Selamat Datang di Blog Moko Yuliatmoko

Minggu, November 09, 2008

3G tergeser WiMAX

Worldwide Interoperability for Microwave Access atau lebih dikenal dengan sebutan WiMAX diprediksi kedepan akan dapat mengalahkan teknologi 3G. Menmgapa? karena di lihat dari sisi investasi, harganya hanya 10% dibandingkan dengan membangun 3G, tetapi menghasilkan kecepatan 2 kali lipat lebih cepat dibandingkan 3G. Tentunya akan dapat memberikan harga yang murah bagi penggunanya.


Ada dua jenis layanan WiMAX yaitu Fixed/Nomadic dan Mobile. Untuk WiMAX fixed yang sudah di atur menggunakan standar IEEE 802.16d, dapat dimanfaatkan untuk akses internet/data yang perpindahan penggunanya jarang atau kalau berpindah masih dalam kecepatan yang rendah.


Sedangkan sebagai teknologi yang diprediksi akan menggeser 3G menggunakan WiMAX mobile, layaknya layanan seluler. Untuk standard WiMAX mobile masih dalam finalisasi yaitu IEEE 802.16e

Implementasi Mobile WiMAX sendiri, saat ini baru uji coba dan akan commercial launching di Korea dengan brand WiBRO. Bagaimana di Indonesia?, nampaknya kita akan mengimplementasikan untuk WiMAX Fixed terlebih dahulu. Direncanakan tahun depan sudah digelar di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar