Selamat Datang di Blog Moko Yuliatmoko

Jumat, Januari 06, 2017

Kerja Proyek Multimedia

 
Proyek multimedia adalah proyek yang melibatkan obyek multimedia di dalamnya, yaitu teks, image, animasi, suara, video dan interaktivitas. Proyek multimedia menghasilkan informasi yang menggunakan berbagai cara untuk menyajikannya.

Kebanyakan proyek multimedia dikerjakan dalam beberapa tahap. Beberapa tahap harus terlebih dahulu diselesaikan sebelum memulai tahap, yang lain, dan beberapa tahap ada yang dapat dihilangkan atau dikombinasikan.

Berikut adalah beberapa tahap dalam suatu proyek multimedia.


1. Analisis
Pada bagian ini kita memilah, menguraikan materi atau informasi sehingga lebih mudah dipahami, diantaranya:
  • Analisis kebutuhan - tentang apa yang dibutuhkan oleh pasar dan bagaimana hasil produk kita berkembang di pasaran
  • Analisis biaya - seberapa biaya yang akan kita keluarkan
  • Analisis konten - lebih kepada isi yang dalam proyek kita
  • Analisis Teknologi yang akan digunakan
Setelah tahap analisis selesai maka selanjutnya dimasukkan kedalam laporan, laporan ini bertujuan untuk mencatat kegiatan apa saja yang sudah dilakukan dalam pembuatan proyek ini

2. Pretesting
Tahap ini sangat penting karena kita akan menentukan tujuan apa yang akan kita capai, tentukan tujuan proyek, kebutuhan, kerangka dan daftar isi proyek kita, dan lebih baik lagi jika sampai ke membuat prosposal proyek multimedia tersebut

3. Prototype Development
Merupakan rancangan tampilan/layar, pengembangan isi (kembangkan cerita) sehingga lebih menarik lalu nanti kita lihat hasil sementara dari yang kita kerjakan.

4. Alpha Development (membangun proyek tahap 1)
Nah pada bagian ini storyboard dan flowchart serta konten sudah detail, misal menu tombol pada bahan ajar interaktif (web content), audio yang digunakan, animasi yang akan dipakai sudah jelas.
Jika sudah selesai tentunya kita masukan dalam laporan.


5. Beta Development
Pada bagian ini kita sudah memiliki proyek yang sudah jadi, lalu ujicoba produk tersebut, selain kita tentu saja dengan beberapa orang yang lain. Apa keuntungan dengan ujicoba tersebut?? dengan ujicoba ini kita bisa menemukan bug/error/kekurangan yang nantinya dapat kita revisi kembali

Jangan lupa ketika proyek kita selesai kita harus memiliki sebuah backup-produk, sehingga kita sudah mengantisipasi jika nantinya ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

6. Delivery
Siapkan orang-orang yang akan mempromosikan produk kita, lewat media apa dan kepada siapa.

Seperti inilah kira-kira yang ada dilapangan kerja, agar kita dapat bersaing di lapangan kerja tentu kita harus punya kemampuan yang lebih baik dari orang lainnya..
 


0 komentar:

Posting Komentar