Setiap kali kita pergi ke toko kelontong, pasar, mal atau tempat
jual-beli lainnya, kita pasti akan selalu dihadapkan dengan banyak
sekali produk yang dikemas dalam boks, botol, tabung atau kemasan
lainnya. Kemasan ini datang dalam beragam bentuk, ukuran dan warna.
Sebagai tukang designer yang akan merancang kemasan sebuah produk, kita
harus selalu ingat bahwa tujuan utama kita mendesain kemasan adalah agar
calon konsumen dapat dengan mudah mengenali dan membedakan produk
tersebut hanya dengan satu lirikan. Bukan perkara gampang, mengingat
produk tersebut akan diletakkan di antara rak-rak yang menjulang, di
tengah-tengah tumpukan produk lain yang sejenis.
Namun, tentu saja kita tidak boleh lupa juga dengan esensi utama kemasan, seperti yang dikatakan Wikipedia:
“Packaging adalah ilmu, seni dan teknik membungkus atau memproteksi produk untuk memudahkan proses distribusi, penyimpanan, penjualan serta penggunaannya. Packaging juga meliputi proses merancang, mengevaluasi dan memproduksi kemasan. Dengan kata lain, packaging dapat dideskripsikan sebagai sistem yang terkoordinasi untuk mempersiapkan produk agar siap dikirim, disimpan, disalurkan, dipasarkan dan dimanfaatkan oleh pengguna akhirnya.”
Jadi, kita tidak boleh sembarangan mendesain kemasan. Faktor perlindungan, pengawetan serta pembungkusan produk juga perlu menjadi bahan pertimbangan. Selain itu, sebaiknya kemasan pun mencantumkan informasi-informasi penting seputar produk tersebut, agar calon konsumen paham akan produk yang akan dibelinya. Tidak perlu harus menuliskan deskripsi produk yang panjang, hanya kita pastikan saja bahwa konsumen dapat mengenali jenis produk apa yang ada di dalam kemasan tanpa perlu membukanya.
Seringkali, design kemasan yang menarik dan informatif menjadi
perlengkapan pemasaran yang vital. Dalam hal ini, tukang designer pun
turut mempengaruhi keberhasilan atau malah kegagalan produk tersebut di pasar.
Memang tugas yang cukup berat. Tapi, kita tidak perlu kuatir, karena 10 tip dan trik mendesain kemasan dibawah ini akan memberikan solusi agar rancangan kemasan kita semakin bersinar.
1. Unik dan Kreatif
Jika produk (atau kemasan) kita dilirik banyak orang, kita buat kemasan sekreatif mungkin. Contohlah kemasan sereal sarapan yang sering kali mencantumkan permainan labirin, teka-teki dan lainnya untuk mendorong konsumen untuk membeli produk tersebut. Atau, kita juga bisa berkreasi dengan bentuk kemasan seperti contoh di atas.
2. Font dan Warna
Warna kemasan sebaiknya disesuaikan dengan jenis produknya. Atau, jika perusahaan telah memiliki warna korporat yang khas, boleh juga diaplikasikan pada kemasan.
Kita pastikan menggunakan warna font yang tepat dan kontras. Jangan
menggunakan teks oranye pada latar belakang merah atau sejenisnya.
Sebagai panduan, buku Color Index bisa kita gunakan sebagai referensi
padanan warna.
Untuk urusan bentuk font, kita pilih yang tepat dan sesuai untuk produk.
Kita tidak perlu menggunakan font yang terlalu ‘njelimet’, yang malah
sulit dibaca.
3. Label Mudah Dibaca
Sebagian besar konsumen membaca dulu informasi seputar produk yang akan mereka beli, karena mereka ingin tahu apa yang mereka beli, dan apakah yang mereka beli itu benar. Maka, sudah jadi tugas kita untuk memastikan para konsumen bisa membaca informasi yang tercantum pada kemasan dengan baik. Caranya? Ya, dengan memastikan ukuran dan bentuk font yang digunakan mudah dibaca.
Konsumen akan membaca label sebelum membuat keputusan untuk membeli.
Beberapa kali, mereka akan membandingkan produk tersebut dengan produk
lainnya. Nah, kalau kita mendesain kemasan yang mudah dibaca, dan para
konsumen puas dengan informasi yang mereka baca, tentu mereka tidak akan
pergi dan mencari produk lain, mereka akan langsung membelinya.
Masalahnya, hanya butuh beberapa detik di depan rak di supermarket
sebelum konsumen memutuskan akan membeli suatu produk. Mereka tidak
punya banyak waktu untuk membaca semua label, makanya kita tidak boleh
buang waktu mereka dan tentu saja waktu kita, dengan mendesign label
yang terlalu kecil dan ‘njelimet’ untuk dibaca, ini termasuk salah satu
kesalahan yang sering dilakukan para designer.
4. Memanfaatkan gambar
Masyarakat kita sangat mudah dipengaruhi oleh hal-hal yang dapat dicerna oleh panca indera. Dalam hal kemasan, rangsangan yang paling mudah dicerna adalah rangsangan visual. Karena itu kita sebaiknya menyertakan gambar/visual dalam desain kemasan kita, entah gambar kartun, foto produk, foto model atau apa pun. Kita pastikan gambarnya beresolusi tinggi dan akan tampak bagus tidak peduli seberapa besar atau seberapa kecil ukurannya.
