PROSES BERPIKIR (PENALARAN)
Dua jenis penalaran yang sangat penting dalam penelitian:
Pola Pikir DeduktifProses berpikir yang dimulai dari sesuatu hal yang umum ke hal-hal yang khusus.
Pola Pikir InduktifProses berpikir yang dimulai dari sesuatu hal yang khusus ke hal-hal yang umum atau dikenal dengan istilah generalisasi.
PENGERTIAN PENELITIAN
Ada beberapa definisi mengenai penelitian, yaitu sebagai berikut:
- Usaha menarik kesimpulan yang dapat dipercaya kebenarannya, yang dilakukan dengan sadar dan teliti menurut prosedur ilmiah tertentu.
- Aktivitas ilmiah yang menggunakan metode ilmiah logis dan sistematis untuk menguji satu atau beberapa hipotesis terhadap satu atau beberapa masalah di dalam dunia empiris melalui pengumpulan data.
- Suatu proses atau rangkaian langkah-langkah yang dilakukan secara terencana dan sistematis untuk mendapatkan pemecahan masalah atau jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan tertentu.
- Suatu metode analisis situasi yang merumuskan pelbagai masalah sosial dengan maksud untuk menemukan aspek yang baru, memahami sebab musabab beserta interrelasinya, mengoreksi, mengadakan verifikasi (pengujian), dan memperluas ilmu pengetahuan.
SYARAT PENELITIAN
SistematisPenelitian dilaksanakan menurut pola tertentu dari yang paling sederhana sampai yang kompleks hingga tercapai tujuan secara efektif dan efisien.
TerencanaPenelitian dilaksanakan dengan adanya unsur kesengajaan dan sebelumnya sudah dipikirkan langkah-langkah pelaksanaannya
Mengikuti Konsep IlmiahMulai dari awal sampai akhir kegiatan, penelitian dilakukan menurut cara-cara yang sudah ditentukan, yaitu prinsip memperoleh ilmu pengetahuan.
SIKAP DAN CARA BERPIKIR SEORANG PENELITI
SkeptisPeneliti harus menanyakan bukti atau fakta yang dapat mendukung suatu pertanyaan. Dengan kata lain, seorang peneliti tidak boleh percaya begitu saja pada sesuatu tanpa adaa penjelasan atau bukti-bukti yang masuk akal.
AnalitisPeneliti harus selalu menganalisis setiap pernyataan atau persoalan yang dihadapi.
KritisPeneliti harus selalu mendasarkan pikiran dan pendapatnya pada logika serta menimbang berbagai hal secara objektif berdasarkan data dan analisis akal sehat.
JujurSeorang peneliti tidak boleh mamasukkan keinginannya sendiri ke dalam data.
TerbukaPeneliti bersedia memberikan bukti penelitian dan siap menerima pendapat pihak lain tentang hasil penelitiannya.
ObjektifPeneliti harus dapat memisahkan perasaan pribadi dan fakta yang ada.
KompetenSeorang peneliti yang baik memiliki kemampuan untuk menyelenggarakan penelitian dengan menggunakan metode dan teknik penelitian tertentu.
FaktualSeorang peneliti harus bekerja berdasarkan fakta yang diperoleh.
TUJUAN PENELITIAN
- Meramalkan fenomena sosial yang akan terjadi dalam masyarakat.
- Menjelaskan suatu fenomena sosial.
- Menemukan pengetahuan baru.
- Menguji kebenaran yang telah ada.
FUNGSI PENELITIAN
- Membantu memberikan pertimbangan kebijakan pemerintah.
- Memberikan solusi dalam kehidupan masyarakat.
- Sebagai cara dalam mengembangkan ilmu pengetahuan.
MANFAAT PENELITIAN SECARA UMUM
- Penjajakan → mencari cara terbaik untuk memecahkan suatu masalah.
- Deskriptif → melakukan pengukuran cermat terhadap fenomena tertentu.
- Ekspalanatori → menjelaskan sebab-sebab keadaan sosial tertentu.
- Evaluatif → mengetahui seberapa jauh pencapaian suatu program.
- Prediktif → meramalkan kejadian atau fenomena sosial yang akan terjadi.
MANFAAT PENELITIAN BAGI PIHAK TERKAIT
Bagi Peneliti Sendiri
- Mengembangkan ilmu dan keterampilan yang dimilikinya.
- Mempertanggungjawabkan penelitian baik kepada pribadi maupun orang lain.
