Mengapa Tim Kerja Telah Menjadi Begitu Populer Dalam Organisasi?
·
Bukti menyatakan bahwa lazimnya kinerja tim lebih
unggul daripada kinerja individu
·
Manajemen menemukan bahwa tim lebih tanggap dan
responsal terhadap peristiwa-peristiwa yang berubah di departemen atau bentuk-bentuk
lain yang lebih tradisional dari pengelempokan yang permanen. Tim mempunyai
kemampuan untuk dapat dengan cepat berkumpul, menyebar, memfokus ulang dan
membubarkan diri.
Katzenbach dan smith
·
Mendefinisikan team sebagai sekelompok kecil orang
dengan keterampilan yang saling melengkapi yang berkomitmen untuk maksud
bersama
Tim formal yang langsung berhubungan dengan pekerjaan initi perusahaan.
Terdapat 3 jenis tim dalam tim
formal :
·
Command team (tim komando), yaitu tim yang terdiri
dari seorang manajer yang di lapori oleh beberapa karyawan anggota timnya.
·
Committee (komite), yaitu tim yang biasanya mempunya
tugas khusus yang memerlukan waktu penyelesaian relatif lama.
·
Task Force or project (gugus tugas atau tim proyek)
yaitu tim sementara yang di bentuk untuk menangani masalah khusus yang bersifat
mendesak yang tidak mungkin diselesaikan hanya oleh seorang anggota struktur
Tim informal meski tidak
memepengaruhi kinerja perusahaan secara langsung namun keberadaannya di
perlukan.
Keberhasilan tim sangat di
pengaruhi oleh kekompakan para anggotanya
Manajer memiliki 3 cara untuk meningkatkan kekompakan, yaitu :
·
Memperkenalkan persaingan, konflik dengan individu
luar atau kelompok lain seringkali meningkatkan kekompakan tim.
·
Meningkatkan ketertarikan antar pribadi, orang
cenderung bergabung dengan tim yang anggotanya mereka kenal atau mereka kagumi.
·
Meningkatkan interaksi, walaupun kita jarang dapat
selalu menyukai semua orang yang bekerjasama dengan kita, tetapi dengan
meningkatnya interaksi dapat memperbaiki persahabatan dan komunikasi
Pengertian tim kerja dan perbedaannya dengan kelompok
Kelompok kerja
Adalah
kelompok atau 2 individu atau lebih, yang berinteraksi dalam berbagai informasi
dan saling bergantung, yang bergabung bersama-sama untuk mencapai sasaran.
Tim kerja
Adalah
kelompok yang upaya-upaya individunya menghasilkan suatu kinerja yang lebih
besar daripada jumlah dari masukan-masukan individual
Perbandingan Kelompok kerja dan Tim Kerja
Upaya-upaya
individu mereka menghasilkan suatu tingkat kinerja yang lebih besar daripada
jumlah masukan individualnya. Dari pengertian tersebut bahwa tim kerja tidak
sama dengan kelompok kerja.
Kelompok kerja Work Groups Tim
kerja Work Teams Kebutuhan Informasi
Natural (terkadang negatif) Individual Acak dan Variasi Kinerja Bersama Positif Individu dan timbal
balik Saling melengkapi Suatu
kelompok sebagai suatu tim tidak secara otomatis dapat meningkatkan kinerjanya
Tim yang berhasil atau berkinerja tinggi mempunyai karakteristik tertentu
Manajemen menggunakan tim dengan harapan memperoleh peningkatan kerja Perbedaan
tim kerja dengan kelompok
Tipe-Tipe Tim Kerja Dalam Organisasi
Tim Pemecah
- Terdiri dari 5 sampai 12 karyawan dari satu departemen yang bertemu selama beberapa jam tiap pekan untuk membahas cara-cara memperbaiki kualitas, efisiensi, dan lingkungan kerja
- Tim Pengelolaan Diri
- Terdiri dari 10 sampai 15 orang yang memikul tanggung jawab dari mantan penyelia mereka. Lazimnya ini menyangkut perencanaan dan penjadwalan kerja, kontrol kolektif atas langkah kerja, membuat keputusan operasi, dan mengambil tindakan atas permasalahan.
- Tim Lintas Fungsional
- Kelompok karyawan dari tingat hierarkis yang kira-kira sama, tetapi dari bidang kerja kerja yang berlainan. Mereka berkumpul untuk menyelesaikan suatu tugas, dalam satuan tugas tertentu biasanya berupa komite. Tim fungsional merupakan cara efektif yang memungkinkan orang-orang dari aneka bidang kedalam suatu organisasi untuk bertukar informasi, mengembangkan gagasan baru dan memecahkan masalah, serta mengkoordinir proyek yang rumit.
