalty, atau kombinasi keduanya, sesuai dengan kontek kesepakatan
Yakinkan bahwa tanggung jawab penegakan hukum atas pelanggaran copyright dikonfirmasi dan disetujui.
Yakinkan bahwa semua syarat kesepakatan ditulis dengan akurat, dikonfirmasi dan ditanda tangani oleh semua pihak yang terkait.
Penuhi semua syarat persetujuan copyright Menjaga dokumen-dokumen yang terkait dengan persetujuan copyright agar aman dan dapat diambil dengan mudah bila diperlukan.
Menjalankan semua tanggung jawab untuk memastikan terpenuhinya persyaratan persetujuan copyright pada saat diperlukan
BATASAN VARIABEL
Pihak terkait mencakup:
Para artis
Industri dan para manajer artis
Para agen
Pihak penegak hukum
Copyright boleh di tetapkan untuk:
Musik yang disajikan dalam segala media dan format
Karya seni
Fotografi
Penerbang
Lingkup rekaman
Orisinalitas bahan
Pertunjukan
Skrip
Skor film
Copyright boleh melibatkan:
Kepemilikan bahan
Syarat lisensi atau penugasan
Jangka waktu pengontrolan setelah masa berlakunya habis
Pemicu eksploitasi pemulihan
Bukan pemicu eksploitasi pemulihan
Persyaratan meliputi:
Tenggang waktu dimana bahan boleh dieksploitasi
Wilayah mencakup:
Daerah dimana hak lisensi itu dapat atau tidak dapat dijalankan
Lisensi berlaku untuk penggunaan karya:
Pertunjukan kemampuan
Film/video
Multimedia
Periklanan
Penyiaran
Pengawasan kreatifitas mencakup:
Cara dimana karya itu di eksploitasi
Pemilihan bahan
Pemilihan producer
Hak persetujuan untuk pemberian lisensi bagian atau penugasan
PANDUAN PENILAIAN :
Ketrampilan dan Pengetahuan Pendukung
Penilaian harus mencakup pembuktian pengetahuan dan ketrampilan berikut:
Keabsahan copyright
Perbedaan antara hak pelaku kerja, hak mekanis dan sinkronisasi
Perbedaan antara copyright untuk komposisi, rekaman suara dan edisi penerbitan
Syarat-syarat yang diperlukan atas keberadaan komposisi dan rekaman suara.
Prosedur yang diperlukan untuk pembuktian kepemilikan karya komposisi itu.
Perbedaan antara penugasan dan pemberian lisensi copyright
Fungsi pengorganisasian seperti:
Copyright internasional dan kelompok masyarakat
Komunikasi untuk mencapai konsensus
Komunikasi untuk mencapai persetujuan pengeluaran
Memahami kebutuhan dari semua pihak yang terkait
Mengerti hak-hak dari semua pihak yang terkait
Konteks Penilaian
Penilaian diluar kerja harus dilakukan dalam lingkungan kerja yang disimulasikan mendekati tempat kerja. Penilaian dapat diberikan pada pekerjaan, diluar pekerjaan atau gabungan keduanya. Tetapi penilaian unit ini akan paling efektif dilakukan pada pekerjaan karena persyaratan lingkungan tempat kerja tertentu.
Penilaian dapat menggabungkan serangkaian metode-metode untuk menilai kemampuan dan penerapan pengetahuan pendukung utama, dan mungkin meliputi:
Studi kasus dan scenario sebagai dasar diskusi penerbitan copyright
Contoh kerja atau kegiatan di tempat kerja yang disimulasikan
Simulasi latihan menyelesaikan masalah
Pertanyaan lesan atas penerbitan copyright
Proyek/laporan/buku catatan kemajuan
Laporan pihak ketiga dan prestasi otentik sebelumnya
Contoh otentik kerja yang terkait dengan penanganan copyright
Bukti penilaian
Penilaian harus terjadi dalam jangka waktu agar dapat menentukan kompetensi pada penerapan langsung dan memantau aspek-aspek unit ini. Penilaian seharusnya meyakinkan bahwa serangkaian tugas sudah cukup terpenuhi.
