Selamat Datang di Blog Moko Yuliatmoko

Sabtu, Maret 02, 2013

Posisi Baik Dan Benar Saat Menggunakan Komputer


Ketika kita menggunakan komputer dan kadang-kadang kita merasakan rasa lelah, nyeri khususnya dibagian tangan, atau mata terasa penat, Hal tersebut bisa disebaban karena kita salah didalam mengatur posisi anggota tubuh kita. Kita harus mengatur posisi sehat di depan komputer, seperti pada tulisan sebelumnya mengenai lelah ketika mengetik di depan komputer yang ‘diadopsi’ dari posisi ketika bermain piano.

Mungkin ada baiknya kita mulai sekarang mengatur letak komputer atau posisi tubuh kita ketika menggunakan komputer, apalagi jika kita rutin menggunakannya dan cukup lama penggunaannya. Bagaimana sich posisi sehat tersebut? Berikut ini beberapa kiat yang bisa kita terapkan;
-Badan pada posisi tegak didepan komputer dan jarak pandang antara mata dan monitor sekitar 45-70cm.
-Bagi pengguna komputer desktop, sesuaikan posisi keyboard, monitor, dan mouse agar kita bisa mendapatkan posisi yang cocok untuk tubuh kita
-ketika menggunakan mouse, usahakan agar posisi tangan terletak tidak menggantung atau lebih rendah dari mouse.
-Pandangan Mata
Untuk meredakan mata anda yang mudah lelah akibat pandangan fokus pada layar monitor, alangkah baiknya monitor yang anda miliki memiliki layar anti silau, atau memakai kacamata berwarna.
-Kurang tepatnya posisi duduk yang anda lakukan pastinya membuat kita kurang nyaman di depan. Maka dari itu, pakailah kursi yang bisa menyangga punggung anda serta membuat kaki anda dapat menjangkau lantai. Siku dan lutut harus siku 90 derajat serta posisi badan dianjurkan tegak. Letakanlah keyboard anda pada posisi sama tingginya dengan siku anda sehingga otot dan persendian anda tidak terlalu tegang. Antara paha dan punggung seperti sebuah sudut siku 90 derajat. Jika anda tidak melakukan possi ini dalam jangka panjang pasti punggung anda mengalami gangguan. Telapak kaki anda harus bisa menumpu secara rata di lantai saat duduk ataupun menggunakan keyboard. Sering kali ubahlah posisi duduk anda dalam menggunakan posisi karena duduk dalam posisi yang sama dapat menyebabkan ketidaknyamanan anda.
-Ketika mengetik, pastikanlah pergelangan tangan, jemari tangan, dan lengan anda dalam keadaan santai, jangan tegang atau melengkung. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari penyakit Repetitive Strain Injury (RSI)/ merupakan penyakit radang sendi yang disebabkan seseorang bekerja menggunakan mouse serta keyboard pada posisi yang salah.
- pada saat berkerja dengan komputer, posisi kepala dan leher harus tegak dengan wajah menghadap,langsung kelayar monitor. Leher tidak boleh membungkuk atau mengadah karena hal ini dapat menyebabkan sakit pada leher
-Posisi punggung yang baik saat menggunakan komputer adalah posisi punggung yang tegak, tidakmiring ke kiri atau ke kanan, tidak membungkuk dan tidak bersandar terlalu miring ke belakang. Untuk mendapatkan posisi punggung yang baik, seharusnya ditunjang dengan tempat duduk yang baik dan nyaman.
-Posisi pundak yang baik adalah posisi pundak yang tidak terlalu terangkat dan tidak terlalu ke bawah. Bila otot-otot di bahu masih tegang, ini berarti posisi pundak belum benar.
-Posisi lengan yang baik adalah apabial dapat mengetik dan menggunakan mouse yang nyaman. Masing- masing orang mempunyai posisi nyaman tersendiri. Posisi lengan yang baik adalah bila tangan berada disamping badan, dan siku membentuk sudut yang lebih besar dari 90 derajat.
-Pada saat berkerja dengan komputer, kaki harus dapat diletakan di lantai atau sandaran kaki dengan seluruh tapak kaki menyentuh lantai dan siku yang membentuk sudut tidak kurang dari 90 derajat.

0 komentar:

Posting Komentar