Selamat Datang di Blog Moko Yuliatmoko

Selasa, Juli 30, 2013

Dumb Terminal

Sebelum memahami maksud dari email dengan subjek "dumb terminal", rasanya saya perlu tahu pengertian dumb terminal itu sendiri. Setelah melakukan  browsing..., saya memperoleh definisi sebagai berikut :

Terminal adalah piranti yang digunakan untuk berkomunikasi dengan komputer. Berdasarkan kemampuan pemrosesannya, terminal dibagi menjadi 3 yaitu :

  1. intelligent terminal : stand-alone piranti yang terdiri atas memori utama dan CPU
  2. smart terminal : piranti yang kemampuan pemrosesannya lebih rendah dari intelligent terminal, tapi lebih baik dari dumb terminal. Misalkan memiliki fitur "bold and blinking characters".
  3. dumb terminal : piranti yang digunakan untuk memasukkan, mentransmisikan data ke, dan menampilkan data dari komputer. Kemampuan pemrosesan piranti ini sepenuhnya tergantung pada komputer yang terhubung dengannya. Piranti ini seperti keyboard, mouse, dan monitor.
jadi intinya, dumb terminal adalah output device yang digunakan untuk berkomunikasi dengan komputer dengan mengandalkan kemampuan pemrosesan dari komputer terkoneksi secara sepenuhnya.

"Masalah" yang ingin dibahas adalah, bagaimana caranya menghubungkan beberapa output device (monitor, keyboard, mouse) ke satu PC? dan bagaimana caranya agar satu PC dapat diakses secara simultan oleh beberapa device yang terpisah?

dari referensi yang dikasih dimilis, http://www.khairilthegreat.web.id/2007/09/satu-cpu-multiple-monitor-multiple-user.html,

disitu disebutkan masalah tersebut bisa saja dilakukan. yakni dengan melakukan sedikit konfigurasi dengan bantuan software Thinsoft Betwin.

Di blog tersebut disebutkan bahwa kita tidak hanya dapat menghubungkan beberapa device ke satu komputer, bahkan kita juga bisa membuatnya menjadi PC dengan multiple OS sekaligus yakni dengan menggunakan VMWare (kalo ini sudah pernah denger, yaitu semacam bikin virtual OS) 


Referensi :
1. http://www.webopedia.com/TERM/D/dumb_terminal.html
2. http://www.thedumbterminal.co.uk/services/tidy.shtml
3. http://www.beritanet.com/search.php?text=definisi%20dumb%20terminal
4. http://foldoc.org/?dumb+terminals
5. http://www.khairilthegreat.web.id/2007/09/satu-cpu-multiple-monitor-multiple-user.html

0 komentar:

Posting Komentar