Jumat, Oktober 02, 2015
Jenis-Jenis Penilaian
Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dilaksanakan dalam bentuk:
Pendidik dapat menggunakan penilaian teman sebaya untuk memperkuat Penilaian Autentik dan non-autentik.
Fungsi dan Tujuan
Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik berfungsi untuk memantau kemajuan belajar, memantau hasil belajar, dan mendeteksi kebutuhan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan. Penilaian ini dilaksanakan untuk memenuhi fungsi formatif dan sumatif dalam penilaian. Adapun tujuanPenilaian Hasil Belajar adalah untuk:
Prinsip Penilaian
Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik diterapkan berdasarkan prinsip umum dan prinsip khusus. Prinsip umum meliputi sahih, objektif, adil, terpadu, terbuka, holistik dan berkesinambungan, sistematis, akuntabel, dan edukatif. Prinsip khusus berlaku untuk masing-masing bentuk penilaian, yakni mengacu kepada karakteristik pendekatan, model, dan instrumen yang digunakan. Berikut Prinsip khusus untuk Penilaian Autentik meliputi:
Skala Penilaian
Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik untuk kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan menggunakan skala penilaian. Skala penilaian untuk kompetensi sikap menggunakan rentang predikat Sangat Baik (SB), Baik (B), Cukup (C), dan Kurang (K). Skala penilaian untuk kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan menggunakan rentang angka dan huruf 4,00 (A) – 1,00 (D) dengan rincian sebagai berikut:
Untuk lebih lengkapnya dapat download file pdf berikut berikut ini.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar