Selamat Datang di Blog Moko Yuliatmoko

Sabtu, Oktober 03, 2015

5 Hal Dasar Pembuatan Desain Logo Yang Baik


Pembuatan Logo dalam design sangatlah susah dari pada merancang design dalam bentuk  kartu nama , brosur ,billboard dan lainya , mengapa ? karena  logo adalah sebuah gambaran awalnya dalam pembentukan design tersebut sebuah logo adalah sebuah indentitas yang ingin di tampilkan memang pembentukan pembuatan logo itu sangat lah sederhana di bandingkan dari pada pembuatan design fine art yang cukup rumit cara pembuatan nya namun kamu tahu tidak membayangkan bagaimana suatu gambaran yang besar maknanya di perkecil menjadi sebuah symbol indentitas kita berikan saja contohnya logo pertamina  kamu tahu berapa harga untuk pembuatannya ? 3 milliar hanya berupa bentuk shape warna biru  kuning dan merah berserta tulisan pertamina disampingnya.

Begitu pentingnya sebuah indentitas makanya terbentuknya logo untuk menciptkan citra perusahaan di mata konsumen, untuk kali ini saya akan memberikan tips pembuatan logo yang saya dapati dari beberapa sumber dan berdasarkan dari pengalaman saya sendiri juga

Dari beberapa situs yang saya baca dan juga dari yang saya amati sendiri adalah 5 hal yang perlu di perhatikan dalam pembuatan logo

1.    Dapat digambarkan secara detail
2.    Mudah untuk dingat dan menarik perhatian
3.    Nampak indah walaupun tanpa warna
4.    Dapat disesuaikan dalam bentuk skala kecil dan besar
5.    Relevan dengan perusahaan tersebut

1. Dapat di gambarkan secara detail

Kamu sedang membuat sebuah konsep logo dalam suatu perusahaan atau instansi sesuai apa yang di minta oleh client , logo nya sudah jadi tinggal di presintasikan  namun kamu tidak dapat mengenal  atau menjelaskan secara detail logo tersebut padahal kamu yang membuatnya , kamu tidak dapat menggambarkan berupa kata-kata di tiap bentuk apa yang kamu buat tersebut padahal setiap konsep logo itu di tiap gambar nya memilki suatu makna yang tercermin dari perusahaan yang di inginkan seorang client namun kamu hanya asal membuat nya yang terpenting enak di pandang oleh mata client padahal sebuah konsep logo itu bukan mementingkan kesan pertama nya tapi arti dari logo tersebut , saya mempunyai sebuah cerita dahulu saya sering sekali mengikuti ajang perlombaan pembuatan logo di sebuah situs terkenal untuk para kalangan designer dan saya melihat hasil logo mereka begitu wah untuk di pandang oleh mata namun yang terpilih begitu sederhana tidak begitu bagus namun begitu detail untuk mewakilkan di instansi tersebut.

2.Mudah untuk diingat dan menarik perhatian

Mudah untuk diingat pastilah logonya tidaklah begitu rumit untuk dipandang dan tidak begitu biasa-biasa saja pastinya adalah hal yang mecolok dalam logo tersebut , kamu tahu tidak apa yang mudah diingat oleh manusia itu ?  yaitu sebuah ciri khas , sebuah ciri khas pastilah berbeda dengan yang lainya karena cirri khas itu berupa karakter atau bentuk yang berbeda atau sama sekali tidak ada terkaitannya namun kita beri contoh kecilnya saja buah apel sehabis kena gigit dan apa yang kamu gambarkan ketika itu ? itu lah ciri khas.

3.Nampak indah walaupun tanpa warna

Bagi seorang designer grafis sering sekali bermasalah dengan namanya warna , mengapa ? karena warna itu terdapat triliunan hasil nya namun kita hanya mampu sejutanya . apabila dalam design logo mu terdapat bnyak warna coba kamu jadikan hanya berdasarkan 2 warna saja hitam putih dan apa hasil nya ? dalam design logo itu warna hanyalah sebagai sekunder nya saja yang terpenting itu adalah bentuk logo tersebut warna hanya sebagai pihak pendukungnya saja.

4.Dapat disesuaikan dalam bentuk skala kecil atau besar

Ini paling sering di lupa bagi seorang desainer terkadang mereka lupa ketika membuat logo bagus namun ketika dalam bentuk skala kecil gambarnya malah tidak begitu jelas dari beberpa yang sangat ketahui biasa nya logo seperti ini terdapat pada instansi Negara seperti contoh nya biasa kita lihat lambing koperasi di tahun 2000 , wih tidak kebayang ketika di border di bajumacam apa bentuknya , dari sini sudah dapat kita beri sebuah kesimpulan logo itu harus efesien mungkin untuk di taruh pada suatu bidang seperti baju,topi,sticker,spandung,baliho dll

5.Relevan dengan perusahaan tersebut

terakhir adalah harus selalu relevan dengan bisnis industri perusahaan yang diwakilinya tersebut. Satu-satunya hal yang dapat dilakukan disini adalah melaksanakan riset lengkap yang mendalam terhadap industri tersebut dan kemudian medesain logo yang berbeda dari kompetisi yang telah ada. Ini yang membuat penting agara proses kreatif ini didelegasikan dan diserahkan kedalam tangan para profesional dibidang desain grafis yang tidak hanya mengerti dan menguasai ilmu grafis tetapi juga marketing, branding, corporate identity dan psikologi warna  yang telah berpengalaman mendesain logo selama puluhan tahun.

0 komentar:

Posting Komentar