Keberhasilan manajer memimpin organisasi antara lain karena adanya
dukungan kerja tim yang efektif. Kerja tim adalah sinerji. Artinya,
bekerja bersama-sama hasilnya lebih besar daripada bekerja
sendiri-sendiri. Sinerji seperti sapu lidi. Artinya, lebih kuat
bersama-sama daripada sendiri-sendiri. Sinerji merupakan hasil dari
koordinasi kegiatan-kegiatan tim Hunsaker, 2001).
Tim ialah kelompok dengan keterampilan yang saling melengkapi dan
berkomitmen untuk mecapai tujuan bersama secara efektif dan efisien
(Hunsaker,2001). Kerja tim ialah kerja berkelompok dengan keterampilan
yang saling melengkapi untuk mencapai tujuan bersama secara efektif dan
efisien.
Manfaat Kerja Tim, antara lain
1) Pekerjaan menjadi lebih ringan
karena dilakukan bersama,
2) Dapat menimbulkan semangat kebersamaan.
3)
Lebih efektif dan efisien dibandingkan dikerjakan sendiri-sendiri.
4)
Kinerja organisasi lebih meningkat.
Adapun Tahapan Pembentukan Tim, antara lain:
1) Forming: kesadaran
akan komitmen bersama untuk membentuk tim dan penerimaan menjadi
anggota tim.
2) Stoming : Muncul badai berupa konflik tentang
klarifikasi dan kepemilikan.
3) Norming : Ada usaha untuk bekerja sama
berupa keterlibatan dan dukungan membuat dan mematuhi norma-norma
baru.
4) Performing: Meningkatkan produktivitas kerja berupa target
pencapaian kinerja dan rasa bangga.
5) Andjouring: Berpisah memberikan
pengakuan dan kepuasan (Hunsaker, 2001)
Sedangkan Karakteristik Kerja Timyang Efektif yaitu:
1)Misi tim TAS
jelas;
2)Suasana informal;
3)Banyak berdiskusi; 4)Banyak mendengar
(Pendengar yang aktif);
5)Kepercayaan dan keterbukaan.;
6)Menerima
perbedaan pendapat (saling menghargai);
7)Kritis terhadap isu-isu tim
TAS, dan tidak bersifat pribadi
8)Konsensus adalah salah satu norma tim TAS;
9)Kepemimpinan efektif;
10)Jelas dalam penilaian
11)Mengabungkan nilai dan norma;
12)Komitmen (Manning & Curtis, 2003).
Teknik Meningkatkan Kinerja Kerja Tim dapat dilakukan, antara lain:
1) Penilaian kinerja berdasarkan standar kinerja yang telah ditetapkan;
2) Memberikan motivasi berkinerja tinggi
3) Memberi kesempatan mengikuti pelatihan yang relevan;
4)
Merundingkan masalah kinerja dan cara mengatasinya;
5) Menyepakati
tindakan yang akan dilakukan;
6) Memantau dan menilai terus menerus
kegiatan staf;
7) Memberi umpan balik jika diperlukan;
8) Memberi
penghargan yang adil dan wajar sesuai kinerja; Dapat juga menggunakan
singkatan TEAMWORK lihat modul Administrasi Humas.
Contoh Kerja Tim, misalnya: Tim Olah raga, Kelompok Kerja (Pokja),
Gugus Kendali Mutu (GKM), Tim Pengajar, Tim Teknisi, dan Tim Penjaminan
Mutu.
Ringkasan
Keberhasilan manajer memimpin organisasi antara lain karena adanya
dukungan kerja tim yang efektif. Kerja tim adalah sinerji. Kerja tim
ialah kerja berkelompok dengan keterampilan yang saling melengkapi untuk
mencapai tujuan bersama secara efektif dan efisien. . Manfaat Kerja Tim
adalah untuk meningkatkan kebersamaan dan kinerja organisasi. Tahapan
Pembentukan Tim adalah forming, storming, norming, performing, and
adjourning Ada 12 karaketeristik tim kerja yang efektif. Prinsip kerja
tim disingkat TEAMWORK.
0 komentar:
Posting Komentar