Program Adobe Flash CS6
menyediakan berbagai macam fitur yang akan sangat membantu para animator untuk
membuat animasi menjadi semakin mudah dan menarik. Dengan fitur-fitur yang ada
pada Program Adobe Flash CS6, akan menjadikan program Adobe Flash sebagai
program animasi dan presentasi yang makin digemari oleh para animator-animator
di dunia.
Program Adobe Flash Pro CS6
telah mampu mengolah teks maupun objek dengan efek tiga dimensi sehingga tampak
lebih menarik.
Welcome Screen menampilkan empat pilihan perintah untuk memulai Adobe Flash Pro CS6, yaitu :
Create from Template, berguna
untuk membuka lembar kerja dengan template yang tersedia dalam program Adobe
Flash Pro CS6.
Open a Recent Item, berguna untuk membuka
kembali file yang pernah anda simpan atau pernah anda buka sebelumnya.
Create New, berguna untuk membuka
lembar kerja baru dengan beberapa pilihan script yang tersedia.
Learn, berguna untuk membuka
jendela Help yang berguna untuk mempelajari suatu perintah.
Komponen-komponen Adobe
Flash Pro CS6
Beberapa komponen kerja program Adobe Flash Pro CS6 telah ditampilkan
sebagai tampilan standart. Masih banyak lagi komponen yang masih tersembunyi
sehingga memerlukan perintah tertentu untuk menampilkannya. Anda dapat mengatur
komponen didalam program Adobe Flash Pro CS6 sesuai dengan yang anda inginkan.
Berikut ini adalah beberapa komponen kerja dari Adobe Flash Pro CS6 :
- Toolbox
Toolbox adalah sebuah panel yang menampung tombol-tombol yang berguna
untuk membuat suatu desain animasi mulai dari tombol seleksi, pen, pensil,
text, 3D Rotation, dan lain-lain.
- Selection Tool(V) berfungsi untuk menyeleksi objek.
- Subselection Tool(A) berfungsi untuk menyeleksi bagian objek untuk proses editing.
- Free Transform Tool(Q) berfungsi untuk mengubah bentuk objek secara bebas.
- 3D Rotation Tool(W) berfungsi untuk melakukan rotasi 3D pada objek berdasarkan sumbu X, Y dan Z.
- Lasso Tool(L) berfungsi untuk menyeleksi objek dengan pola seleksi bebas.
- Pen Tool(P) berfungsi untuk menggambar objek.
- Text Tool(T) berfungsi untuk mengetik teks dan paragraf.
- Line Tool(N) berfungsi untuk menggambar objek garis lurus.
- Rectangle Tool(R) berfungsi untuk menggambar objek kotak.
- Pencil Tool(Y) berfungsi untuk menggambar dengan bentuk goresan pensil.
- Brush Tool(B) berfungsi untuk menggambar dengan bentuk polesan kuas.
- Deco Tool(U) berfungsi untuk menggambar corak dekorasi dengan menggunakan simbol graphic.
- Bone Tool(X) berfungsi untuk membuat animasi pertulangan dengan menambahkan titik sendi pada object.
- Paint Bucket Tool(K) berfungsi untuk memberi warna bidang objek.
- Eyedropper Tool(I) berfungsi untuk mengambil sampel warna dari sebuah object.
- Erasser Tool(E) berfungsi untuk menghapus bidang object.
- Hand Tool(H) berfungsi untuk menggeser area lembar kerja atau stage.
- Zoom Tool(M, Z) berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil tampilan lembar kerja atau stage.
- Stroke Color berfungsi untuk menentukan warna garis.
- Fill Color berfungsi untuk menentukan warna bidang object.
- Black and White berfungsi untuk mengubah warna garis dan bidang menjadi hitam dan putih.
- Swap Color berfungsi untuk membalikan warna antara warna garis dan warna bidang object.
- Snap to Object berfungsi untuk mengaktifkan atau mematikan fungsi Snap to Object.
- Timeline
Timeline
berguna untuk menentukan durasi animasi, jumlah layer, frame, menempatkan
script dan beberapa keperluan animasi lainnya. Semua bentuk animasi yang anda
buat akan diatur dan ditempatkan pada layer dalam timeline.
A. Layer, lembar kerja yang
menampung objek yang akan dianimasikan didalam timeline.
B. Timeline,
tabulasi dari lembar kerja atau stage yang sedang dikerjakan.
C. Show or
Hide All Layers, untuk menyembunyikan atau menampilkan semua isi layer.
D. Lock or Unlock All Layers,
untuk mengunci atau melepas kunci objek dari semua layer.
E. Show All
Layer as Outlines, untuk menampilkan objek pada semua layer dalam bentuk
outline.
F. Playhead,
jarum untuk membaca frame pada saat animasi dijalankan.
G. Blank Keyframe, sebuah simbol
lingkaran kosong yang menampung suatu objek.
H. Frame, suatu bagian dari
layer yang digunakan untuk mengatur pembuatan animasi.
I. Tombol
Menu, untuk mengatur tampilan frame.
J. New
Layer, untuk menambah layer baru.
K. New Folder, untuk menambah
folder baru.
L. Delete,
untuk menghapus layer.
M. Simbol Pensil, menunjukkan
bahwa layer dalam kondisi terpilih atau aktif.
N. Titik Show or Hide, klik
untuk menampilkan atau menyembunyikan layer aktif.
O. Titik kunci, klik untuk mengunci
atau melepas kunci layer yang aktif.
P. Kotak
Outline, kilik untuk menampilkan objek dalam layer aktif menjadi bentuk
outline.
Q. Controler, tombol yang
digunakan untuk mengontrol animasi.
R. Loop,
tombol yang digunakan untuk mengaktifkan pengulangan animasi.
S. Tombol
Pengatur tampilan animasi, untuk mengatur tampilan animasi didalam stage.
T. Current
Frame, menunjukkan posisi frame aktif.
U. Frame Rate, untuk mengatur
kecepatan gerak animasi dalam tiap detiknya.
V. Elapsed Time, menunjukkan
durasi atau lamanya animasi.
W. Scrollbar, menggulung
jendela timeline secafra vertikal atau horisontal.
- Stage
Stage adalah lembar kerja yang digunakan untuk membuat atau mendesain
objek yang akan dianimasikan. Objek yang dibuat dalam lembar kerja dapat berupa
objek Vektor, Movie clip, Text, Button, dan lain-lain.
A. Stage, lembar kerja untuk
menyusun objek yang akan dianimasikan.
B. Scene,
menunjukan nama scene yang aktif.
C. Panah
yang digunakan untuk berpindah dari lembar kerja simbol ke lembar kerja utama.
D. Edit Scene, untuk memilih
nama scene yang akan diedit.
E. Edit
Symbols, untuk memilih nama simbol yang akan diedit.
F. Zoom,
untuk mengatur besarnya tampilan stage atau lembar kerja.
G. Scrollbar, untuk menggulung
lembar kerja secara horisontal dan vertikal.
0 komentar:
Posting Komentar