- Dapat meningkatkan karier peneliti.
Bagi Ilmuwan
- Menambah khazanah ilmu pengetahuan.
- Menjadi referensi penelitian relevan bagi ilmuwan lainnya.
Bagi Pemerintah
- Memberikan pertimbangan dalam mengambil kebijakan.
- Memberikan solusi dalam memecahkan masalah sosial dalam masyarakat.
Bagi Pelajar
- Meningkatkan kepekaan sosial para pelajar.
- Mengembangkan kreativitas para pelajar.
- Berlatih untuk berpikir secara analisis.
- Dapat mendiskusikan hasil penelitian.
PENDEKATAN DALAM PENELITIAN
Berdasarkan jenis data yang dikumpulkan, pendekatan dalam suatu penelitian dapat dibedakan menjadi dua bagian, yaitu sebagai berikut:
Pendekatan KualitatifMetode yang dilakukan secara mendalam dengan sumber data berupa kata-kata lisan atau tertulis. Adapun ciri-ciri penelitian dengan pendekatan kualitatif adalah sebagai berikut:
- Realitas dibentuk secara sosial, jamak, dan merupakan keutuhan.
- Emik (mementingkan pemahaman dari dalam).
- Kontekstual dan memahami dari sudut pandang subjek penelitian.
- Berakhir dengan hipotesis (induktif).
- Penelitian sebagai instrumen utama.
Pendekatan KuantitatifMetode yang dilakukan untuk meneliti fakta yang dapat diukur dengan angka, sehingga penarikan kesimpulan dapat menggunakan skala, indeks, tabel, ataupun yang berhubungan dengan ilmu matematika (statistik). Adapun ciri-ciri penelitian dengan pendekatan kuantitatif adalah sebagai berikut:
- Fakta sosial dibentuk secara objektif.
- Etik (mementingkan pandangan orang lain).
- Melakukan generalisasi, meramalkan, dan menerangkan sebab akibat.
- Memulai dengan teori dan hipotesis (deduktif).
- Menggunakan instrumen formal.
JENIS-JENIS PENELITIAN
Berdasarkan TujuannyaPenelitian Dasar (Basic Research)Kegiatan penelitian yang diselenggarakan dalam rangka mengatasi masalah nyata di dalam kehidupan atau dimaksudkan untuk menemukan sesuatu yang lebih baik.
Penelitian Terapan (Applied Research)Kegiatan penelitian yang dilaksanakan dalam rangka mengatasi masalah nyata di dalam kehidupan dan mencobanya untuk diperoleh pemecahan secara praktis.
Berdasarkan MetodenyaPenelitian HistorisPenelitian yang berusaha mengkaji peristiwa yang telah terjadi pada masa lampau.
Penelitian SurveiPenelitian yang bertujuan memperoleh informasi yang sama atau sejenisnya dari berbagai kelompok atau orang dengan cara penyebaran angket atau wawancara secara pribadi.
Penelitian EksperimenPenelitian yang memanipulasi (mengatur, merekayasa) atau mengontrol situasi alamiah menjadi situasi buatan sesuai dengan tujuan penelitian.
Penelitian ObservasiPenelitian yang bertujuan memperoleh informasi secara langsung dari tingkah laku orang yang diamati.
Berdasarkan Tempat PelaksanaannyaPenelitian LaboratoriumKegiatan penelitian yang data serta pemecahannya diperoleh dengan kerja laboratorium.
Penelitian LapanganKegiatan penelitian yang dilakukan di lapangan atau langsung bertemu dengan objek penelitian dalam kondisi yang realistis.
Penelitian KepustakaanKegiatan penelitian di mana data yang dibutuhkan dikumpulkan dengan mengandalkan berbagai macam literatur yang terdapat di perpustakaan.
Berdasarkan KegunaannyaPenelitian EksplorasiPenelitian yang bertujuan untuk menemukan sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya.
Penelitian DevelopmentPenelitian yang bertujuan untuk mengembangkan, memperluas, dan menggali teori.
Penelitian VerifikatifPenelitian yang bertujuan untuk menguji teori atau penelitian sebelumnya.
Jenis-jenis Penelitian LainnyaPenelitian DeskriptifPenelitian yang bertujuan memberikan gambaran mengenai fenomena tertentu.
Penelitian EksplanatifPenelitian yang bertujuan menerangkan hubungan sebab akibat.
