Selamat Datang di Blog Moko Yuliatmoko

Minggu, Juni 17, 2012

Aturan Tiebreaker UERO 2012, Rusia Tersingkir

Persaingan di Grup A Euro 2012 mengundang daya tarik tersendiri. Terutama perebutan tiket perempat final antara Yunani dan Rusia. Keduanya sama-sama mengumpulkan empat poin, tapi Yunani yang berhak lolos. 

Hal tersebut karena aturan baru UEFA yang berjudul Tiebreaker. Aturan yang berlaku jika ada dua tim atau lebih yang memiliki poin sama. Amandemen peraturan untuk Euro 2012 itu sendiri sudah disetujui oleh Ketua Komite Eksekutif UEFA pada bulan Maret 2012 lalu. 

Alasan Rusia harus mengepak koper mereka adalah aturan Tiebreaker nomor 1 yang berbunyi; “Jumlah poin yang diperoleh di dalam pertandingan yang melibatkan tim-tim tersebut.” Meski Rusia unggul selisih gol (+2) sementara Yunani (0), mereka tetap tak lolos. 

Peringkat Yunani dan Rusia ditentukan dari hasil laga yang digelar dini hari tadi. Yunani berhasil menang 1-0, artinya mereka mendapatkan 3 poin sedagkan Rusia tidak meraih poin karena kalah. Maka Yunani berhak berada di atas Rusia meski kalah selisih gol. 

Aturan Tiebreaker itu sendiri adalah: 
  1. Jumlah poin yang diperoleh di dalam pertandingan yang melibatkan tim-tim tersebut. 
  2. Selisih gol yang dikumpulkan dalam pertandingan yang melibatkan tim-tim tersebut (jika ada lebih dari dua tim yang memiliki poin sama). 
  3. Jumlah gol yang dicetak di dalam pertandingan yang melibatkan tim-tim tersebut (jika ada lebih dari dua tim yang memiliki poin sama). 
  4. Jumlah selisih gol tertinggi dari seluruh pertandingan di grup. 
  5. Jumlah gol tertinggi yang dicetak dari seluruh pertandingan di grup. 
  6. Posisi tim di peringkat koefisien UEFA. 
  7. Posisi fair play tim (di turnamen). 
  8. Posisi unggulan tim ketika dilakukan pengundian.

0 komentar:

Posting Komentar