Selamat Datang di Blog Moko Yuliatmoko

Rabu, Oktober 14, 2020

Menginstalasi Driver Perangkat Keras Komputer



Macam-macam driver komputer

Berdasarkan kegunaannya, driver dibedakan menjadi 9 macam yaitu :

  1. Driver audio (Sound Card): Komponen ini berhubungan dengan audio atau suara pada komputer.
  2. Driver BIOS: Komponen ini berhubungan dengan motherboard didalam komputer.
  3. Driver Chipset: Komponen ini berhubungan dengan komponen chip/processor pada motherboard.
  4. Driver Graphics (VGA): Komponen ini berhubungan dengan visual atau grapich (GPU) pada tampilan monitor komputer.
  5. Driver Keyboard: Komponen ini berhubungan dengan kinerja keyboard.
  6. Driver Mouse: Komponen ini berhubungan dengan mouse atau track pad.
  7. Driver Storage (harddisk): Komponen ini berhubungan dengan alat penyimpan data seperti harddisk.
  8. Driver Webcam: Komponen ini berhubungan dengan kamera web.
  9. Driver Network (wifi, Land Card, Bluethoot): Komponen ini berhubungan dengan koneksi ke internet.

Bagaimana Cara Instalasi driver pada komputer atau laptop?

Dalam menginstal driver, biasanya kebanyakan orang bisa mendapatkannya secara langsung DVD driver saat pembelian hardware, atau dari situs vendor ataupun melalui Windows Update.

ada beberapa opsi untuk instalasi driver pada komputer atau laptop, opsi yang mudahnya yaitu menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti Driver Pack Solution atau Menggunakan DriverEasy, atau aplikasi yang lain yang sejenis

Cara Instalasi Driver Pada Komputer

a.      Menginstal driver secara manual

 Pertama buka Device Manager lalu pilihlah device yang ingin di update. Misalnya, disini mengupdate driver Camera bawaan laptop, klik kanan lalu pilih Update Drive Software.


 

Kemudian akan diberikan pilihan dengan cara apa ingin meng-update driver. Men-download dan menginstal driver secara online, cara menginstalnya secara manual, maka pilih opsi kedua yaitu Browse my computer for driver software.

 



Pilih opsi Let me pick a list of device drivers on my computer untuk mencari driver yang build-in dengan Windows dan sudah kompatibel dengan perangkat. 

 

Pastikan opsi Show compatible devie sudah tercentang. Dengan begitu akan muncul pilihan driver yang build-in dengan Windows dan direkomendasikan, yang ditandai dengan digitaly signed, artinya driver tersebut original dan tidak menimbulkan masalah pada device. Jika sudah klik Next.

 


 

Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi driver selesai. Jika sudah maka bisa menutup jendela wizard dan device manager.

 




b.      Menggunakan Driver Pack

Driver pack merupakan kumpulan beberapa driver berbagai tipe jenis motherboard atau main board yang di paketkan menjadi satu. Langkah pertama, jika driver pack berupa file ISO, maka ekstrak dahulu, kemudian setelah di ekstrak klik kanan pilih "Run as administrator". Langkah selanjutnya, akan muncul tab jendela update jika driver pack yang anda punya sudah tidak update lagi, maka klik "Cancel".

 

 

Tunggu beberapa saat Kemudian, klik "Expert Mode" untuk memberikan tanda setuju (centang) seperti gambar dibawah ini.

 


 

Setelah estrak mode di conteng, maka akan muncul semua driver yang akan di instal pada komputer, ditampilkan driver yang tidak ditemukan. Selanjutnya, klik "Select All" untuk memulai pemilihan semua driver yang dapat dibaca oleh sistem aplikasi driverpack solutions ini.





 

Pada langkah selanjutnya, pilih "Install" untuk memulai instalasi

 

 

Setelah semua driver terbaca dan terinstal, maka akan muncul tab jendela baru, kemudian Anda dimintai untuk me-restart komputer, maka restart komputer dengan cara klik "Ok". Selesai tahap pengintalan, sebaiknya digunakan software original





 

0 komentar:

Posting Komentar