Penilaian harus terjadi dalam jangka waktu agar dapat menentukan kompetensi pada penerapan langsung dan memantau aspek-aspek unit ini. Penilaian seharusnya meyakinkan bahwa serangkaian tugas sudah cukup terpenuhi.
Aspek Penting Penilaian
Pembuktian berikut ini penting untuk penilaian kompetensi dalam unit ini:
Kemampuan melakukan riset langsung dan/atau mencari bantuan yang sesuai ketika diperlukan untuk menangari copyright
Mengerti peran organisasi yang sesuai dengan hukum dan bisnis copyright
Keterkaitan dengan unit-unit lain
Unit ini memiliki keterkaitan kuat dengan unit-unit berikut dan penyampaian pelatihan gabungan dan/atau penilaian direkomendasikan pada:
CUSADM09A Pengajuan persyaratan hukum dan administrasi
CUSGEN04A Ikut serta dalam bernegosiasi
No. KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI TINGKAT
1. Mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa informasi 2
2. Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi 2
3. Merencanakan dan mengorganisir aktifitas-aktifitas 2
4. Bekerja dengan orang lain dan kelompok 3
5. Menggunakan ide-ide dan teknik matematika 1
6. Memecahkan masalah 2
7. Menggunakan teknologi 2
Selengkapnya...
Sabtu, Februari 28, 2015
MENYAMPAIKAN COPYRIGHT
MENYIAPKAN SUATU PROPOSAL
DESKRIPSI UNIT : Unit ini mendeskripsikan ketrampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk mempersiapkan proposal, tender formal atau dokumen permohonan suatu proyek industri.
ELEMEN
KOMPETENSI KRITERIA UNJUK KERJA
1. Analisis syarat-syarat proyek Identifikasi proyek/syarat-syarat klien
Identifikasi kriteria dan spesifikasi untuk memastikan bahwa proposal /tender itu sesuai dengan spesifikasi
2. Menentukan ketrampilan yang sesuai dengan persayaratan laporan. 2.1. Identifikasi sumber-sumber tenaga kerja dan peralatan yang diperlukan untuk memenuhi syarat-syarat proposal/tender.
2.2. Menentukan ketrampilan yang sesuai dengan persyaratan dalam bentuk konsultasi dengan orang yang sesuai.
3. Estimasi biaya dan sumber-sumber yang ada 3.1. Menentukan biaya dan ada tidaknya tenaga, peralatan yang harus disewa atau dibeli.
3.2. Mengembangkan rincian biaya yang mencakup semua aspek kerja yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek itu.
3.3. Bila ada bidang-bidang yang secara singkat tidak jelas, merundingkan bidang –bidang itu dengan klien.
3.4. Menyediakan kemungkinan-kemungkinan kerja berdasarkan pada kenyataan di industri dan pengalaman masa lalu.
4. Menyiapkan proposal atau permohonan tender 4.1. Menyiapkan proposal/dokumen tender termasuk rincian spefikasi kerja yang harus dikerjakan dan rincian pembiayaan.
4.2. Menyatakan semua informasi dengan jelas dan akurat dan memastikan bahwa informasi itu relevan.
4.3. Mendiskusikan proposal /tender itu dengan kolega yang sesuai dan para ahli, untuk mendapatkan umpan balik.
4.4. Mempersiapkan dan menyerahkan proposal/tender itu ke klien sebelum tanggal yang diminta.
4.5. Mengevaluasi proposal/tenter pada bagian persyaratan-persyaratan.
5. Menyajikan permohonan itu bilamana diperlukan 5.1. Menyajikan proposal/tender itu secara professional dan efektif.
5.2. Menjelaskan keuntungan dan karakter-karakter kreatif dari proposal atau tender itu.
6. Berusaha meraih kepastian persetujuan bilamana perlu 6.1. Memastikan persetujuan proposal dan tender itu dalam bentuk tertulis tanpa penundaan.
