Selamat Datang di Blog Moko Yuliatmoko

Rabu, Februari 27, 2013

Storyboard

Apa yang dimaksud dengan Story board?

Storyboard
Adalah kolom teks, audio dan visualisasi dengan keterangan mengenai content dan visualisasi yang digunakan untuk produksi sebuah course. Derajat storyboard bisa berbeda karena ada berbagai tahap yang harus dilalui sesuai tujuan pembuatan story board tersebut.

Storyboard merupakan konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media untuk menyampaikan pesan dan gagasan secara visual, termasuk audio dengan mengolah elemen desain grafis berupa bentuk dan gambar, huruf dan warna, serta tata letaknya, sehingga pesan dan gagasan dapat diterima oleh sasarannya. Storyboard juga tidak terbatas hanya pada pembuatan iklan saja karena produksi game, cd multimedia dan elearningpun menggunakan story board.


cara membuat storyboard

  1. catat poin-poin penting ide dan konsep di bawah frame storyboard
  2. storyboard anda harus menguraikan semua langkah-langkah utama yang diperlukan untuk menyelesaikan tujuan dari cerita itu.
  3. membuat seketsa untuk setiap frame
  4. presentasikan storyboard anda
Tujuan storyboard
Sebagai panduan bagi orang-orang yang terlibat didalamnya, mulai dari sutradara,  menulis cerita, lighting, dan kameramen Memungkinkan seorang pembuat film untuk memprevisualisasikan ide-idenya Sebagai Alat untuk mengkomunikasi ide kesuluruhan film Menjelaskan tentang alur narasi dari sebuah cerita Berperan dalam pewaktuan (timing) pada sequence, percobaan-percobaan dengan sudut pandang kamera, perpindahan dan kesinambungan (countinuity) antara elemen-elemen dalam sebuah frame.

0 komentar:

Posting Komentar