Penelitian FenomenologiPenelitian yang berusaha menjelaskan suatu fenomena/kejadian dalam masyarakat berdasarkan hasil pemikiran pelakunya (objek penelitiannya).
Penelitian Studi KasusPenelitian yang bertujuan untuk menjelaskan latar belakang terjadinya studi kasus sosial dalam masyarakat.
Penelitian KomparatifPenelitian yang bertujuan untuk membandingkan dua variabel atau lebih yang muncul karena adanya variabel bebas.
Penelitian KorelasionalPenelitian yang bertujuan menyelidiki sejauh mana dampak variasi-variasi lain dalam satu faktor atau lebih.
RANCANGAN PENELITIAN
Rancangan penelitian adalah pokok-pokok perencanaan dari seluruh kegiatan penelitian yang tertuang dalam satu kesatuan naskah. Naskah rancangan penelitian biasanya dibuat secara ringkas, jelas, dan utuh. Rancangan penelitian sangat berguna bagi peneliti agar penelitiannya dapat berjalan secara benar, lancar dengan hasil yang baik.
Langkah-langkah dalam pembuatan rancangan penelitian adalah sebagai berikut:
- Menentukan masalah yang akan diteliti.
- Mencari informasi yang diperlukan agar masalah menjadi jelas (studi pendahuluan).
- Merumuskan suatu masalah.
- Merumuskan anggapan dasar atau hipotesis.
- Memilih pendekatan penelitian, yaitu kualitatif atau kuantitatif.
- Menentukan variabel dan sumber data.
Adapun dalam penyusunan rancangan penelitian, maka setidaknya memuat komponen-komponen sebagai berikut:
Judul PenelitianIdentitas penting dalam penulisan penelitian karena memuat jenis hubungan antarvariabel, lokasi, dan mencerminkan permasalahan secara jelas.
Latar Belakang MasalahUraian secara singkat latar belakang apa yang menjadikan masalah tertentu diteliti.
Identifikasi Masalah
Pemaparan berbagai kemungkinan masalah yang teridentifikasi dari permasalahan penelitian.
Pembatasan Masalah
Penetapan lingkup permasalahan dari berbagai masalah yang telah teridentifikasi.
Rumusan Masalah
Masalah pokok yang menjadi pusat perhatian dalam bentuk pertanyaan yang jawabannya akan diuji melalui pengumpulan data dalam penelitian yang dilakukan.
Tujuan dan Kegunaan Penelitian
Penjelasan mengenai pertanyaan atau masalah pokok yang diajukan dan kegunaan serta manfaat yang mendasari argumentasi tentang pentingnya kegiatan penelitian dilakukan.
Metodologi Penelitian
Uraian secara garis besar metode dan prosedur yang digunakan dalam penelitian.
Populasi dan Sampel
Penetapan objek penelitian dan penarikan perwakilan objek penelitian yang akan diteliti.
Hipotesis
Dugaan sementara sebagai dasar penelitian yang dirumuskan dalam kalimat pernyataan dengan variabel-variabel penelitian dan saling hubungannya serta objek yang dituju dalam penelitian.
Waktu Pelaksanaan Penelitian
Pemaparan waktu pelaksanaan penelitian yang dirinci secara lengkap.
Anggaran Penelitian
Pemaparan besar anggaran yang dibutuhkan peneliti dalam melakukan penelitian untuk menjaring sponsor yang nantinya akan membantu membiayai penelitian yang akan dibuat.
Organisasi dan Personalia
Pemaparan siapa saja yang akan terlibat dan peranan dari masing-masing anggota jika penelitian ini dilaksanakan secara berkelompok.
PENENTUAN TOPIK DAN JUDUL PENELITIAN
Topik merupakan suatu pokok permasalahan dalam suatu penelitian atau sebagai tema pokok dari permasalahan. Syarat penentuan suatu topik penelitian adalah sebagai berikut:
- Topik terjangkau oleh peneliti.
- Topik dipandang penting dan cukup menarik untuk diteliti.
- Topik harus memiliki kegunaan praktis.
- Data cukup tersedia.
Setelah topik berhasil ditetapkan, maka langkah berikutnya adalah menetapkan judul penelitian. Judul penelitian harus ditulis secara singkat, padat, dan jelas. Judul juga harus memuat jenis hubungan antarvariabel, lokasi, dan mencerminkan permasalahan secara jelas. Judul merupakan identitas penting dalam penulisan penelitian.
