Selamat Datang di Blog Moko Yuliatmoko

Jumat, Mei 10, 2013

Agar Kopi Tetap Segar dan Enak Saat Diseduh Simpan dengan Cara Tepat

Membuat kopi sendiri di rumah memang lebih ekonomis. Agar terjaga kesegarannya, kopi juga perlu perlakukan khusus saat disimpan. Pasalnya, tahapan ini juga sangat mempengaruhi cita rasa seduhan air kopi.
Secangkir kopi nikmat memang dihasilkan lewat proses panjang. Salah satunya adalah tahap penyimpanan yang benar. Sebelum membeli dan menyimpan kopi, sebaiknya perhatikan beberapa metode ini, seperti direkomen-dasikan National Coffee Association USA dan juga situs Coffee AM.
1   Beli biji kopi utuh
Jika tak ingin dikonsumsi sekaligus, membeli biji kopi utuh jadi pilihan terbaik. Pasalnya, kopi yang telah digiling dan disimpan bisa mempengaruhi kualitas kopi dan membuatnya mudah terpapar udara. Untuk mendapat kualitas terbaik, pilih biji kopi utuh, dan baru digiling tepat sebelum digunakan atau diolah.
2.     Wadah kedap udara
Kopi berkualitas memiliki beberapa musuh utama, antara lain kelembaban, suhu yang panas, juga cahaya yang berlebihan. Untuk mempertahankan kesegarannya, kopi bisa disimpan di dalam wadah kedap udara dan diletakkan dalam ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Hindari menyimpan kopi di dalam wadah transparan, karena bisa menurunkan kesegaran dan kualitasnya.
3.     Perhatikan suhu ruang
National Coffee AssociationUSA menyarankan untuk betul-betul memperhatikan suhunya. Hindari meletakkan kopi di dekat kompor yang bersuhu tinggi ataupun terkena sinar matahari langsung.
4.     Menyimpan kopi bubuk
Kopi bubuk yang baru digiling sebaiknya dibeli secukupnya saja dan tak terlalu lama disimpan. Pasalnya, setelah melewati proses penggilingan, kualitas kopi akan menurun. Namun jika harus disimpan, bisa dengan cara membaginya dalam wadah-wadah yang lebih kecil dan kedap udara untuk meminimalisir paparan udara dan digunakan secara lebih efisien.
5.     Membekukan kopi
Langkah ini memang tak disarankan karena bisa menurunkan kualitas kopi. Namun, jika ditaruh dalam freezer bisa memperpanjang umur simpannya. Tetapi kopi hanya bisa diletakkan satu kali di dalam freezer. Usai kemasan dibuka, tidak direkomendasikan untuk menyimpannya kembali di dalam freezer, dan sebaiknya cepat dihabiskan.



0 komentar:

Posting Komentar