Selamat Datang di Blog Moko Yuliatmoko

Rabu, November 11, 2015

PROPOSAL USAHA

PENGERTIAN :
Dokumen tertulis yang berisi mengenai usaha baru yang sedang direncanakan.

FAKTOR PENYUSUNAN PROPOSAL USAHA :
a.       Tujuan yang realitis . Tujuan yang hendak dicapai disesuaikan degan kemampuan, specifik dan dapat diukur serta ada kesatuan antar waktu
b.      Fleksibelitas
Harus mudah disesuaikan dengan perkembangan usaha.
c.       Batasan waktu
Sub-sub tujuan proposal harus dibuat secara berkesinambungan dan ada evaluasi waktu atau kemajuan yang akan dicapai dalam usaha.
d.      Komitmen
      Usaha perlu mendapat dukungan dari seluruh pihak yang terlibat (keluarga, relasi, karyawan dll).

MANFAAT PROPOSAL USAHA
a.       Berguna untuk membandingkan antara   perkiraan dengn hasil yang nyata.
b.      Membantu wirausahawan untuk mengembangkan dan menguji strategi dan hasil yang   diharapkan dari sudut pandang pihak lain.
c.       Menyediakan alat komunikasi bagi wirausahawan untuk memaparkan dan meyakinkan gagasannya kepada pihak lain secara menyeluruh.

Beberapa hal yang harus dimiliki wirausahawan atau tim penyusunan proposal :
  1. Pengetahuan, teknologi, daya kreativitas, inisiatif dan inovatif
  2. Kemampuan membuat proyeksi keuangan
  3. Kemampuan dalam bidang pemasaran
  4. Pengalaman dalam bidang usaha yang digelutinya.


Petunjuk Penyusunan Proposal Usaha
Ada beberapa petunjuk dalam penyusunan proposal usaha :
  1. Menetapkan jenis usaha yang diinginkan
  2. Menetapkan aspek produk yang akan dibuat
  3. Menetapkan aspek pemasaran produk
  4. Menetapkan aspek teknis, penyaluran produk
  5. Menetapkan aspek produk dan manajemen
  6. Menetapkan aspek yuridis
  7. Melaksanakan aspek administrasi
  8. Mengetahui aspek sumber keuangan
  9. Mempelajari aspek kebijakan pemda
  10. Mempelajari aspek AMDAL

PROPOSAL USAHA umumnya memuat :
1.      HALAMAN DEPAN
(berisi nama dan alamat perush. serta nama orang yang bertanggung jawab).
2.      DAFTAR ISI
(berisi kerangka proposal usaha dilengkapi dengan nomor halaman)
3.      PENJELASAN PERUSAHAAN
(dalam proposal usaha diungkapkan strategi perusahaan dan tim manajemen pengelola perusahaan.
4.      PEMASARAN
(pasar yang dituju, besar potensi pasar dan berbagai strategi serta ramalan tentang target konsumen pada masa mendatang
5.      PRODUK YANG DIHASILKAN
(menjelaskan kualitas, kuantitas dan keistimewaan barang dan jasa yang dihasilkan)
6.      PENINGKATAN OMSET PENJUALAN
(menjelaskan mengenai teknik promosi yang digunakan, tenaga penjual, perwakilan penjual yang perlu diangkat diberbagai daerah)
7.      PERMODALAN
(menjelaskan tentang rencana pemodalan dan proyeksinya, neraca pendahuluan, aliran kas dan pendapatannya)
8.      APENDIKS
(berisi berbagai keterangan yg diperlukan utk melengkapi proposal usaha misal : akte pendirian, SIUP, SITU, AMDAL dan sertifikat usaha.

0 komentar:

Posting Komentar