PENENTUAN MASALAH PENELITIAN
Dalam menentukan masalah dalam penelitian, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:
Kriteria Masalah yang Layak DitelitiSumber Masalah Penelitian
- Memiliki kebermaknaan yang tinggi, baik untuk kepentingan teoretis maupun praktis.
- Cukup tersedia data.
- Cukup tersedia sumber-sumber data.
- Terdapat instrumen untuk pengukuran data.
- Cukup tersedia dana untuk penelitian.
- Sesuai dengan kemampuan peneliti (terjangkau atau tidak oleh peneliti).
- Masalahnya menarik atau tidak bagi peneliti.
Cara Merumuskan Masalah
- Referensi berupa laporan hasil penelitian.
- Pengalaman peneliti di lapangan.
- Hasil pengamatan atau wawancara.
- Hasil dari pemikiran peneliti.
- Rumuskan masalah dalam bentuk kalimat pertanyaan.
- Rumusan permasalahan mengungkapkan variabel penelitian.
- Mengungkapkan jenis hubungan data antarvariabel dalam penelitian.
- Mengungkapkan objek atau populasi penelitian.
POPULASI DAN SAMPEL PENELITIAN
Populasi adalah keseluruhan orang atau kelompok yang akan dijadikan sampel. Sampel akan dipilih secara khusus dengan kriteria tertentu untuk dijadikan sumber atau objek penelitian. Sampel yang dipilih harus mampu mewakili keseluruhan populasi. Berikut ini adalah beberapa teknik penentuan sampel penelitian:
Sampel Acak (Random Sampling)Teknik pengambilan sampel yang setiap anggota populasinya memiliki kesempatan sama untuk menjadi anggota sampel.
Sampel Berstrata (Stratified Sampling)Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada sampel apabila terdiri atas beberapa tingkat.
Sampel Rumpun (Cluster Sampling)Teknik pengambilan sampel secara acak dengan perbedaan bahwa setiap unit sampelnya adalah kumpulan dari unsur-unsur.
Sampel Proporsional (Proportional Sampling)Teknik pengambilan sampel dari tiap-tiap subpopulasi dengan memperhitungkan sub-sub populasi.
Sampel Area (Area Probability Sampling)Teknik pengambilan sampel berdasarkan pembagian area.
Sampel Insidental (Incidental Sampling)Teknik pengambilan sampel yang dilakukan secara kebetulan saja.
Sampel Kuota (Quota Sampling)Teknik pengambilan sampel yang didasarkan pada jumlah yang sudah ditentukan, tanpa menghiraukan dari masa asalnya.
Sampel Bertujuan (Purposive Sampling)Teknik pengambilan sampel yang didasarkan atas adanya tujuan tertentu, sehingga hanya cocok digunakan dalam metode penelitian kualitatif.
Sampel Bola Salju (Snowball Sampling)Teknik pengambilan sampel yang mula-mula jumlahnya kecil, kemudian membesar, ibarat bola salju yang menggelinding yang lama-lama menjadi besar.
DATA
Data adalah bahan keterangan berupa himpunan fakta, angka, huruf, grafik, tabel, lambang, objek, kondisi, dan situasi yang menjadi bahan baku suatu informasi.
Syarat-syarat data adalah sebagai berikut:
- Data harus objektif atau sesuai dengan kenyataan.
- Data harus dapat mewakili (representatif).
- Data harus mendekati kebenaran.
- Data harus up to date.
- Data harus ada hubungannya dengan persoalan yang dipecahkan.
Kegunaan data adalah sebagai berikut:
- Mengetahui dan memperoleh gambaran tentang suatu keadaan atau persoalan yang ada di masyarakat.
- Membuat keputusan atau memecahkan persoalan.
Jenis-jenis data:
Berdasarkan Cara MemperolehnyaData PrimerData yang didapat langsung dari lapangan atau laboratorium, dikumpulkan, dan diolah oleh organisasi atau perseorangan.
Data SekunderData yang diperoleh suatu organisasi atau perseorangan dari pihak lain.
Berdasarkan Sifatnya
- Data Kualitatif → tidak berbentuk angka.
- Data Kuantitatif → berbentuk angka.
Berdasarkan SumbernyaData InternalData yang menggambarkan keadaan dalam suatu organisasi atau negara.
Data EksternalData yang menggambarkan sesuatu di luar organisasi atau negara.
