Selamat Datang di Blog Moko Yuliatmoko

Kamis, September 18, 2014

Peralatan Fotografi

Peralatan Fotografi
Oleh: Yuliatmoko

Dalam menerjuni dunia fotografi, seperti yang kalian tahu, paling utama adalah kamera. Tapi selain itu kita juga membutuhkan beberapa alat bantu untuk hasil foto lebih menakjubkan. Sayangnya kita sering tidak memiliki alat-alat bantu dan tidak semua alat bantu wajib kita miliki, sesuaikan dengan kantong saja. Meskipun begitu saya akan berbagi beberapa informasi tentang alat-alat bantu fotografi.
Ini yang wajib kita kenali,

Alat Bantu Pemotretan
1.    Filter

Filter artinya menyaring, sesuai dengan artinya filter berguna sebagai penyaring cahaya masuk untuk menimbulakan efek yang diinginkan. Filter dipasang pada ujung lensa kita inginkan. Bentuk filter ada dua macam yaitu:


a)      square (kotak)
b)      circle (bulat).
Untuk menggunakan filter ini kita harus menambahkan ring khusus di depan lensa dan memperhatikan diameter lendan kamera yang kita gunakan. Macam-macam filter dan kegunaanya antara lain:
a.      filter PL
memekatkan warna dan menghilangkan refleksi.
b.    filter UV
untuk mengurangi sinar ultra violet.
c.    filter ND (natural density),
untuk mengurangi contrast.
d.    filter warna
untuk memberi efek warna.
e.    filter soft
untuk melembutkan objek pada foto.
f.     filter diffuser
hampir sama dengan filter soft, tetapi lebih halus.
g.    filter cross
memberi efek cross/silang pada sumber cahaya.
h.    filter multi image
memberi efek multi image.
i.      filter multi expose
digunakan dalam pemotretan multi expose.
j.      filter gradasi
memberi efek gradasi warna

2.    Tudung Lensa
Tudung lensa berfungsi untuk menghilangkan cahaya yang tidak kita inginkan masuk ke dalam lensa yang dapat menyebabkan  flare  yang dapat merusak hasil foto karena menurunkan kontras dan mengurangi saturasi warna. Tudung lensa dipasang di depan lensa dan berguna pada saat pemotretan berhadapan langsung dengan arah cahaya.
3.    Monopod
Berfungsi sebagai penyangga kamera saat pemotretan agar tidak mengalami guncangan. Monopod hanya memiliki satu kaki, biasanya juga digunakan untuk mengangkan kamera apabila pengambilan gambar di atas objek. Monopod juga berfungsi sebagai tempat flash untuk kesan arah cahaya.
4.    Tripod
Tripod memiliki fungsi yang sama dengan monopod tetapi berkaki tiga yaitu peyangga kamera saat pemotretan agar kamera tidak mengalami guncangan (shaking). Digunakan pada pemotretan yang menggunakan kecepatan (speed) rendah/lambat dan untuk menopang lensa-lensa panjang.
5.    Kabel Release
Kabel release dipasang pada soket kabel release yang terdapat pada tombol shutter  dan bentuknya hampir seperti injeksi yang lentur berfungsi untuk menghindari goncangan saat shutter ditekan karena ketika memakai alat ini kita tidak perlu menekan shutter secara langsung. Biasanya digunakan dengan tripot agar penggunannya lebih memuaskan.
6.    Background
latar belakang  atau yang digunakan untuk pemotretan di dalam studio dengan berbagai macam warna, pola dan gambar sesuai tema.
7.    Stand Background
Alat untuk penyangga background, dan dalam penggunaannya paling tidak ada 2 stand bisa dinaikkan dan diturunkan sesuai keinginan. kantong saja. Meskipun begitu saya akan membagi beberapa informasi tentang alat-alat bantu fotografi.

0 komentar:

Posting Komentar