KOMPETENSI
INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN (SMK)
BIDANG STUDI KEAHLIAN : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PROGRAM STUDI KEAHLIAN : TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA
PAKET KEAHLIAN :
MULTIMEDIA
MATA PELAJARAN : DESAIN MULTIMEDIA
KELAS : XI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
|
1.1. Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan
kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2. Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi
di alam
1.3. Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam
kehidupan sehari-hari
|
2. Menghayati dan Mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1. Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2. Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
3.
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
|
3.1.
Memahami etimologi multimedia
3.2.
Memahami produk-produk
multimedia
3.3.
Memahami alir proses produksi multimedia
3.4.
Memahami gambar sketsa
3.5.
Memahami ilustrasi
3.6.
Memahami gambar bentuk
3.7.
Memahami gambar perspektif
3.8.
Memahami teori warna
3.9.
Memahami elemen desain
3.10. Memahami tata letak obyek geometris dan nirmana
|
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif
dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
|
4.1.
Menyajikan data hasil pengamatan terhadap
berbagai media dalam kehidupan sehari-hari
4.2.
Menyajikan contoh-contoh produk
multimedia
4.3.
Menalar tahapan proses
produksi multimedia
4.4.
Menyajikan hasil gambar
sketsa
4.5.
Menyajikan contoh-contoh ilustrasi
4.6.
Menyajikan hasil gambar
bentuk
4.7.
Menyajikan hasil gambar
perspektif
4.8.
Menyajikan hasil percobaan
percampuran/kombinasi 2 warna, 3 warna sesuai perencanaan
4.9. Menyajikan hasil percobaan penyusunan elemen-elemen desain
dalam sebuah bidang
4.10. Menyajikan hasil
tata letak objek geometris dan nirmana
|
0 komentar:
Posting Komentar