Selamat Datang di Blog Moko Yuliatmoko

Selasa, Oktober 22, 2013

AFTER EFFECT

Apa itu After Effect? 
Sebuah program / software yg digunakan di dunia motion graphic/broadcast design yang dikembangkan oleh Adobe.

Motion graphic : sebuah proses menciptakan sebuah pergerakan dari sebuah gambar yg diam 

Broadcast design : menciptakan sebuah animasi atau footage video yg akan digunakan dalam penyiaran televisi 

After effect : 
- Membuat sebuah animasi video gabungan dari gambar dan elemen-elemen yang digabungkan menjadi suatu frame 

- Membuat sebuah elemen-elemen dan gambar yg di gabungkan menjadi sebuah animasi, video dari gabungan suatu frame 

- Sebuah kemene-elemen membuat animasi yang digabungkan menjadi gabungan dari suatu frame 

Title Bar 
Tite bar terletak pada baris paling atas dari program after effect ini semua program berbasis windows mempunyai title bar, yang bertujuan untuk menuliskan nama program yang di pakai atau diaktifkan, atau sebagai identitas dari software yang dipakai. 

Menu Bar 
Menu Bar adalah sederetan memu yang terletak persis dibawah title bar. Pada saat anda menyorot salah satu menu tersebut, maka akan muncul lagi submenu yang berbentuk menu pop up. Salah satu kegunaannya kalau anda ingin membuat project baru, pada menu file. 

Project Window 
Project Window berfungsi untuk menampung segala macam file-file mendukung baik itu berupa file image, video, atau audio yang nantinya akan digunakan untuk keperluan pembuatan project yang akan dibuat. Selain itu juga berfungsi untuk mengetahui nama project setelah melakukan penyimpanan (saving file) 

Tools 
Bagi anda yang sudah sering memakai Adobe Photoshop, tentu sudah mengenal yang dinamakan dengan tools, karena hampir sama kegunaannya dari tools pada Photoshop dan After Effect. Tools ini berfungsi sebagai perkakas dalam melakukan Project yang dibuat. Misalnya untuk mengedit objek, membuat teks, dan lain sebagainya 

Timeline 
Timeline adalah tempat dimana anda menganimasikan object dari project yang dibuat. Disinilah anda mengatur kapan objek yang satu masuk kapan keluar, dan kapan objek lainnya bisa masuk. Pada timeline ini juga terdapat komponen-komponen lain diantaranya : 

Layer 
Prinsipnya sama dengan Photoshop, atau bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan Macromedia Flash tidak akan menemui kesulitan dalam memahami timeline pada After Effect 

Playhead 
Playhead yang berfungsi untuk melakukan preview sesuka anda. Anda bisa memperlambat atau mempercepat preview dengan menggunakan control pada playhead tersebut. Playhead ini berbentuk segitiga menghadap kebawah dan sebuah benang yang melintasi layer pada timeline tersebut 

Composition View Window 
Jendela ini berfungsi untuk melihat hasil dari animasi yang anda buat dan jalankan pada timeline. Pada composition view ini terdapat elemen-elemen lain diantaranya : 

Magnification Ratio Pop-Up 
Berupa menu Pop-Up untuk mengatur besar kecilnya pandangan sesuai keinginan anda tanpa mengubah besarnya objek. Jadi seperti kaca pembesar pada Photoshop atau CorelDraw dan aplikasi lainnya. 

Title Action Save 
Berfungsi seperti pada tombol save zone pada premiere diamana diarea tersebut aman memainkan animasi yang anda buat. Diluar dari area tersebut biasanya tidak akan kelihatan. 


1 komentar:

Intan mengatakan...

makasih panduan After Effectnya.

Posting Komentar