Selamat Datang di Blog Moko Yuliatmoko

Sabtu, Maret 09, 2013

Salah Satu Cara Untuk Hemat BBM

Dengan semakin langkanya minyak dunia, pemerintah maupun OPEC lambat laun akan menaikkan harga minyak, kita sebagai konsumen juga harus membantu melestarikan minyak dunia dengan melakukan penghematan dalam penggunaan BBM, salah satu dalam membantu penghematan BBM yaitu dengan mengendarai kendaraan dengan baik, tidak ugal2an, tidak membuang BBM yang tidak seharusnya terbuang.
Salah satu cara menghemat konsumsi BBM dengan efisien adalah melakukan pergantian gigi (transmisi) yang tepat, yaitu pada saat mesin mencapai torsi maksimum. Karena itulah brosur atau petunjuk kendaraan dibuat, hal pertama yang harus anda adalah pelajari adalah data teknis mobil Anda. Baca keterangan mengenai Torsi Maksimum (torque maximum). Manual book / bahkan brosur memuat keterangan mengenai data ini. Torsi maksimum biasanya tertulis dengan satuan feet/lbs, feet-pounds, atau Newton meter (Nm). Masing-masing mesin / kendaraan memiliki torsi maksimum yang berbeda. Biasanya, angka torsi (momen) selalu dikaitkan dengan angka putaran mesin (RPM). Tidaklah masalah apakah satuan tersebut adalah Nm ataupun feet/lbs atau feet-pounds, yang harus kit perhatikan adalah RPM maksimum dibelakangnya. Contoh, data teknis pada manual book tertulis torque maximum: 200Nm/3750rpm. Ini berarti momen / torsi maksimal kendaraan kendaraan dicapai sebesar 200Nm terjadi pada saat mesin berputar sebanyak 3750 per menit. Kami bukan mengatakan RPM diatas itu tenaga akan hilang, memang tenaga tetap masih ada dan bertambah, tetapi diatas RPM yang dicantumkan tersebut tenaga akan tidak maksimal lagi alias pemakaian bahan bakar tidak sebanding dengan tenaga yang dikeluarkan. Pada contoh diatas, berarti sebaiknya jika kita berkendara normal, lebih baik kita melakukan perpindahan gigi ketika rpm menunjukkan kisaran angka 3750rpm, karena di RPM tersebutlah tenaga maksimal dari kendaraan dikeluarkan, sehingga semakin efisien mesin bekerja.
RPM tersebut juga penting kita perhatikan, karena bukan saja RPM tersebut adalah saat terbaik saat penggantian posisi gigi tetapi saat kita di jalan tol, jika kita berkendara dengan range RPM maksimal maka kita akan memaksimalkan kendaraan kita dalam penggunaan BBM, alias lebih irit. Karena BBM digunakan /dibakar didalam ruang mesin semaksimal mungkin sesuai dengan konsumsi yang dibutuhkan.

0 komentar:

Posting Komentar