Selamat Datang di Blog Moko Yuliatmoko

Kamis, September 29, 2016

KIKD Kerja Proyek Multimedia

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)

BIDANG STUDI KEAHLIAN          :  TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PROGRAM STUDI KEAHLIAN     :  TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA
PAKET KEAHLIAN                        :  MULTIMEDIA
MATA PELAJARAN                       :  KERJA PROYEK
KELAS                                           :  XII

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

   1.1.   Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
   1.2.   Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
   1.3.   Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
2.  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
   2.1.   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
   2.2.   Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.  Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
3.1.      Memahami tim kerja proyek yang terdiri dari 4 sampai 5 peserta didik
3.2.      Mengembangkan ide-ide yang berupa topik-topik kerja proyek
3.3.      Memahamikebutuhan pelanggan sebagai alternatif topik kerja proyek.
3.4.      Mengatur  tugas dan tanggung jawab masing-masing anggota tim dalam kerja proyek.
3.5.      Menganalisis kerja proyek bersama tim untuk menentukan topik kerja proyek yang aktual dan selaras dengan sarana-prasarana sekolah.
3.6.      Mengkaji ulang  rancangan kerja proyek yang terpilih bersama tim dan pembimbing agar sesuai dengan pengembangan sikap, pengetahuan, dan keterampilan
3.7.      Menganalisis  orijinalitas rancangan kerja proyek yang akan dikerjakan.
3.8.      Memahami dokumen proposal kerja proyek yang telah disetujui oleh pembimbing yang berisi : tujuan kerja proyek, tim dalam kerja proyek beserta tugas dan tanggungjawab, metode kerja proyek, organisasi kerja proyek, rencana kerja proyek, analisis dan desain, implementasi kerja proyek.
3.9.      Memahami prinsip penjaminan mutu hasil kerja proyek
3.10.   Mamahami prinsip pembuatan buku panduan hasil kerja proyek
3.11.   Menganalisis hasil kerja proyek
3.12.   Menganalisis bahan-bahan presentasi hasil kerja proyek
3.13.   Memahami proses pengemasan hasil kerja proyek.
3.14.   Memahami kerangka pembuatan laporan akhir kerja proyek.
4.  Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

4.1.      Membuat Kelompok kerja proyek yang terdiri dari 4 sampai 5 peserta didik
4.2.      Menyajikan hasil topik kerja proyek.
4.3.      Membuat permintaan kebutuhan pelanggan sebagai alternatif topik kerja proyek yang berupa deskripsi tema proyek
4.4.      Membuat pembagian tugas dan tanggung jawab masing-masing anggota tim dalam kerja proyek.
4.5.      Menyajikan hasil analisis kerja proyek bersama tim untuk menentukan topik kerja proyek yang aktual dan selaras dengan sarana-prasarana sekolah.
4.6.       Menyajikan hasil pengkajian ulang rancangan kerja proyek yang terpilih bersama tim dan pembimbing agar sesuai dengan pengembangan sikap pengetahuan, dan keterampilan
4.7.      Mempresentasikan orijinalitas rancangan kerja proyek yang akan dikerjakan.
4.8.      Membuat dokumen proposal kerja proyek yang telah disetujui oleh pembimbing yang berisi : tujuan kerja proyek, tim dalam kerja proyek beserta tugas dan tanggungjawab, metode kerja proyek, organisasi kerja proyek, rencana kerja proyek, analisis dan desain, implementasi kerja proyek.
4.9.      Menyajikan prinsip penjaminan mutu hasil kerja proyek
4.10.   Membuat buku panduan hasil kerja proyek
4.11.   Mengevaluasi hasil kerja proyek
4.12.   Mempresentasikan hasil kerja proyek.
4.13.   Membuat kemasan hasil kerja proyek.
4.14.   Membuat laporan akhir kerja proyek.



0 komentar:

Posting Komentar