KOMPETENSI
INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN (SMK)
BIDANG STUDI KEAHLIAN : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PROGRAM STUDI KEAHLIAN : TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA
PAKET KEAHLIAN :
MULTIMEDIA
MATA PELAJARAN : ANIMASI 2 DIMENSI
KELAS : XI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
|
1.1. Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan
kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2. Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi
di alam
1.3. Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam
kehidupan sehari-hari
|
2. Menghayati dan Mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1. Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2. Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
3. Memahami,menerapkan,
menganali-sis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingin-tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan huma-niora
dalam wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta
menerapkan penge-tahuan prosedural pada bidang kerja yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
3.1. Memahami
animasi stop motion
3.2. Memahami
animasi tradisional
3.3. Memahami
animasi komputer
3.4. Memahami
prinsip-prinsip dasar animasi.
3.5. Memahami
komponen- komponen storyboard.
3.6. Memahami
konsep gambar clean up dan sisip.
3.7. Memahami
konsep gambar kunci animasi.
3.8. Memahami
teknik animasi frame by frame.
3.9. Memahami
teknik animasi tweening
3.10.
Memahami teknik pembuatan obyek pada
aplikasi animasi 2 dimensi
3.11.
Memahami penggunaan scene pada aplikasi
animasi 2 dimensi
3.12.
Memahami cara memberikan efek audio pada
animasi 2 dimensi
3.13.
Memahami berbagai format produk animasi 2 dimensi.
|
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengem-bangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakantugasspesifikdibawahpengawasanlangsung.
|
4.1. Menyajikan
analisis hasil pengamatan terhadap animasi stop motion pada produk animasi
4.2. Menyajikan
analisis hasil pengamatan terhadap animasi tradisional pada produk animasi
4.3. Menyajikan
analisis hasil pengamatan terhadap animasi komputer pada produk animasi
4.4. Menyajikan
analisis hasil pengamatan terhadap penerapan prinsip-prinsip animasi pada
produk animasi
4.5. Membuat
storyboard sesuai perencanaan.
4.6. Merencanakan
dan melakukan pengolahan gambar clean
up dan sisip.
4.7. Merencanakan
dan melakukan pengolahan gambar kunci
animasi.
4.8. Membuat
animasi 2 dimensi menggunakan teknik frame by frame
4.9. Membuat
animasi 2 dimensi menggunakan teknik tweening
4.10.
Membuat obyek pada aplikasi animasi 2
dimensi
4.11.
Membuat produk animasi multiscene
4.12.
Membuat produk animasi yang dilengkapi
dengan efek audio
4.13. Menentukan
format dan melakukan konversi format
file dari produk animasi yang
dihasilkan.
|
0 komentar:
Posting Komentar