6.2. Memastikan bahwa semua amandemen didokumentasikan dengan jelas.
BATASAN VARIABEL
Sumber tenaga manusia dan peralatan mungkin beragam dari satu sektor industri ke industri lain dan mungkin mencakup:
Kamera, film/tape, perlengkapan, penyangga kamera, kostum
Komputer, software
Peralatan sound dan rekam
Peralatan musik
Tenaga manusia trampil, tehnik artistik dan managemen
Akomodasi, tempat
Ruang perkantoran, penyediaan dan peralatan
Sumber lain yang terkait dengan proyek.
Rincian biaya meliputi:
Peralatan
Tenaga kerja
Penyedian barang yang dapat dikonsumsi
Kemungkinan-kemungkinan itu meliputi:
Cuaca
Kesulitan teknis
Pertimbangan hubungan industri
Sakit/kecelakaan/kejadian-kejadian
Hal-hal lain yang terkait dengan sektor
Tenaga kerja yang relevan meliputi:
Designer produksi
Pelaksana
Staf produksi
Pembimbing
Ketua jurusan
Direktor
Producer
Direktor teknis
Staf teknis lainnya
Staf khusus lainnya
Para designer
Manager studio
PANDUAN PENILAIAN :
Ketrampilan dan Pengetahuan Pendukung
Penilaian harus mencakup pembuktian berdasarkan pengetahuan dasar dan ketrampilan dalam bidang-bidang berikut:
Hubungan komunikasi, meliputi koordinasi, layanan konsumen, negosiasi , laporan tertulis .
Konsultasi, meliputi konsultasi dengan tenaga kerja manusia, mendengarkan, menanyakan, meminta umpan balik, memberi informasi.
Pengamatan
Manajemen projek
Pengetahuan menyeluruh sektor industri
Pemahaman dokumen secara akurat
Format penyajian proposal/tender efektif yang tepat
Konteks Penilaian
Penilaian mungkin terjadi pada pekerjaan, atau diluar pekerjaan atau suatu kombinasi dari keduanya. Penilaian diluar pekerjaan harus dilaksanakan dalam suatu lingkungan kerja yang disimulasikan mendekati pekerjaan yang semestinya.
2.2.1. Penilaian mungkin menggabungkan serangkaian metode untuk menilai kemampuan dan penerapan pengetahuan pendukung penting, dan mungkin mencakup:
2.2.2. Demontrasi praktis (pengamatan langsung harus terjadi lebih dari sekali untuk menentukan konsistensi kemampuan)
2.2.3. Studi kasus
2.2.4. Contoh-contoh kerja atau kegiatan-kegiatan simulasi kerja
2.2.5. Menanyakan secara lesan/interview
2.2.6. Proyek/laporan/buku catatan kemajuan
2.2.7. Laporan pihak ketiga dan prestasi otentik sebelumnya
2.2.8. Bukti penilaian
Aspek Penting Penilaian
Unit kompetensi ini menerapkan serangkaian sektor-sektor. Fokus penilaian akan tergantung pada sektor industri. Penilaian harus dibuat untuk memenuhi kebutuhan sektor tertentu dimana kemampuan tertentu sedang dinilai. Penilaian ini sebaiknya tidak hanya ditujukan pada variabel-variabel , yang terkait dengan serangkaian variabel pernyataan, yang diterapkan pada kontek yang dipilih.
Pembuktian berikut ini adalah penting dalam menentukan kompetensi pada unit ini:
Suatu proposal/tender produksi yang efektif, lengkap, dan disajikan dengan baik yang memenuhi semua spesifikasi laporan;
Proses pekerjaan yang sesuai untuk pengembangan proposal atau tender.