Bagaimana pekerjaan dalam kelompok dikerjakan dengan baik oleh tim
Untuk mengetahui ini perlu dilakukan
beberapa macam tes, yaitu:
·
Apakah pekerjaan dapat dikerjakan dengan baik lebih
dari satu orang (task complexity)
·
Pekerjaan dilakukan dengan menciptakan harapan secara
umum atau kumpulan tujuan untuk orang dalam kelompok yang lebih dari tujuan
individu secara keseluruhan (Purpose and goals)
·
Apakah anggota tim dalam kelompok saling terkait?
(interdependence)
Membentuk model yang efektif
Terdapat 4 hal yang harus di
perhatikan yaitu: Dalam rancangan pekerjaan perlu memperhatikan hal-hal seperti
otonomi, macam-macam keahlian, otonomi, keahlian, identitas tugas, dan
kepentingan tugas. tugas, tugas.
Anggota tim biasanya menyenangi
suasana kerja yang penuh dengan otonomi. otonomi.
Otonomi disini berarti kebebasan
dalam mengatur jadwal pekerjaan, prosedur dan urutan penyelesaian pekerjaan,
orang dan lembaga yang diajak bekerjasama, dan jenis serta besaran biaya yang
boleh terlibat.
Agar tidak terjadi tumpang tindih
(overlapping), maka diperlukan perancangan tugas dengan lebih spesifik dan
melibatkan sebagian besar anggota tim yang terlibat.
Rancangan Pekerjaan
·
Otonomi
·
Macam keahlian
·
Identitas tugas
·
Kepentingan tugas
Komposisi
·
Kemampuan
·
Personalitas
·
Aturan dan diversitas
·
Ukuran tim kerja
·
Fleksibilitas
·
Pilihan pada kelompok kerja
Konteks
·
Sumber yang memadai
·
Kepemimpinan
·
Penilaian kerja dan ganjaran
Proses
·
Tujuan secara umum
·
Tujuan khusus
·
Konflik
·
Kemalasan sosial
Komposisi
·
Kemampuan
·
Personalitas
·
Aturan dan diversitas
·
Ukuran tim kerja
·
Fleksibilitas
·
Pilihan pada kelompok kerja
Semua termasuk dalam: Keefektifan kerja
Mengubah Individu Menjadi Pemain Tim
Ringkasan pilihan utama bagi
manajer yang mencoba mengubah individu menjadi pemain tim, yaitu :
Seleksi
Untuk
menjadi pemain tim yang efektif, individual harus mempunyai ketrampilan antar
pribadi. Artinya baik keterampilan tekhnis maupun memenuhi peran dalm tim.
Pelatihan
Bagi
karyawan yang memungkinkan dapat menjadi pemain dalam tim, mereka dilatih
terutama menyangkut: keterampilan pemecahan masalah, komunikasi, perundingan,
manajemen konflik.
Ganjaran
Sistem
ganjaran perlu diperbaiki untuk mendorong peningkatan kooperatif bukannya untuk
kompetitif.
Isu Kontemporer dalam Mengelola Tim
·
Tim dan Manajemen Kualitas
salah satu
karakteristik sentral manajemen kualitas total (TQM) Adalah penggunaan tim-tim.
Hakekat TQM adalah perbaikan proses, dan pelibatan karyawan merupakan bagian
vital dari perbaikan proses.
Tips *Ford*
dalam manajemen kualitas :
·
Tim kecil namun efisien
·
Pelatihan yang efektif
·
Pengalokasian waktu yang tepat
·
Wewenang yang mecukupi
·
Keunggulan tugas
Tim dan Keanekaragaman Angkatan Kerja
Keuntungan
dan kerugian Keanekaragaman
Keuntungan
|
Kerugian
|
Perspektif ganda
|
Kemenduaani (ambiguitas)
|
Lebih terbuka terhadap gagasan baru
|
Kerumitan
|
Penafsiran ganda
|
Kekacauan
|
Kreatifitas meningkat
|
Salah paham (miskomunikasi)
|
Fleksibilitas meningkat
|
Kesulitan dalam mencapai kesepakatan tunggal
|
Keterampilan pemecahan masalah meningkat
|
Kesulitan dalam menyepakati tindakan-tindakan khusus
|
Menyegarkan Kembali Tim Dewasa
Dapat dilakukan melalui saran-saran
sebagai berikut :
Siapkan anggota-anggota untuk
menangani masalah kedewasaan
·
Tawarkan pelatihan penyegaran ulang dalam komunikasi,
pemecahan konflik. Proses tim, dan ketrampilan serupa
·
Tawarkan pelatihan lanjutan untuk membantu anggota-anggota
untuk mengembangkan keterampilan pemecahan maslah antar pribadi dan tekhnis
yang lebih kuat
·
Dorong tim untuk memperlakukan pengembangan mereka
sebagai pengalaman tingkat belajar yang terus menerus, seperti TQM, menggunkana
konflik sebagai suatu kesempatan belajar.
0 komentar:
Posting Komentar