Sedangkan jenis-jenis hubungan antardata adalah sebagai berikut:
- Hubungan Simetris
- Hubungan Asimetris
- Hubungan Timbal Balik (Resiprokal)
HIPOTESIS
Hipotesis merupakan dugaan sementara yang perlu dibuktikan kembali kebenarannya melalui penelitian ilmiah. Kegunaan hipotesis adalah memberikan batasan masalah, memprediksi kondisi, memfokuskan data, serta menjadi panduan dalam menguji penelitian. Hipotesis dapat dibedakan sebagai berikut:
Hipotesis Nol (Ho)Apabila satu atau lebih variabel tidak mempengaruhi variabel lainnya.
Hipotesis Kerja (Ha)Apabila satu atau lebih variabel yang menunjukkan pengaruh atau bhungan pada variabel lainnya.
TEKNIK PENGUMPULAN DATA
Studi KepustakaanStudi kepustakaan adalah suatu kegiatan pengumpulan data dan informasi dari berbagai sumber, seperti buku, majalah, naskah, kisah sejarah, dokumen, dan termasuk juga rekaman berita dari radio, televisi, dan media elektronik lainnya.
Kelebihan metode studi kepustakaan:
- Lebih praktis.
- Lebih murah.
Kelemahan metode studi kepustakaan:
- Informasi yang ada mungkin tidak dapat memenuhi kebutuhan penelitian karena dikumpulkan orang lain.
- Sulit menilai akurasi informasi.
- Informasi sudah usang dan tidak relevan dengan situasi saat ini.
Angket (Kuesioner)Angket adalah sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk mengumpulkan data atau informasi dari responden.
Jenis-jenis angket:Angket TertutupAngket yang berisi pertanyaan yang telah disediakan pilihan jawabannya sehingga responden dapat memilih jawaban yang diinginkan.
Angket TerbukaAngket yang berisi pertanyaan yang jawabannya belum ditentukan, sehingga dapat memberikan keleluasaan responden untuk mengisi jawabannya.
Angket SemiterbukaAngket yang berisi pertanyaan yang telah disediakan pilihan jawabannya, namun responden masih diberikan kebebasan untuk mencari jawaban alternatif apabila jawaban yang sudah disediakan tidak atau kurang cocok.
Angket KombinasiAngket yang berisi pertanyaan yang telah disediakan pilihan jawabannya, kemudian disusul dengan pertanyaan terbuka.
Kelebihan metode angket:
- Dapat dibagikan secara serentak.
- Peneliti tidak perlu hadir karena dapat dikirim atau melalui perantara lainnya.
- Dapat dibuat anonim (tidak disebutkan identitasnya).
- Dapat dijawab pada waktu senggang.
Kelemahan metode angket:
- Validitas jawaban sulit diketahui.
- Angket seringkali tidak kembali.
- Tidak dapat diketahui kejujurannya.
- Rawan bagi responden yang tidak teliti.
- Tidak dapat dijangkau bagi responden yang buta aksara.
ObservasiObservasi adalah teknik pengumpulan data dengan cara mengamati secara langsung objek penelitian di lapangan. Suatu observasi dikatakan ilmiah apabila memenuhi syarat-syarat berikut:
- Dilakukan secara cermat.
- Dilakukan secara tepat.
- Dilakukan secara sistematis.
- Data yang terkumpul dicatat atau direkam.
- Dilakukan secara objektif.
- Dilakukan oleh para pengamat yang terlatih.
- Dilakukan dalam kondisi yang terkendali.
Jenis-jenis observasi:
- Observasi partisipasi aktif → bergabung secara langsung.
- Observasi partisipasi pasif → mengamati dari kejauhan.
Kelebihan metode observasi:
- Dapat melihat langsung kegiatan informan.
- Mendapat informasi tambahan.
- Mengetahui fakta yang terjadi di lapangan.
- Memanfaatkan waktu luang.
Kelemahan metode observasi:
- Menghabiskan waktu dan tenaga.
- Informan menjadi tidak leluasa.
- Adanya gangguan yang tidak terduga.
WawancaraWawancara adalah teknik pengumpulan data secara langsung antara peneliti dan informan yang dilakukan melalui percakapan.
Macam-macam pedoman wawancara:Wawancara Tidak TerstrukturPedoman wawancara yang hanya memuat garis-garis besar wawancara.
Wawancara TerstrukturPedoman wawancara yang disusun secara terperinci, seperti halnya kuesioner.