Kaitan dengan Unit-Unit Lain
Syarat-syarat sumber tenaga personil
Lokasi kerja yang didasarkan pada penilaian seharusnya berdasakan pada akses informasi yang diperlukan untuk pengembangan proposal/tender yang efektif untuk lokasi kerja tertentu itu.
No. KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI TINGKAT
1. Mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa informasi 3
2. Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi 2
3. Merencanakan dan mengorganisir aktifitas-aktifitas 2
4. Bekerja dengan orang lain dan kelompok 3
5. Menggunakan ide-ide dan teknik matematika 1
6. Memecahkan masalah 2
7. Menggunakan teknologi 2
Selengkapnya...
MENGENAL PENCAHAYAAN
Salah satu unsur penting dalam pementasan teater adalah tata cahaya atau lighting. Lighting adalah penataan peralatan pencahayaan, dalam hal ini adalah untuk menerangi panggung untuk mendukung sebuah pementasan. Sebab, tanpa adanya cahaya, maka pementasan tidak akan terlihat. Secara umum itulah fungsi dari tata cahaya. Dalam teater, lighting terbagi menjadi dua yaitu:
- Lighting sebagai penerangan. Yaitu fungsi lighting yang hanya sebatas menerangi panggung beserta unsur-unsurnya serta pementasan dapat terlihat.
- Lighting sebagai pencahayaan. Yaitu fungsi lighting sebagai unsur artisitik pementasan. Yang satu ini, bermanfaat untuk membentuk dan mendukung suasana sesuai dengan tuntutan naskah.
Dalam tata cahaya ada beberapa unsur penting yang harus diperhatikan, antara lain :
- Tersedianya peralatan dan perlengkapan. Yaitu tersedianya cukup lampu, kabel, holder dan beberapa peralatan yang berhubungan dengan lighting dan listrik. Tidak ada standard yang pasti seberapa banyak perlengkapan tersebut, semuanya bergantung dari kebutuhan naskah yang akan dipentaskan.
- Tata letak dan titik fokus. Tata letak adalah penempatan lampu sedangkan titik fokus adalah daerah jatuhnya cahaya. Pada umumnya, penempatan lampu dalam pementasan adalah di atas dan dari arah depan panggung, sehingga titik fokus tepat berada di daerah panggung. Dalam teorinya, sudut penempatan dan titk fokus yang paling efektif adalah 450 di atas panggung. Namun semuanya itu sekali lagi bergantung dari kebutuhan naskah. Teori lain mengatakan idealnya, lighiting dalam sebuah pementasan (apapun jenis pementasan itu) tatacahaya harus menerangi setiap bagian dari panggung, yaitu dari arah depan, dan belakang, atas dan bawah, kiri dan kanan, serta bagian tengah.
- Keseimbangan warna. Maksudnya adalah keserasian penggunaan warna cahaya yang dibutuhkan. Hal ini berarti, lightingman harus memiliki pengetahuan tentang warna.
- Penguasaan alat dan perlengkapan. Artinya lightingman harus memiliki pemahaman mengenai sifat karakter cahaya dari perlengkapan tata cahaya. Tata cahaya sangat berhubungan dengan listrik, maka anda harus berhati-hati jika sedang bertugas menjadi light setter atau penata cahaya.
- Pemahaman naskah. Artinya lightingman harus paham mengenai naskah yang akan dipentaskan. Selain itu, juga harus memahami maksud dan jalan pikiran sutradara sebagai ‘penguasa tertinggi’ dalam pementasan.
Studi utama dari penataan cahaya adalah alam beserta seluruh isinya. Karena penataan cahaya di atas pentas adalah peniruan dari apa yang terjadi di alam semesta raya ini. Dari sumber cahayanya, cahaya dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:
1. Cahaya langsung
Cahaya yang berasal dari matahari dengan segala pantulannya.
2. Cahaya Tak Langsung
Cahaya yang berasal dari bulan dengan segala macam pantulannya. Selengkapnya...
STORYBOARD