5. Relevan
Gambar, bentuk font, warna dan bentuk kemasan haruslah sesuai dengan produk, harus memiliki relevansi dengan jenis produk yang kita jual. Kita tidak boleh menempatkan gambar anjing ketika kita membuat desain kemasan untuk hotdog meskipun ‘dog’ memang berati anjing. Bisa-bisa kita dituduh menyesatkan konsumen dan mereka tidak jadi membeli produknya karena berpikir bahwa itu adalah makanan anjing atau terbuat dari daging anjing. Hehehe…
6. Bahasa Yang Tepat
Kita pilih bahasa yang pas dengan produknya. Konsumen jaman sekarang itu sangat sulit diyakinkan hanya dengan gambar yang indah-indah saja. Mereka butuh informasi yang berlimpah dan sesuai.
Kita harus berhati-hati dengan penggunaan bahasa, termasuk untuk urusan
ejaan dan tata bahasa. Tak jarang, konsumen menilai kualitas produk dari
bahasa yang tercantum pada kemasannya. Kalau mereka melihat banyak
kesalahan eja atau ketidaksesuaian informasi, bisa-bisa mereka berpikir
perusahaan dan produk kita tidak bonafit dan tidak memiliki kontrol
kualitas. Maka, berhati-hatilah dengan isu sensitif ini. Kita bisa
menggaet kepercayaan dan keyakinan konsumen dengan menggunakan tata
bahasa yang benar.
7. Kenyamanan
Yang tak kalah pentingnya, kita pastikan bahwa kemasan kita mudah dan nyaman digunakan. Kita asumsikan bahwa kebanyakan orang yang akan menggunakan produk ini orang sibuk. Jadi, kita coba buat hidup mereka lebih mudah. Kita tidak perlu mendesain kemasan yang terlalu besar dan sulit dibawa, semakin ringkas kemasannya, semakin banyak klien yang akan memilihnya.
Oh ya, satu poin lagi yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan:
Karena dewasa ini kepedulian masyarakat akan Mother Earth atau Bumi
pertiwi sedang tinggi, maka bagus juga kalau kemasan yang kita desain
terbuat dari bahan-bahan daur ulang atau yang ramah lingkungan. Pasti
kemasan kita semakin dilirik, setidaknya oleh para pecinta lingkungan.
8. Kokoh dan Tangguh
Salah satu fungsi utama kemasan adalah untuk melindungi produk. Dan, bagi para konsumen, keamanan produk ini adalah hal yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Makanya, kemasan harus selalu tersegel atau tertutup rapat, karena pasti konsumen ogah membeli produk yang kemasannya terlihat terbuka atau rusak.
Kita harus mencari cara agar design kemasan kita tidak mudah robek atau menganga kuraaannggg ngangaaaa.
Juga, agar kemasan terbuat dari bahan yang kuat, sehingga tidak mudah
penyok saat diangkut ke gudang, atau saat dijajakan di rak, atau saat
dimasukkan ke plastik, dan sebagainya. Jadi, sebelum kita terkena
masalah besar karena kemasan mudah koyak atau rusak, kita pastikan
desain kemasan kita tertutup dengan sempurna dan melindungi produk yang
ada di dalamnya.
9. Mudah dibuka
Nah, di sisi lain, kemasan juga tidak boleh terlalu rapat sampai sulit dibuka konsumen. Jadi, kita harus melihat masalah dari dua sisi: Di satu sisi, kita pastikan kemasan tidak mudah terbuka dan rusak saat diangkut, didistribusikan dan dipasarkan, namun di sisi lain, kemasan mesti cukup mudah dibuka saat sudah sampai ke tangan konsumen. Sekali lagi, kita pikirkan bahwa betapa sibuknya konsumen yang membeli produk kita dan kita bayangkan kekesalan mereka saat sudah sampai di rumah, ketika kemasannya begitu bandel dan sulit dibuka.
Nah, kalau kemasan produk kita memang sulit dibuka, pastikan kita
mencantumkan cara-cara membukanya. Kalau bisa, kita lengkapi juga dengan
instruksi bergambar. Bahkan jika kemasannya tergolong mudah dibuka
sekalipun, tak salah untuk menyertakan instruksi cara membukanya. Siapa
tahu saja konsumen membutuhkannya.
10. KIS = Keep It Simple
Untuk menarik perhatian, kita buat desain yang sederhana, namun mencolok. Jika memungkinkan kita pilih desain yang mudah dikenali oleh konsumen dari segala usia, latar belakang pendidikan. Untuk membedakan tipe produk kita gunakan warna yang kontras agar konsumen tidak salah memilih. Desain yang sederhana namun dengan label yang berukuran pas, mudah dibaca, dipenuhi informasi-informasi yang tepat akan lebih menarik perhatian ketimbang desain yang terlalu ramai.
0 komentar:
Posting Komentar