Jenis-jenis wawancara:
- Wawancara bebas → tanpa menggunakan acuan pertanyaan.
- Wawancara terpimpin → menggunakan acuan pertanyaan.
- Wawancara bebas terpimpin → kombinasi wawancara bebas dan terpimpin.
Kelebihan metode wawancara:
- Informasi diperoleh secara lebih mendalam.
- Dapat dilakukan pada semua golongan masyarakat.
- Peneliti dapat mengembangkan pertanyaan.
- Peneliti dapat menemukan hal-hal khusus dari informan.
Kelemahan metode wawancara:
- Sangat bergantung pada kepekaan peneliti.
- Membutuhkan banyak waktu.
- Interpretasi dapat dipengaruhi oleh informan.
TEKNIK PENGOLAHAN DATA
Pengolahan Data KualitatifReduksi DataPengubah rekaman data ke dalam pola, fokus, kategori, atau pokok permasalahan tertentu.
Penyajian DataProses menampilkan data dengan cara memasukkan data ke dalam sejumlah matriks yang diinginkan.
VerifikasiMencari kesimpulan atas data yang direduksi dan disajikan tadi.
Pengolahan Data KuantitatifPenyuntingan Data (Editing)Kegiatan meneliti atau memeriksa kembali data yang telah dikumpulkan dari lapangan.
Pengodean Data (Coding)Usaha mengklasifikasikan jawaban responden menurut macamnya yang bertujuan untuk menyederhanakan jawaban responden sehingga mudah diolah.
Pengorganisasian DataPengorganisasian data dilakukan dengan memasukkan data-data yang sudah diberi kode ke dalam tabulasi data, baik tabulasi tunggal maupun tabulasi silang, sehingga data dari lapangan akan tampak lebih sederhana, ringkas, dan mudah dipahami.
INTERPRETASI DATA HASIL PENELITIAN
Interpretasi merupakan upaya untuk menjelaskan hasil dari suatu penelitian sosial. Interpretasi berupa penjelasan analisis dari data yang telah diperoleh dan diolah. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam interpretasi data hasil penelitian:
- Perlu mencermati data-data yang telah tersaji dengan saksama dan teliti.
- Interpretasi harus sesuai dengan hasil analisis data.
- Interpretasi harus dalam batas kerangka penelitian.
- Interpretasi dijelaskan dalam kalimat singkat, padat, dan jelas.
LAPORAN HASIL PENELITIAHN
Laporan adalah uraian mengenai hal-hal yang berkaitan dengan proses penelitian dan disusun secara sistematis. Laporan dapat berbentuk naskah akademik formal atau naskah akademik tidak formal. Naskah formal berupa laporan tugas akhir, skripsi, tesis, dan disertasi. Sebaliknya, naskah yang tidak formal bisa berbentuk makalah dan paper.
Adapun prinsip-prinsip yang harus diperhatikan dalam pembuatan laporan penelitian:
- Laporan penelitian ditulis menggunakan bahasa yang sederhana dengan tata bahasa yang benar.
- Dalam laporan penelitian, perlu dihindari kata-kata yang bermakna sama (bersinonim) secara berulang-ulang.
- Dalam laporan penelitian, perlu dihindari bahasa klise yang kurang bermakna.
- Arah dan tujuan penulisan laporan penelitian sesuai dengan maksud penelitian yang dilakukan.
Selain prinsip tersebut, perlu diperhatikan pula ciri-ciri pembuatan laporan penelitian yang baik:
ObjektifPeneliti harus mengungkapkan apa adanya, tidak mengada-ada.
SistematisPenulisan laporan ditampilkan menurut alur pemahaman yang runtut dan berkesinambungan.
JelasSegala informasi yang dituliskan dalam laporan penelitian dapat mengungkapkan sesuatu secara jernih.
TerbukaPenulisan laporan penelitian harus menerima pembaharuan apabila ada pendapat baru yang lebih baik dan kebenarannya dapat diuji.
LogisDalam pembuatan laporan penelitian, keterangan yang diungkapkan harus memiliki argumentasi yang dapat diterima akal sehat, runtut, dan nalar.
Garis besar isi laporan penelitian:
- Kata pengantar.
- Daftar isi.
- Pendahuluan.
- Isi.
- Kesimpulan dan saran.
- Daftar pustaka.
- Lampiran dan indeks (jika ada).
0 komentar:
Posting Komentar